Senin, 30 November 2020

Genmuda – Ngerasa iri atau sirik sama orang lain pada dasarnya emang udah jadi salah satu sifat manusia. Tapi, bukan berarti sifat yang kayak gitu harus terus kamu pertahanin loh ya, Kawan Muda.

Engga peduli segimana percaya diri atau kuatnya iman kamu, ada kalanya kamu pasti bakal ngerasa sirik sama orang-orang di sekitar kamu. Entah kamu iri sama penampilan, prestasi, kehidupan percintaan, atau aspek lain dalam kehidupannya, yang jelas itu bukanlah hal yang bakal kamu akuin begitu aja.

Well, iya sih di sisi lain perasaan iri emang bisa jadi semacam motivasi buat ngeraih tujuan tertentu. Meski begitu, hal tersebut baru bisa kamu lakuin kalo kamu udah mampu bersyukur terlebih dahulu. Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakuin buat berhenti (minimal ngurangin) sirik ke teman kamu:

1. Cari tau pemicunya

Apa sih yang biasanya suka bikin kamu sirik sama teman kamu? Coba deh kamu daftarin lagi penyebabnya. Dengan begitu, nantinya kamu bisa lebih siap buat ngehadapin perasaan iri kamu. Kamu pun bisa sekalian ngelihat lagi hal apa aja yang bikin kamu ngerasa kurang pede, sehingga kamu bisa ngasih perhatian lebih buat aspek dalam hidup kamu itu.

2. Kasih kelonggaran buat diri kamu

via theorchidboutique.com

Ingat, kamu engga perlu ngukur kesuksesan kamu dengan kesuksesan teman kamu. Selain itu, kesuksesan doi juga engga secara otomatis jadi kegagalan kamu. Perasaan iri biasanya bakal muncul saat kamu terlalu keras sama diri kamu. Oleh karena itu, jangan lupa buat kasih diri kamu sedikit jeda atas upaya terbaik yang udah kamu lakuin selama ini.

3. Kurang-kurangin ngegosip

Ngegosip emang engga bisa dipisahin dari keberadaan manusia. Tapi, itu bukan berarti kamu engga bisa nyegah diri kamu buat engga terus-terusan ngegosip. Berawal dari sirik, engga jarang akhirnya kamu malah bisa ngebarin gosip yang engga-engga tentang seseorang. Dengan demikian, buat mutus lingkaran setan tersebut, ada baiknya kamu mulai kurang-kurangin ngegosip dari sekarang.

4. Kasih pujian ke teman kamu

Buat nyegah supaya kamu engga sirik setiap kali teman kamu nyeritain soal pencapaian atau prestasinya, mending kamu fokusin diri kamu buat ngasih pujian ke doi. Walau di dalam hati kamu mungkin ngejerit banget, seengganya kamu udah bisa nunjukin bahwa kamu adalah seseorang yang sportif dan bisa nerima keadaan. Ini bukan berarti kamu jadi orang yang munafik loh ya. Justru, intinya adalah kamu ngelakuin hal yang bertentangan dengan apa yang biasa dilakuin orang sirik.

5. Manfaatin me time

Daripada kamu maksain diri buat ketemu teman kamu terus ujung-ujungnya kamu malah sirik sendiri, coba deh kamu agak narik diri kamu dulu. Bukan berarti kamu jadi engga bergaul, tapi tujuannya adalah supaya kamu bisa ngegunain waktu kamu buat ngenalin diri kamu lebih jauh. Lakuin aja kegiatan nyenengin yang bakal bikin kamu ngerasa lebih baik, entah itu olahraga, nonton, atau karokean. Selamat mencoba, Kawan Muda!

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer