Jum'at, 21 Januari 2022

Genmuda – Girls, kalo kamu suka nonton drama Korea, pasti suka gemes kan sama tampilan para cewek Korea yang flawless dan mereka pun selalu keliatan muda dengan tampilan tersebut. Kalo diperhatiin, dandanan para eonni (panggilan untuk perempuan lebih tua) pasti gak pernah tebel-tebel, dan inilah yang bikin mereka keliatan cantik alami.

Coba kamu bandingin tampilan cewek di drama Korea sama tampilan cewek di serial luar negeri lainnya kayak Amerika. Pasti beda banget, karena cewek Korea lebih suka dandan setipis mungkin dan senatural mungkin. Selain itu, skincare yang mereka pake pun banyak. Gimana caranya biar look kamu kayak eonni Korea? Yuk ikutin tipsnya di bawah ini.

1. Mesti punya kulit yang sehat

Ini dia tahapan skin care yang mesti kamu pahami

Kalo diperhatiin, muka orang-orang di drama Korea itu kan halus banget kayak kulit bayi. Meskipun mungkin ada juga yang punya beberapa imperfection, tapi mungkin jarang keliatan punya noda bintik atau jerawat. Ini karena skincare yang mereka itu cocok dan juga gak murah tentunya. Eits, gak cuma cewek loh, karena cowok Korea tentunya pake skincare juga, supaya kulit mereka terawat. Liat deh oppa-oppa Korea, bening kan?

Sejumlah cewek percaya kalo makeup asli Korea dipercaya bisa bikin muka kamu keliatan lebih flawless meski harganya lumayan mahal. Skincare Korea juga dikenal lengkap dari jenisnya dan cocok buat beda-beda jenis kulit, jadi gak heran kalo kamu mau makeup bisa pakai beberapa skincare sekaligus.

2. Pake foundation atau BB Cream yang glowing

Setelah pake skincare yang berbagai macam itu, hal selanjutnya yang mesti lakukan adalah pake pake BB Cream yang kasih efek glowing atau dewy. Ini berguna supaya kulit wajah kamu keliatan lebih segar dan bercahaya. Tapi jangan sampe salah warna ya, supaya penampilan kamu makin keliatan natural. Perhatiin warna BB Cream-nya ya, samain juga sama warna kulit leher supaya gak belang kayak zebra cross.

3. Set BB Cream pake bedak

via: Google
(Sumber: Istimewa)

 

Setelah pake BB Cream, kamu mesti set mereka pake bedak. Ada 2 pilihan bedak yang bisa kamu pakai, yaitu bedak padat (compact powder) dan bedak tabur (loose powder). Bedanya, bedak tabur atau loose powder punya tekstur yang lebih ringan dibanding bedak padet atau compact powder. Bedak tabur juga cocok banget buat kamu yang kulitnya oily, karena mereka bisa menyerap minyak yang ada di wajah.

Kalo kulit kamu kering, coba aja pake bedak padat atau compact powder. Bedak ini punya kandungan yang bisa melembabkan kulit kering. Selain itu teksturnya lebih berat daripada bedak tabur tadi karena adanya kandungan pelembab.

Tapi meskipun gitu, bedak ini lebih praktis buat kamu bawa ke mana-mana karena kemasannya lebih rapi dibanding loose powder, dan didalemnya pun udah ada kacanya. Jadi kamu gak mesti repot ke kamar mandi cuma buat touch up.

4. Jangan lupa pakai eye shadow

Jangan pake eye shadow yang warnanya ngejreng ya! Karena umumnya, eonni Korea pake eye shadow dengan warna natural kayak soft brown, pink dan putih. Cewek-cewek Korea suka pake eye shadow karena bentuk mata mereka yang gak punya lipatan mata atau eye lids. Jadi meskipun mereka pake eye shadow yang tipis, itu akan tetep bikin mata mereka terlihat lebih hidup.

5. Eye liner jangan tebel-tebel 

Alasan mereka pake eye liner adalah sama ketika mereka pake eye shadow, yaitu untuk bikin mata keliatan lebih hidup. Tapi, karena mata eonni Korea itu kecil dan tipis, jadi eye liner yang mereka pake pun gak tebel gitu. Kalo mereka pake eye liner yang tebel, yang ada mata mereka tenggelam.

Biasanya cara mereka pake eye liner adalah dengan cuma narik eye liner itu dari tengah mata, gak dari paling depan mata. Balik lagi, tujuannya adalah supaya tampilan mereka keliatan lebih natural. Nah, wing-nya pun gak dibikin dramatis. Cuma ditarik sedikit aja, gak lebay kayak bikin cat eye atau smokey eyes.

6. Alisnya lurus, gak menukik

via: Google
Lurus aja gambar alisnya jangan nukik kayak turunan

 

Kalo kamu males bikin alis yang menukik dan kekinian itu, baiknya kamu ngikutin gaya alis cewek-cewek Korea aja girls. Mereka gak terlalu suka bikin tampilan alis yang tebal, kotak didepan, menukik di tengah, dan lancip di ujung. Jadi yang penting alis mereka agak tebal, supaya gak keliatan punya alis yang botak. Warnanya pun gak hitam kelam kayak warna rambut kita ya.

Biasanya warna yang dipakai adalah warna coklat atau abu-abu supaya lebih natural atau disamain sama warna rambut biar senada. Salah satu merk Korea pun laris di Indonesia untuk urusan ngukir alis, karena gampang dipake dan warnya bagus.

7. Sapukan sedikit blush on biar manis

Biar gak monoton, cewek-cewek Korea suka terlihat dengan pipi yang merona. Gak lebay tapi ya, cukup sapukan blush on yang warnanya cerah. Biasanya warna yang digunain adalah pink dan peach. Inget, jangan ketebelan. Karena semakin natural warna blush on-nya, semakin mirip tampilan kamu sama cewek Korea.

8. Pakai lipstik dengan warna gradasi

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Ini hal menonjol yang membedakan tampilan makeup Korea dengan tampilan lainnya berbeda. Kalo di Indonesia lagi ngetren lipstik matte yang memenuhi bibir kamu, di Korea tetep bertahan tren dengan warna lipstik yang bergradasi. Kenapa gradasi? Karena mereka gak pake lipstik penuh di bibir mereka. Ada juga yang pake lipstik penuh, tapi cuma beberapa aja yang terbiasa pake warna-warna berani.

Cara bikin tampilan bibirnya adalah dengan aplikasikan lipstik atau lip tint di bagian dalam bibir. Dan di bagian luarnya, biasanya tetep dikasih lipstik yang ada moisturizer-nya supaya bibir tetap lembab dan ada warnanya sedikit. Biar gak keliatan kayak orang lagi sariawan kalo cuma ada warna merah aja di bagian dalam bibir.

Nah, gimana? Udah tau kan makeup apa aja yang dipake? Sekarang saatnya kamu mencoba ya! Inget, tampil senatural dan se-fresh mungkin supaya makin mirip sama eonni Korea. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.