Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Info soal fitur terkini dari Playstation ‘NEO’ dibocorin ke publik lewat PlayStation Meeting di New York, Amerika Serikat, Rabu (7/9). Jadinya, PlayStation 4 bakalan punya tiga versi, yaitu PlayStation 4 Basic, PlayStation 4 Slim, dan PlayStation 4 ‘Neo.’

Bocorannya disebarin situs TechInsider.io di hari yang sama, dimana wartawan mereka diundang ke pertemuan Sony tersebut. Meski begitu, situs NewAtlas.com dan TechRadar.com bilang kalo PlayStation 4 ‘Neo’ sekarang disebut PlayStation 4 Pro.

Walau namanya beda-beda, tiga situs teknologi itu sepakat bilang kalo PS4 terbaru ini bakal jauh lebih gokil daripada yang sebelumnya. So, inilah big improvement yang dipasangin Sony di konsol terbarunya itu. Awas ngeces. Engga ada yang ngelapin tuh. *canda.

Ultra HD

via techinsider.io
Sedetil ini nih outputnya PS4 Pro. Ini adalah game “Detroit: Become Human.” (Sumber: techinsider.io)

PS Pro dilengkapi prosesor grafis yang memungkinkannya ngeluarin output gambar yang detil banget dengan kualitas 4K. Kualitas detilnya pun bisa disetarain sama kualitasnya gaming PC yang superior banget.

Kalo dalam game Uncharted misalnya, kamu bisa ngeliat debu-debu yang nempel di mukanya Nathan Drake lebih detil lagi. Bintik wajah dan goresannya juga bisa keliatan. Namun semuanya itu hanya bisa terjadi kalo kamu punya TV yang mendukung 4K – Ultra HD.

HDR

Grafis HDR tuh berhubungan sama tingkat kedetilan gambar selain karakter utamanya, misalnya aja latar belakang atau objek-objek yang jauh dari kamera. Fitur ini bikin gambar-gambar seperti itu lebih detil lagi.

Bahkan, kualitas pencahayaan game pun bisa diolah ulang hingga jadi jauh lebih sinematis. Dengan kata lain, PS4 Pro langsung me-remaster kualitas gambar game-game PS4 yang udah kamu miliki.

Kompatibel sama game PS4 lama

via TechRadar.com
Penampakan PS4 Pro. (Sumber: TechRadar.com)

Berhubung prosesor utama (chip) yang digunainnya sama dengan PS4 lama, engga ada perbedaan dalam hal game-game yang bisa dimainkan di PS4 Pro. Jadi kalo sekiranya kamu mau upgrade ke PS4 Pro, koleksi game PS4 kamu masih terpakai kok.

Warnanya lebih ‘full’

Berdasarkan info dari situs TechRadar.com, PS4 pro juga mampu mengolah warna hingga 100 persen. Dengan kata lain, warna yang muncul di televisi bakalan lebih kaya serta sesuai dengan warna asli yang dibuat developernya.

Engga bikin ngelag

via TechRadar.com
PS4 Slim, PS4 Pro, dan kontroller terbaru. (Sumber: TechRadar.com)

Meski chip lamanya perlu dipakai buat ngejalanin mesin dengan prosesor grafis se ‘gahar’ itu, Sony meyakinkan publik kalo game yang dimainkan engga bakal ngelag. Kenapa? Karena prosesor utamanya sudah diatur ulang agar sesuai dengan setingan prosesor grafisnya.

Oke, bisa disimpulin kalo PS4 pro adalah PS4 versi lebih besar bodinya dan lebih bagus gambarnya. Seperlu apakah pemilik PS4 buat ngebeli produk baru ini? Tergantung.

Kalo kamu berencana masang TV 4K Ultra HD dan belom punya PS4, mendingan beli produk terbarunya yang dibanderol seharga 400 dolar AS (Sekitar 5 juta rupiah) ini. Gimana pun juga itu cuma strategi Sony buat menyasar gamers yang sekarang makin beragam tingkat ekonomi dan seleranya.

Kawan Muda yang punya budget gede silakan aja beli PS4 Pro. Yang pengen console tipis, coba beli PS4 Slim. Kalo pengen yang standar aja, kan ada PS4 basic. “So, please think smart!” (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.