Rabu, 20 Januari 2021

Genmuda – Perempuan perwakilan Nusa Tenggara Barat, Achintya Holte Nielsen raih gelar Miss Indonesia 2017 ketika dilombakan di MNC Studio, Sabtu (22/4). Beberapa minggu sebelumnya, seorang perempuan perwakilan DKI Jakarta, Bunga Jelitha Ibrani dapat gelar tertinggi di Puteri Indonesia 2017.

Lalu, timbul pertanyaan ini: Apa sih persamaan dan bedanya Miss Indonesia dengan Puteri Indonesia? Persamaannya, kedua beauty pageant itu sama-sama menghasilkan perempuan yang jadi simbol negara. Perbedaannya, liat aja di bawah ini.

1. Penyelenggaranya beda

via Istimewa
Ini Bunga Jelitha, Puteri Indonesia 2017. (Sumber: Istimewa)

Yaiyalah penyelenggaranya beda. Kalo sama, ngapain sampai bikin dua acara yang mirip-mirip. Puteri Indonesia tuh diselenggarakan Yayasan Puteri Indonesia sejak 1992 yang diketuai Ibu Mooryati Soedibyo. Sementara itu, Miss Indonesia diselenggarakan Yayasan Miss Indonesia (MNC Grup) yang dipimpin Liliana Tanoesoedibjo.

2. Sponsor utamanya beda juga

via metrotvnews.com
Yang di tengah ini adalah Achintya Nielsen waktu dinobatin jadi Miss Indonesia 2017. (Sumber: metrotvnews.com)

Acara segede ini engga bakal berjalan lancar tanpa adanya sponsor. Kosmetik Mustika Ratu dan Miss Universe Organization adalah pendukungnya ajang Puteri Indonesia sementara Kosmetik Sari Ayu dan Miss World Organization lah yang ada di balik kesuksesan Miss Indonesia.

3. Tugas utama sih beda tipis

via kumparan.com
Para Finalis Puteri Indonesia 2016 jadi duta anti korupsi. (Sumber: kumparan.com)

Secara garis besar, tugas perempuan pemenang beauty pageant itu mirip. Sama-sama jadi simbol perdamaian dunia. Secara terperinci, Puteri Indonesia bisa dipanggil menjadi duta anti korupsi, duta anti narkoba, hingga duta pendidikan di Indonesia. Kalo Miss Indonesia, tugasnya adalah jadi duta seluruh kegiatan sosial yang diselenggarakan MNC Group dan UNICEF.

4. Kariernya apalagi

via indonesianpageants.com
Kalo ini, para peserta Miss Indonesia 2017. (Sumber: indonesianpageants.com)

Dari sponsornya juga udah jelas kalo pemenang Puteri Indonesia pada satu titik bakal jadi bintang ikon Mustika Ratu dan berlaga di Miss Universe sementara Miss Indonesia pada akhirnya bakal muncul di berbagai iklan Sari Ayu dan berlaga di Miss World. Keduanya sama-sama mempromosikan Indonesia di hadapan dunia.

5. Jumlah pemenangnya beda jauh

via Istimewa

Kalo ditotal, Puteri Indonesia menghasilkan empat pemenang, yaitu pemenang utama yang bergelar Puteri Indonesia, lalu pemenang kedua jadi Puteri Indonesia Lingkungan, pemenang ketiga jadi Puteri Indonesia Pariwisata, dan pemenang keempat jadi Puteri Indonesia Perdamaian.

Di ajang Miss Indonesia beda lagi nih. Selain mencari pemenang utama, beauty pageant-nya juga mencari Miss Persahabatan dan Miss Favorit. Peserta 15 besar juga dipilih buat dapet Miss Top Model, Miss Sports, Miss Nature & Beauty Fashion, Miss Social Media, dan Miss Beauty with a Purpose.

Lima hal di atas yang paling ngebedain antara Puteri Indonesia dan Miss Indonesia. Meski beda, kedua pemenangnya bakal berusaha mengharumkan nama Indonesia di mata dunia dan mempromosikan perdamaian. Jadi, harus kita dukung, gaes. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.