Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Dunia kembali memiliki satu aplikasi pengedit foto selfie yang seru dimainin. Setelah sebelumnya filter telinga plus moncong anjing dan tukeran muka terlalu sering dipakai semua netizen yang memotret dirinya sendiri, kini ada lagi yang namanya FaceApp.

Pengguna Android dan iOS juga udah banyak yang menggunakannya berkat hasil jepretan aplikasi keluaran developer Wireless Lab itu beredar di berbagai medsos dan forum online. Kok tau kalo fotonya hasil editan FaceApp? Ya karena hasil editan aplikasi itu secara otomatis dipasangi watermark.

Tanda logo yang muncul di bawah itu bisa dihilangkan dengan bayar fitur premium yang juga menghilangkan iklan di dalamnya. Aplikasi itu juga tergolong next-gen karena dipasangi AI yang bisa mendeteksi syaraf wajah untuk diedit secara otomatis menjadi seperti di bawah ini.

1. Nyengir lebar (Filter Smile 2)

via Istimewa
Senyumnya mirip sih. Tapi, giginya terlalu bagus. (Sumber: Istimewa)

Filter ini bakal mengganti berbagai ekspresi hidung ke bawah jadi ekspresi senyum lebar. Karena punya AI pendeteksi syaraf wajah, gak heran kalo senyumnya mirip dengan asli. Hanya aja, susunan gigi hasil editan aplikasi ini jelas beda banget dari kondisi aslinya.

2. Nyengir lebar kawaii (Filter Smile)

via Istimewa
Ngapa jadi pakai make-up gini, dah. (Sumber: Istimewa)

Sementara itu, filter yang ini bikin foto apapun jadi tersenyum lebar. Tuh, liat contohnya. Senyum semi duckface aja dibikin jadi nyengir udah digitu ditambahin make-up merah-merah di pipi dan mata berkaca-kaca pula.

3. Muka masa tua (Filter Old)

via Istimewa
Coba kita lihat beberapa puluh tahun lagi, ya. Mirip apa engga nih. (Sumber: Istimewa)

Filter ini agak bermasalah kalo objek yang di-selfie pakai aksesoris yang menutup wajah, termasuk kacamata. Tuh liat  hasil editan masa tua di contoh. Kacamatanya berubah jadi lebih bundar, terus ada biru-biru gak jelas.

4. Muka anak kecil (Filter Young)

via Istimewa
Mirip, mirip. Tapi waktu kecil dulu kurus banget. (Sumber: Istimewa).

Biar hasil editannya keliatan seperti anak kecil, FaceApp gak bisa tau muka kecil kamu seperti apa. Kalo kamu sekarang gembrot, jangan harap aplikasi ini bisa mengedit foto masa kecil kamu jadi kurus kayak dulu.

5. Muka didempul sampai putih (Filter Spark)

via Istimewa
Apa-apaan, nih! (Sumber: Istimewa)

Sebelum update minggu terakhir April 2017, nama filter ini adalah “Hot” maksudnya bikin muka lebih seksi. Namun sayang nama filternya dikritik habis karena dikira rasis. Soalnya, filter yang sekarang namanya “Spark” itu bikin wajah berubah jadi putih. Emangnya orang kulit gelap gak bisa cakep?

6. Mukanya jadi cewek

via Istimewa
Sorry to say. Tapi, agak mirip Fathia Izzati, ya. (Sumber: Istimewa)

Buat cowok, hati-hati suka sama hasil editan filter ini karena FaceApp bikin selfie lo jadi cakep. Bahkan, mungkin lebih cakep daripada cewek sekelas. #Narsis. Buat cewek, mungkin kamu bisa cari tau tipe muka cewek ideal menurut para developer FaceApp lewat filter ini.

7. Mukanya jadi cowok

via Istimewa
Nih dikasih foto Natalie Portman biar kamu engga muntah ngeliatin foto penulis artikelnya yang narsis. (Sumber: Istimewa)

Filter ini bikin cowok keliatan makin manly dengan kumis dan jenggot dipertebal serta alis mata yang lebih keliatan kayak orang marah. Sementara itu, aplikasinya agak kebingungan ketika harus ngedit foto wajah secantik Natalie Portman.

Cara pakai filternya gampang banget, kok. Tinggal download aplikasinya terus buka deh. Kamu bisa selfie saat itu juga atau pilih jepretan yang ada di ponsel. Tinggal pilih filter yang disediakan dan pasrah aja ngeliat hasilnya. Download via Apple AppStore pakai link ini atau di Google PlayStore di sini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.