Jum'at, 22 Januari 2021

Genmuda – Acara akbar Indonesia Comic Con 2016 akhirnya udah resmi digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (1/10). Acara yang bakal berlangsung selama dua hari itu ngejanjiin pengalaman budaya pop yang engga ada duanya dan engga bakal bisa kamu lupain deh pokoknya, Kawan Muda.

Engga kayak tahun lalu, di tahun keduanya ini ICC ngehadirin lebih banyak konten dan pengisi acara. Dengan demikian, ICC 2016 jelas lebih besar dan lebih ramai dari sebelumnya. Hal itu pun disambut baik oleh para pecinta budaya pop, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang udah mulai ngantre dari pukul 09.00 WIB.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Para seniman lagi serius ngegambarin maneken di ICC 2016, Sabtu (1/10) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Lebih lanjut, ICC 2016 diawali dengan kolaborasi dari tujuh seniman dalam maupun luar negeri, yang terdiri dari Ario Anindito, Simone Legno, Alex Milne, Edwin Huang, serta perwakilan Street Walls. Mereka ditantang buat ngegambar secara spontan selama 30 menit. Menariknya, mereka engga ngegambar di kertas, kanvas, dinding, atau media sejenisnya. Kali ini, mereka justru ngegambar di dua maneken. Keren abis!

©Genmuda.com/2016 Gabby
Akira Kushida tampil enerjik ngebuka ICC 2016 ©Genmuda.com/2016 Gabby

Menyusul kemudian, barulah ICC 2016 resmi dibuka lewat Opening Ceremony di Empire Stage. Para cosplayer yang berparade dari pintu masuk dan sejumlah bintang tamu utama mulai dari Brianna Hildebrand sampai Hiroshi Fujioka hadir di atas panggung buat nyambut para pengunjung yang datang. Setelah itu, para pengunjung pun dihibur lewat penampilan spesial dari Akira Kushida, yang ngebawain sebuah lagu dengan penuh semangat.

Lantas, gimana dengan berbagai booth yang ada di ICC 2016? Well, secara garis besar booth-nya menarik dan cukup variatif. Mulai dari yang jualan mainan, komik, kostum cosplay, dan barang-barang berbau AniManga sampai yang promosi film, semua bisa kamu temuin di booth ICC 2016. Berikut ini adalah 7 booth di antaranya yang wajib kamu kunjungin:

1. Royal Selangor

©Genmuda.com/2016 Gabby
Abaikan si mas di belakang ya ©Genmuda.com/2016 Gabby

Royal Selangor pada dasarnya merupakan produsen dan pengecer timah asal Malaysia. Di ICC 2016, secara khusus kamu bisa ngelihat beragam koleksi ‘Star Wars’ dari perusahaan yang terbesar pada jenisnya itu, termasuk beragam merchandise ‘Star Wars’ lainnya mulai dari kaos sampai sepatu. Kamu datang aja booth-nya yang ada di Star Wars Zone, tepatnya di pojok kanan Hall B dari pintu masuk atau di sebelah kanan Empire Stage.

2. Alfamart – ‘Star Wars Rogue One’

©Genmuda.com/2016 Gabby
Beli satuan 10 ribu, tapi kalo belanja 30 ribu di Alfamart cukup tambah 5 ribu aja per medali ©Genmuda.com/2016 Gabby

Masih terkait ‘Star Wars’, ada pula booth Alfamart – ‘Star Wars Rogue One’. Di booth tersebut, kamu bisa ngelihat deretan medali ‘Star Wars’ yang dipamerin di Indonesia buat pertama kalinya. Total ada 37 medali yang bisa kamu koleksi, dengan 6 medali edisi khusus. Kamu pun bisa ngedapetin medali tersebut di Alfamart atau ikutan permainan di booth-nya. Kalo kamu berhasil ngumpulin semua medalinya, bakal ada hadiah menarik loh dari Alfamart.

3. Sanrio

©Genmuda.com/2016 Gabby
Imut-imut banget ‘kan booth-nya, Kawan Muda? ©Genmuda.com/2016 Gabby

Buat kamu fansnya Hello Kitty atau karakter Sanrio lainnya, kamu jelas harus berkunjung ke booth-nya Sanrio yang imutnya minta ampun. Di sana, kamu engga cuma bisa ketemu Hello Kitty dan kawan-kawannya, tapi kamu bisa ikutan permainan berhadiah merchandise menarik (tapi sayang merchandise-nya engga ada yang dijual terpisah). Kamu cuma perlu posting foto di sekitar booth Sanrio terus follow dan tag Instagram atau Facebook Hello Kitty Loves Indonesia.

4. XM Studios

©Genmuda.com/2016 Gabby
Ini salah satu contoh karya XM Studios loh ©Genmuda.com/2016 Gabby

Berbasis di Singapura, XM Studios merupakan penghasil koleksi patung premium edisi terbatas. Ada banyak patung yang dipamerin di booth-nya, salah satunya adalah ‘Ghost Rider’. Sayangnya, walau terbilang populer, patung ‘Ghost Rider’ sekarang udah engga dijual. Terlepas dari itu, biasanya sih orang-orang justru berburunya patung-patung yang langka, Kawan Muda.

5. Red Diorama

©Genmuda.com/2016 Gabby
Ingat, ini diorama, bukan aslinya ya ©Genmuda.com/2016 Gabby

Mau lihat tampilan Batcave versi mini? Langsung datang aja ke booth-nya Red Diorama. Di sana, kamu bisa ngelihat diorama spesial dari berbagai adegan di film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’, termasuk Batcave yang lengkap sama air-airnya segala. Dengan skala 1/12, diorama Batcave dibikin dalam jangka waktu 1 bulan. Yang lebih gokilnya lagi, semua item di diorama tersebut merupakan hasil buatan tangan.

6. Medicom Toy

©Genmuda.com/2016 Gabby
Hiiiii sereeeeem… ©Genmuda.com/2016 Gabby

Kalo kamu penggemar berat Be@rbrick dan senang ngoleksi berbagai itemnya, kamu harus mampir ke booth Medicom Toy. Buat pertama kalinya di Indonesia, Medicom Toy mamerin Jiang Shi Be@rbrick 1000%. Dengan 6 bulan perencanaan dan 1 bulan produksi, item super eksklusif itu kini udah bisa di pre-order dan baru bakal resmi diluncurin pada tahun depan. Bahkan, banyak orang dari Tiongkok, Taiwan, maupun Hong Kong sampai bela-belain datang ke ICC 2016 cuma demi pre-order item tersebut loh.

Selain bisa mampir ke berbagai booth, di ICC 2016 kamu juga bisa ketemu dengan sesama penyuka budaya pop lainnya maupun nyaksiin penampilan dari bintang tamu idola kamu. Banyak penawaran spesial pun bisa kamu dapetin dengan mudah dan dijamin kamu engga bakal nyesel.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Fira dan Ranysya ©Genmuda.com/2016 Gabby

Contohnya aja Fira dan Ranysya. Kedua Kawan Muda berusia 15 tahun itu awalnya datang ke ICC buat ngejaga booth sekolahnya, yaitu Erudio School of Art. Walau demikian, mereka tetap senang karena bisa sampil berburu beragam barang dan ngelihat aksi para cosplayer. Kalopun ada hal yang mereka pengenin buat ICC di tahun berikutnya, secara khusus mereka berharap salah satu bintang tamunya adalah sutradara dan seniman pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki.

Sementara itu, buat kamu para cosplayer, di ICC 2016 kamu bisa ketemu dan berbagi keseruan pula dengan sesama cosplayer lainnya. Kayak seorang cosplayer bernama Etho misalnya, doi sebetulnya emang datang ke ICC 2016 buat kerja. Terlepas dari itu, cowok berusia 24 tahun yang juga jadi admin Naruto Team Project tersebut punya kesan tersendiri buat ICC 2016.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Etho (Naruto) dan kawan-kawannya lagi kerja nih ©Genmuda.com/2016 Gabby

“Aku heran bisa rame kayak gini. Acara yang sama besar kayak gini itu sepi, tapi ini rame banget. Acara ini keren banget, aku bisa ketemu teman-teman yang lain buat ngobrol dan ngumpul-ngumpul,” kata Etho, yang udah jadi cosplayer selama 6 tahun belakangan ini.

So, tunggu apa lagi, Kawan Muda? Kalo kamu belum beli tiket ICC 2016, kamu engga perlu khawatir. Masih ada tiket OTS yang dijual dengan harga mulai dari 120 ribu. Kamu cuma perlu ajak teman-teman dan anggota keluarga kamu buat datang. Tinggal sehari lagi loh acaranya! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer