Senin, 15 Agustus 2022

Genmuda – Kebetahan jadi civitas academica suatu universitas engga cuma tergantung faktor gedung bagus, pergaulan asik, dan gengsi kampus yang tinggi. Kesamaan nilai antara keduanya jauh lebih berpengaruh.

Gampangnya gini, gaes. Ibarat nyari jodoh, modal tampang aja engga cukup. Perlu ada kesamaan pemikiran dan sifat biar harmonis dan langgeng sampai beranak-cucu nanti. Kalo udah klop di hati, masalah apapun gampang dilalui.

Mahasiswa yang emang klop sama kampusnya pun begitu. Almamaternya bakal dikangenin terus sampai nanti udah lulus sekalipun. Supaya Kawan Muda engga salah pilih, kenali dulu “kepribadian” kampus pilihan kamu. Beberapa contohnya ada di bawah ini.

1. “Veritas, Probitas, Iustitia” – Universitas Indonesia

via idntimes.com
(Sumber: idntimes.com)

Motto berbahasa latin UI lebih kurang artinya “Kebenaran, Kejujuran, dan Keadilan.” Dengan motto itu, UI paling engga suka sama yang namanya plagiat alias contek mencontek. Idealisme mahasiswanya pun terbilang gede. Makanya, mereka sering keliatan ambisius dan vokal berdemo.

2. “In Harmonia Progressio” – Institut Teknologi Bandung

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Motto ITB masuk ke salah satu lagu lawak band The Panas Dalam, tapi arti sebenarnya sangat bagus. “Kemajuan dalam harmoni.” Dengan dasar seperti itu civitas academica ITB didorong majuin masyarakat tanpa ngerusak lingkungan alam, struktur sosial, dan budaya sekitar.

3. “Mencari dan Memberi yang Terbaik” – Institut Pertanian Bogor

via tempo.co
(Sumber: tempo.co)

Anak-anak IPB udah paham banget kalo motto kampusnya ibarat nyari jodoh. Dalam urusan akademi, motto itu emang cocok dipakai. Tiap mahasiswa IPB selalu riset lapangan atau riset alam. Bukan cuma hasil akhirnya, proses mereka meriset pun dinilai dosen. Ya, gaes. Sedisiplin itu.

4. “Locally Rooted, Globally Respected” – Universitas Gadjah Mada

via ugm.ac.id
(Sumber: ugm.ac.id)

“Mengakar di lokal, dihargai dunia” bukan cuma jadi motto UGM tapi juga keseharian mahasiswanya. Berbagai penelitian kampus kebanyakan membahas isu daerah sekitar. Meski begitu, pembahasannya yang menarik bikin karya lokal itu dibahas sampai tingkat internasional.

5. “Excellence with Morality” – Universitas Airlangga

via unair.ac.id
(Sumber: unair.ac.id)

Unair berharap semua civitas academica mereka punya kecerdasan dan prestasi tinggi diiringi moral yang kuat. Biar wawasan dosen dan mahasiswanya terbuka lebar, kampus negeri di Surabaya itu jalin kerjasama dengan University of Bonn, Seoul National University, dan University of Adelaide.

6. “Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara” – Universitas Diponegoro

via undip.ac.id
(Sumber: undip.ac.id)

Dalam bahasa Inggris, motto sansekerta Undip bisa diartiin “Safeguarding the dignity of nation.” Gimana cara civitas academica kampus negeri di Semarang itu jaga martabat bangsa? Dengan mengikuti banyak (banget) kontes internasional dan ngeraih berbagai penghargaan.

7. “Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kelas Dunia” – Universitas Padjadjaran

via unpad.ac.id
(Sumber: unpad.ac.id)

Buat mencapai cita-cita luhur itu, semua kegiatan Unpad berlangsung untuk kepentingan negara dan terlaksana sesuai hukum dan etika lingkungan. Atau, dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad tertulis “Bina mulia hukum dan lingkungan hidup dalam Pembangunan Nasional.”

8. “Intelligentia, Fides, Ingenium” – Institut Teknologi Sepuluh Nopember

via solopos.com
(Sumber: solopos.com)

Arti motto berbahasa latin ITS itu lebih kurang “cerdas, amanah, kreatif.” Tiga poin itu sangat erat sama semangat perjuangan arek-arek Surabaya ngelawan penjajah hingga akhirnya tercetus Perang 10 November. Kegiatan akademik kampusnya juga diakui top sejak era Presiden Soekarno.

9. “Building Future Leader” – Universitas Negeri Jakarta

via unjkita.com
(Sumber: unjkita.com)

Motto UNJ yang sangat rendah hati ada kaitannya sama kegiatan akademik kampus. Kampusnya emang mencetak mahasiswa buat jadi guru, orang yang membimbing generasi penerus supaya jadi yang terbaik.

10. “Mangesthi Luhur Ambangun Nagara” – Universitas Negeri Sebelas Maret

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Idealisme UNS supaya punya cita-cita luhur membangun negara tertuang di motto berbahasa sansekerta itu. Mahasiswanya yang juga rada ambisius itu pada akhirnya bekerja pada sektor-sektor penting di masyarakat.

Seperti itulah 10 motto universitas negeri favorit yang salah satunya pasti merupakan kampus pilihan kamu. Gimana, Udah dapet kampus yang mottonya sesuai kepribadian? Jangan lupa tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.