Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Masih dalam rangkaian Muffest 2018 di JCC Senayan, Jakarta. Setelah kemarin diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, acara yang miliki target menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia itu masih menyimpan berbagai kegiatan menarik di hari kedua, Jumat (20/4).

Gelaran di panggung utama MUFFEST 2018 diawali dengan Seminar Trend Forecasting 2019/2020 yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Indonesia Trend Forecasting. Seminar ini bertujuan buat memberikan informasi tren kepada pelaku kreatif bidang fashion muslim supaya mereka bisa memahami dan mengaplikasikan tren tersebut pada hasil produksinya sehingga dapat meningkatkan daya saing, kualitas, serta nilai tambah bagi produknya.

“Kita memiliki cita-cita dan target sebagai pusat fashion Muslim dunia tahun 2020. Untuk itu, kita harus bisa menciptakan tren untuk Indonesia,” kata Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Dr. Ing. Abdur Rohim Boy Berawi.

Dari seminar Trend Forecasting 2019/2020 itu seenggaknya ada empat tren yang jadi dibahas oleh Bekraf:

Exuberent

Exuberent dianggap sebagai semangat kehidupan di zaman modern. Model yang ditawarkan mengedepankan keceriaan dan optimisme lewat permainan warna yang colorful. Unsur-unsur yang dimasukkan dalam tema ini ada campuran art urban dan hal-hal yang berbau futuristik. Walau agak nerdy tapi desainnya tetep artsy dan cocok buat semua usia kok.

Svarga

Berbeda sama exuberent, busana-busana Svarga kental banget sama nuansa etnik yang modern. Perpaduan warnanya juga terbilang ‘ngejreng’ tapi tetep kalem kayak biru gelap, pink keunguan, atau hijau tua. Kalo dilihat dari trennya, motif geometri ala-ala memphis masih jadi unggulannya,

Neo Medieval

Nah, kalo ini biasanya cocok buat kamu yang kalem dan gak mau ribet. Terinspirasi oleh abad pertengahan, warna-warna yang ditonjolin lebih netral dan kalem sperti cokelat, putih, dan hijau.

Cortex

via: Dyandra Promosindo
(Sumber: Dyandra Promosindo)

Seperti yang pernah Genmuda.com bocorin ke kamu, inilah perpaduan desain yang terinpirasi oleh teknologi AI. Cortex menawarkan kesan kreasi serta kolaborasi dengan warna yang lebih terang dengan desain yang unik dan bersifat abstrak.

Besok, Sabtu (21/4), masih ada fashion show di Main Stage dari Hijabers Mom Community dengan tema “Unity in Modesty”, Specta Del Populo, Wardah dengan tema “Sinar dan Pijar”, dan Warnatasku dengan tema “Keadian”.

Sedangkan di Mini Stage bakal ada press conference dari Hijabers Mom Community, Specta Del Populo, Warnatasku, Wardah yang akan memaparkan mengenai tema dan konsep fashion show mereka tersebut, serta talkshow dari Zoya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments