Kamis, 26 November 2020
Hiburan

Buka-Bukaan Fakta di Balik Single Kolaborasi Raisa x Isyana, ‘Anganku Anganmu’

©Genmuda.com/2017 TIMRaisa dan Isyana foto bareng sebelum luncurin single terbaru mereka di Jakarta, Kamis (30/3). ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Kolaborasi Isyana Sarasvati – Raisa Andriana engga berhenti pada project iklan ponsel aja. Dua penyanyi perempuan yang kariernya lagi melejit itu luncurin single dan videoklip “Anganku Anganmu,” di Jakarta Pusat, Kamis sore (30/3).

Acaranya juga dihadiri Managing Director Sony Music Entertainment (SME) Indonesia Julius Ng, Artist & Repertoire SME Mahavira Wisnu Wardhana (Inu), Director Juni Records Adryanto Pratono, dan Brand Manager OPPO Indonesia Alinna Wen. Raisa dan Isyana juga hadir di acara tersebut.

Takut kamu lagi engga sempet baca banyak banget pengumuman penting yang disampaikan mereka, Genmuda.com bisa nyimpulin kalo tahun ini adalah tahunnya Isyanation dan Youraisa karena mereka berdua dan tim udah nyiapin banyak kejutan sepanjang tahun. Kalo penasaran, simak penjelasan soal peluncuran single mereka di bawah ini.

1. Berawal dari fans yang suka cekcok

Berdasarkan penuturan Raisa dan Isyana, single “Anganku Anganmu” lahir karena terinspirasi para Isyanation dan Youraisa yang sering cekcok di Netizen. “Padahal, kami artisnya biasa-biasa aja,” kata Isyana.

Raisa nambahin, “Aku harap, lagu ini bisa menyejukkan netizen di media, sekaligus jadi menginspirasi para fans yang masih remaja atau malah masih anak-anak supaya engga terprovokasi berbagai pihak.”

Kalo kata siaran pers yang diberikan kepada media, pesan penting di lagu ini adalah “Sesama perempuan harus saling bekerjasama bukannya nyinyir dan bersaing.” Yes, liriknya ngomongin soal persahabatan dan pastinya girl power!

2. Semuanya 50-50

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Jatah Isyana dan Raisa bikin lirik dan musik dibagi 50-50. Jadi, engga ada yang dianggap lebih dominan dari yang lain. Lagu ini pun nantinya bakal nongol di album terbaru dua penyanyi itu. Album baru Isyana yang ada single ini rencananya terbit tahun 2017, sementara album Raisa menyusul setelahnya.

“Kenapa terbitnya di album Isyana duluan? Karena albumnya akan terbit lebih dulu. Sesimpel itu. Ketika singlenya terbit di album baru Raisa nanti, mungkin aransemennya akan sedikti diubah. Kita lihat bagaimana nanti,” tutur Inu, selaku A&R SME Indonesia.

3. Isyana agak curcol

Meski begitu, Isyana bercerita kalo doi agak curcol di lagu ini. “Aku jadi inget waktu pertama kali tampil di depan publik dan dapet kritik tajam dari para fans raisa. Aku dibilang ngikutin,” tutur Isyana bernostalgia.

“Tapi, Kak Yaya (red. panggilan untuk Raisa) waktu itu langsung ngirim pesan ke aku. Dia ngasih narasi panjang yang indah banget. Intinya, dia bilang aku engga perlu dengerin kata para haters dan terus berkarya. Mendadak, aku langsung ngerasa deket sama Kak Yaya.”

4. Udah nomer satu aja

©Genmuda.com/2017 TIM.
A&R SME yang akrab disapa Inu (paling kiri) dan Director Juni Records Adryanto (paling kanan) nemenin Raisa dan Isyana ngobrol bareng wartawan. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Lagu yang engga terlalu Raisa dan engga terlalu Isyana itu udah bercokol di peringkat nomor satu iTunes loh, gaes. “Tepat pada hari ini, lagu ‘Anganku Anganmu’ ada di peringkat puncak jajaran lagu pre-order di iTunes,” tutur Julius Ng.

5. Cuma tiga kali workshop

Meski pihak Sony dan Juni Records udah ketemuan sejak 30 Maret 2016, Raisa dan Isyana baru sempet ngegarap lagunya dalam enam bulan terakhir. “Soalnya, kami agak sulit menyamakan jadwal yang pada sibuk,” kata Raisa.

“Kalau ditotal, kami hanya tiga kali bertemu untuk workshop bikin lagu. Itu pun terpotong banyak waktu untuk gosip, hahahihi, dan ngerombak lagunya secara keseluruhan,” lanjutnya. Hal itu diamini sama Adryanto Pratono waktu Genmuda.com konfirmasi.

6. Bantuan Marco

Lagu yang diproduseri Olof Lindskog (Ollipop), seorang penulis lagu asal Swedia itu juga di-co-produseri sama Marco Steffiano. Kamu yang mengikuti perkembangan Raisa pasti tau kalo cowok berkacamata yang jadi drumer Barasuara itu adalah music director beberapa lagu Raisa dulu.

“Workshopnya juga sengaja dilaksanakan di studio dalam rumah Marco karena kami yakin kerahasiaan lagu ini akan terjaga,” tutur Adryanto. Bagi dia, kerahasiaan lagu baru ini sangat penting supaya bisa jadi surprise bagi para fans.

7. Videoklip udah siap tayang

©Genmuda.com/2017 TIM
Suasana pemutaran video klip “Anganku Anganmu.” ©Genmuda.com/2017 TIM

Lokasi syuting video klip lagunya juga dilaksanakan di Swedia dengan alasan yang sama. Baik Inu dan Adryanto sama-sama mengamini kalo negara Nordik itu sengaja dipilih untuk menghindari papasan sama fans dari Indonesia. Menurut mereka, jarang ada orang Asia yang jalan-jalan ke sana.

8. Sekalian rekaman album baru Isyana

Akan tetapi, ada alasan praktis kenapa klip dan single terbaru kece mereka direkam di sana. Isyana juga lagi ngerekam album barunya di negara itu.

9. Showcase Raisa x Isyana

Nah, ini yang ditunggu-tunggu para fans. Showcase Raisa dan Isyana rencananya digelar di Assembly Hall, Menara Mandiri Jakarta, 5 April 2017. Tiket konsernya bisa dibeli di situs raisaxisyana.com seharga 160 ribu.

Sejauh ini, Inu bilang kalo panitia menyediakan total 300 tiket buat para fans dan 500 tiket undangan. “Pada konser pertama, kami lebih ingin mengundang media dan fans yang mampu menyebarkan info soal kolaborasi apik ini,” ujarnya.

10. Musisi pengiringnya juga kolaborasi

©Genmuda.com/2017 TIM
Raisa dan Isyana nyanyi satu reff. Wartawan pada rebutan tempat motret. ©Genmuda.com/2017 TIM

Karena mengusung kerjasama 50-50, musisi yang langganan mengiringi mereka berdua juga bakal digabung. “Rencananya, akan ada tiga musisi yang biasa mengiringi Raisa dan tiga lagi dari Isyana. Tapi, salah seorang gitarisnya memang biasa mengiringi kedua artis itu,” cerita Inu.

11. Belum latihan sama sekali

Terkait konser pertama kolaborasi RaisaxIsyana, Mas Adryanto bilang kalo Isyana dan Raisa belom latihan persiapan konser sama sekali. Akan tetapi, timnya sama sekali engga khawatir soal penampilan mereka berdua.

“Kalau saya bisa memprediksi, penampilan Isyana dan Raisan nanti akan 60% dari biasanya. Bukan karena kurang latihan atau gimana, tapi karena baru pertama kali terlibat kolaborasi intim seperti ini,” tuturnya.

12. Pictorial book dan banyak merchandise

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Buat para fans, Sony x Juni Records juga nyiapin banyak merchandise, salah satunya adalah Pictorial Book yang berisi foto-foto narasi awal pertemuan Isyana dengan Raisa hingga proses penggarapan single.

13. Cuma single

Buat para fans, jangan ngelunjak dulu nungguin album mereka berdua. Karena, Adryanto dan Inu sama-sama engga mengonfirmasi akan hal itu. Adryanto cuma bilang kalo, “Apabila showcase 5 April nanti dapat respon positif, kami akan lanjut tur ke beberapa kota. Rencananya, berlangsung pada semester kedua 2017.”

Sementara itu, Inu dengan tegas bilang kalo kolab dua artis ini hanya sebatas single. “Akan tetapi, kami punya banyak project lain dengan Isyana dan Raisa.” Wah, ditunggu banget loh, mas kejutan-kejutan selanjut dari dua perempuan idaman dunia itu.

https://www.youtube.com/watch?v=vV6fjXiCMEo

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.