Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – “Orang yang berpikiran sempit kerjaannya membicarakan orang lain. Mereka yang berpikiran biasa aja kerjaannya berceloteh tentangsuatu kejadian. Sementara itu, siapapun yang berpikiran besar tandanya sering membahas ide.”

Ungkapan dari Eleanor Roosevelt, ibu negara Amerika Serikat pada masa Presiden FD Roosevelt 1933-1945 itu maksudnya ngajak kamu jangan kebanyakan gosipin orang. Sesekali, gak ada salahnya nyari tau perkembangan terbaru atau ngebahas ide baru.

Supaya kita sama-sama engga terjebak di kasta terendah menurut Ibu Roosevelt, perhatiin yuk kejadian penting dan maknanya yang muncul pada tanggal 6 Juni ini. FYI, bagi sebagian orang, 6 Juni tuh bukan sekadar Hari Selasa biasa, loh.

1. Bekasi viral di Akun @Instagram

Serius! Bekasi viral di akun @Instagram. Foto yang berasal dari akun @junioraditya itu bisa diposting ulang oleh mimin akun resmi IG karena terpilih dari ribuan orang yang memposting foto jalan-jalan mereka dengan dengan hashtag #whpgateway.

2. Fatwa MUI nomor 24 tahun 2017

via detik.net.id
(Sumber: detik.net.id)

Fatwa baru Majelis Ulama Indonesia itu sebenernya rilis sejak Senin malam (5/6). Tapi, publik luas baru menyadari dan membahas itu keesokan harinya, setelah banyak diberitain media-media pagi.

Dengan fatwa itu, Umat Muslim diharamkan menggunakan media sosial untuk ghibah (yang artinya mirip gosip), fitnah, namimah (mengadu domba), atau nyebarin permusuhan. Juga, mengharamkan untuk bullying dan bermusuhan antar suku, agama, ras, atau antar golongan. Berita hoax juga termasuk salah satu yang diharamin.

3. D-Day

via cnn.com
(Sumber: cnn.com)

Apa itu D-Day? Itu adalah hari ketika Tentara Sekutu, yang terdiri dari tentara asal Inggris, AS, Kanada, Australia, Belgia, Denmark, Yunani, Belanda, Selandia Baru, juga Polandia, menginjakkan kaki pertama kali di Pantai Normandia, di Perancis yang ketika itu dikuasai Jerman. Invasi Perang Dunia II itu termasuk yang terbesar, terparah, dan tersadis dalam sejarah peperangan di dunia.

4. Ulang Tahun Raisa

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Di hari ulang tahunnya, Kak Yaya engga berharap para YourRaisa ngasih doi kado atau bikin pesta kejutan. Tunangan Hamish Daud yang berusia 27 tahun itu justru ngajak fanbasenya menyumbang supaya anak-anak di Biak, Papua punya buku, seragam, dan sepatu untuk menyambut tahun ajaran baru.

5. Ulang tahun Hyuna

Hyuna at Viral Fest Asia
(Sumber: VFA 2016)

Model, penyanyi, dan penulis lagu asal Korea Selatan, Kim Hyuna juga berulang tahun bareng Kak Yaya, loh. Sayangnya, Hyuna belum ngejawab surat-surat ucapan selamat ulang tahun ke-26 dari para fans hingga saat ini. Duh, Hyuna. Jangan lupakan kami-kami yang mencintaimu, dong!

6. Ulang Tahun Soekarno

via Istimewa
(Sumber: Life)

Seorang cendikiawan, pemimpin revolusi, dan presiden pertama Indonesia juga berulang tahun tanggal 6 Juni, loh. Bukan dengan bikin pesta atau hura-hura, kamu bisa rayain ulang tahun beliau dengan memahami makna pancasila. Minimal, tau bedanya Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Kelahiran Pancasila.

7. Hari mendengarkan Slayer: hari anak-anak metal sedunia

Headbangers di seluruh dunia (paling gak, yang baca artikel ini, deh). Ketahuilah! Tanggal 6 Juni juga merupakan hari mendengarkan Slayer. Apakah itu Slayer? Mereka adalah band speed metal asal California, Amerika Serikat yang salah satu lagunya masuk ke dalam daftar lagu game Guitar Hero III.

Tuh, Genmuda.com udah ngasih kamu 7 bahan obrolan yang engga bakal habis dibahas sama anak-anak nongkrong dari sahur sampai sahur. Ada kejadian lain? Langsung aja tulis pendapat kamu di kolom komentar di bawah. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.