Sabtu, 2 Juli 2022

Genmuda – Panggilan resepsionis ngagetin seorang pemuda yang lagi duduk di lobi kantor idaman, nunggu giliran wawancara terakhir. Mukanya pucat karena jantung berdebar, otak berputar, dan keringat dingin bercucuran. Doi engga tau standar gaji profesi yang dilamar padahal sebentar lagi harus nego sama calon atasan.

Kalo udah begitu, wawancara awal terasa enteng banget meski harus hadapi pertanyaan-pertanyaan menjebak para perekrut. Bahkan ratusan soal psikotes calon pegawai baru yang beberapa minggu lalu di kerjain sampai pusing jutaan keliling kini terasa gampang-gampang aja.

Semoga Kawan Muda termasuk orang-orang yang bingung ketika nego gaji. Berhasil dapetin gaji sesuai keinginan dan tetep gak ngerugiin perusahaan tuh #FirstJobberGoals banget, kan. Oleh karena itu, cek dulu 7 situs di bawah ini biar tau standar gaji profesi yang lagi dilamar.

1. Qerja.com

via techinasia.com
(Sumber: techinasia.com).

Situs berbagi informasi gaji, lowongan kerja, dan info karier ini nyabet gelar startup bergengsi menurut antaranews.com, 2015. Melalui situs tersebut, jumlah gaji berbagai profesi dari aneka kantor bebas dijabarin kayak engga ada rahasianya sama sekali. Hanya saja, info penting itu cuma bisa diliat setelah daftar sebaga anggota.

2. Karir.com

via liputan6.com
(Sumber: liputan6.com)

Engga cuma ngasih info, Karir.com malah sampai punya semacam “kalkulator gaji.” Para pegawai baru/lama bisa tau gaji ideal dengan memperhitungkan lama waktu kerja, alasan kerja, hingga keahlian yang dimiliki. Hasil taksiran kalkulator itu engga jauh beda loh dari standarnya berbagai perusahaan besar di Tanah Air.

3. Gajimu.com

via gajimu.com
(Sumber: gajimu.com)

Ikuti aja survei gaji di situs gajimu.com supaya tau rata-rata standar gaji yang pas sama situasi dan kondisi saat ini.  Siap-siap aja ngabisin waktu 10 – 15 menit kalo mau bandingin gaji kerja satu dengan yang lain karena ada survey sangat mendetil yang harus dilewatin.

4. Jobplanet.com

via jobplanet.com
(Sumber: jobplanet.com)

Bukan hanya ngasih info besaran gaji, web ini juga ngasih tau enak-gak enaknya kerja di sebuah perusahaan berdasarkan pengakuan karyawannya sendiri. Dengan begitu, kamu bisa milih tempat kerja gak kayak milih kucing dalam karung.

5. Job-like.com

via job-like.com
(Sumber: job-like.com)

Tampilan simpel job-like.com bikin pencarian gaji makin gampang. Bukan cuma nampilin besaran gaji tiap profesi, web ini juga sediain besaran gaji tiap profesi di berbagai kantor. Jadi, kamu langsung tau harus nego gaji berapa.

6. Upwork.com

via freeup.com
(Sumber: freeup.com).

Anak muda yang baru mau terjun sebagai pekerja lepas atau freelancer bisa liat-liat range harga di upwork.com. Banyak pekerja lepas asal Indonesia yang nyari nafkah lewat situs itu. Informasi aneka project dan bayaran mereka bisa diliat di akun masing-masing. Jadi, kamu langsung tau harga yang harus diajuin saat nerima sebuah project.

7. Freelancer.com

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com).

Perbandingan tarif pekerja lepas juga bisa diliat di freelancer.com. Hanya saja, besaran gaji para freelancer di situs ini cuma bisa didapet setelah jadi anggota. Atau, bisa juga didapet dari semacam “daftar menu” di halaman muka situs itu.

Tuh, gaes tujuh website informasi gaji yang perlu kamu kunjungi sebelum menghadiri nego kerja di wawancara terakhir. Semoga sukses, ya. Kamu pasti bisa! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.