Jum'at, 21 Januari 2022

Genmuda – Selain ditunggu-tunggu, momen kelulusan emang engga jarang malah berpotensi nimbulin berbagai kekhawatiran. Apalagi buat kamu yang sebentar lagi bakal lulus kuliah, ibaratnya dunia yang sesungguhnya udah tinggal selangkah lagi dari kehidupan kamu sekarang.

Saat diumumin lulus dan akhirnya bisa pakai toga di hari wisuda, bahagianya memang amat sangat luar biasa. Saking bahagianya, kamu mungkin bakal ngerasa kalo kamu benar-benar lagi berada di puncak dunia dan itu adalah pencapaian terbesar kamu di sepanjang hidup kamu.

Namun demikian, kehidupan kamu jelas engga berhenti di hari kamu diwisuda. Kehidupan kamu masih bakal terus berlanjut bahkan bertahun-tahun setelahnya (itu pun kalo Tuhan ngijinin). So, biar kamu engga kaget-kaget banget, berikut ini 7 hal yang perlu kamu tahu seputar kehidupan setelah lulus:

1. Butuh waktu buat terbiasa

Saat kuliah, kamu masih bisa milih-milih mata kuliah atau dosen. Kalo pun engga bisa, ya minimal kamu bakal ngelupain matkul atau dosen yang bersangkutan setelah satu semester berlalu. Sebaliknya, pindah dari satu kerjaan ke kerjaan lain itu engga segampang ngisi Kartu Rencana Studi pas kuliah. Kamu engga bisa seenaknya berhenti dari satu kerjaan dan pindah ke kerjaan lain setiap beberapa bulan cuma gara-gara bosan atau engga suka. Yang ada kamu malah bakal dianggap engga profesional

2. Tidur cuma tiga sampai empat jam sehari bakal lebih sulit

Ya sebenarnya kamu bisa aja sih nyoba buat begadang terus paginya langsung kerja. Tapi, dijamin sepanjang hari kamu bakal engga fokus dan ngerasa ngantuk sekaligus capek gara-gara tidur kamu kurang. Kecuali kamu sedang ada deadline kerjaan, mending kurang-kurangin deh begadangnya dan seimbangin waktu tidur sama olahraga dan pola makan.

3. Kamu bakal ngerasa jadi orang yang beda banget dari saat kuliah

Coba aja kamu lihat diri kamu pas nanti setahun setelah lulus kuliah. Entah itu rambut, gaya berpakaian, atau cara ngomong, pasti ada aja yang bakal berubah dari kamu. Hal itu pun umumnya terjadi karena kehidupan sebagai orang dewasa ngedorong kamu buat segera nyari jati diri kamu. So, engga usah heran atau nyesel kalo kamu tiba-tiba ngelihat foto-foto jaman kuliah kamu yang terkesan engga banget.

4. Pekerjaan pertama kamu mungkin engga bakal sesuai sama jurusan kamu

Kecuali kamu kuliah di jurusan yang kerjaannya udah pasti kayak misalnya kedokteran, sebenarnya kamu engga usah terlalu mikirin hal yang satu ini. Kamu bahkan engga perlu ngerasa kalo ilmu kamu sia-sia, soalnya tiap hal yang kamu pelajari di bangku kuliah pada dasarnya tetap bakal jadi bekal kamu di kemudian hari. Dengan kata lain, jalanin dulu aja pekerjaan pertama kamu sebaik-baiknya.

5. Waktu bakal berlalu lebih cepat

Perkara waktu bisa dibilang cukup relatif, tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Contohnya aja kalo kamu ngukur waktu berdasarkan uang yang udah keburu habis dalam 2 minggu setelah gajian ketimbang masa perkuliahan 1 semester yang umumnya cuma 4 bulan, jelas waktu bakal terasa berlalu lebih cepat. Percaya deh, Kawan Muda!

6. Ada lebih banyak orang yang bakal neriakin kamu

Baru diteriakin dosen pas lagi sidang skripsi aja sih belum seberapa kalo dibandingin dengan diteriakin klien yang engga puas sama kerjaan kamu. Dengan kata lain, kehidupan setelah lulus kuliah bakal nuntut kamu buat lebih bermental baja (tsah!) dan engga gampang nyerah saat ada serangan bertubi-tubi yang ngehampirin kamu, baik dalam hal kerjaan atau hal lainnya.

7. Perjalanan belajar kamu masih panjang

Iya sih kamu memang udah ngabisin waktu belasan tahun buat sekolah. Meski begitu, bukan berarti kamu harus berhenti belajar setelah pendidikan formal kamu berakhir. Kalo kamu engga terus-terusan ngasah kemampuan dan belajar hal-hal baru, karir kamu nantinya bakal monoton alias gitu-gitu aja. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer