Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Buat Kawan Muda yang baru aja lulus SMA, kemarin, Senin (9/5), bisa dibilang udah kayak hari penentuan hidup dan mati buat kamu. Gimana engga? Baru juga lulus SMA tiga hari yang lalu, eh lusanya udah ada pengumuman SNMPTN aja.

Namanya juga hidup, ada kalanya engga bakal berjalan kayak rencana kamu. Pengennya sih bisa keterima di jurusan atau universitas yang udah dipilih dari jauh-jauh hari, tapi apa daya ternyata Tuhan berkehendak lain. Alhasil, mau engga mau kamu harus ikut tes lainnya supaya bisa tetap lanjut kuliah.

Namun demikian, setelah ngebaca pengumuman SNMPTN yang engga sesuai sama harapan kamu, ada baiknya kamu engga langsung putus asa, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dan sebaiknya kamu lakuin kalau kamu belum keterima di jurusan atau universitas pilihan kamu:

1. Tenangin diri

Nerima sesuatu yang engga kita pengenin memang susah, mau dikata apa lagi kita tak akan pernah satu (oke, #abaikan). Meski begitu, hal paling pertama dan utama yang harus kamu lakuin setelah ngebaca kalau kamu belum keterima di jurusan atau universitas pilihan kamu adalah nenangin diri. Kalau kamu udah bisa nerima keadaan, otomatis kamu nantinya bisa lebih lega buat ngejalanin tahapan berikutnya dalam pencarian jurusan universitas kamu.

2. Atur ulang strategi

Atur ulang strategi di sini bukan cuma berlaku pas kamu lagi ngejalanin tes berikutnya aja, tapi khususnya pas kamu milih ulang jurusan dan universitas di mana kamu bakal kuliah. Sering kali, keterima di universitasnya udah susah, eh kamu malah tetap ngotot buat milih jurusan yang daya saingnya terbilang tinggi pula. Yang lebih parahnya lagi, kamu juga engga nyiapin beberapa pilihan lain, termasuk pilihan di universitas swasta.

Kalau kamu justru lebih ngotot buat masuk suatu jurusan tertentu, mending kamu bandingin dulu peringkat dan daya tampung jurusan tersebut di beberapa universitas. Contohnya adalah jurusan Sastra Inggris, beberapa universitas dengan jurusan Sastra Inggris terbaik di Tanah Air antara lain adalah Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) buat yang negeri. Buat yang swasta, ada Universitas Gunadarma dan Universitas Kristen Petra.

Sebaliknya, kalau kamu memang lebih pengen masuk ke universitasnya, ada baiknya kamu cari jurusan yang engga diperebutin sejuta umat supaya kamu bisa punya kesempatan yang lebih besar. Misalnya kamu masih pengen masuk Universitas Indonesia, engga ada salahnya kok kalau kamu milih Sastra Belanda atau Teknik Perkapalan.

3. Pelajari lagi soal-soal tesnya

Tes masuk perguruan tinggi umumnya terdiri dari ujian tertulis dan ujian keterampilan. Buat ujian tertulis, materi ujiannya biasanya bakal dibagi lagi jadi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) serta Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum).

Nah, mumpung masih ada waktu, sebaiknya kamu buka-buka lagi materi buat tes kamu nanti, entah itu SBMPTN atau tes jalur mandiri kayak SIMAK UI. Walau engga bakal sama persis, ya seengganya kamu udah punya gambaran nanti bentuk soal-soalnya bakal kayak gimana. Persiapan itu penting banget loh, Kawan Muda!

4. Istirahat yang cukup

Kalau udah nyiapin diri dengan berlatih soal-soal buat tes masuk perguruan tinggi, jangan lupa juga buat nyiapin jiwa dan raga kamu dengan istirahat yang cukup. Di samping itu, upayain pula buat makan yang terartur dan selalu nyempetin diri buat olahraga supaya kamu engga tumbang di hari H tes.

Singkatnya, kamu harus nyeimbangin antara persiapan secara materi sama persiapan secara fisik dan mental. Bahkan, engga apa-apa kok kalau kamu mau ngeluangin waktu buat piknik dulu biar pikiran kamu bisa lebih tenang. Yang penting kamu engga kebablasan lupa sama tes kamu.

5. Ora et Labora

Udah berusaha mati-matian sampai jungkir balik kalau engga dibarengi dengan doa ujung-ujungnya pasti engga bakal maksimal, Kawan Muda. Terlepas dari apapun agama atau kepercayaan kamu, tetap aja lagi-lagi rencana Tuhan yang bakal lebih hebat. Jangan cuma ngandelin doa orang tua aja, tapi kamu sendiri engga mau doa. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer