Jum'at, 14 Desember 2018

Genmuda – Kantin kejujuran di SMAN 1 Bekasi, Jawa Barat merupakan satu-satunya kantin yang masih eksis tahun 2017. Sejak dibentuk pada 2007 di sejumlah sekolah, sebanyak 696 kantin gulung tikar karena merugi.

Situasi itu dikonfirmasi Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah, Senin (11/12), dikutip Indopos.co.id, 12 Desember. Harapannya, tiap siswa diajak jujur dari hal kecil supaya ketika besar gak tergoda nyolong apapun.

Kenyataan berkata lain. Siswa gak bertanggung jawab malah seenaknya ngambil barang tanpa bayar sesuai harga. “Sebenarnya yang jujur banyak, tapi semua kena dampak karena ulah yang tidak jujur,” tutur Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bekasi Didi Suhardi dengan bijak.

Peristiwa yang jadi tamparan keras buat banyak pihak itu bisa dimaknai dengan berbagai sudut pandang. Genmuda.com juga punya pandangan lain. Bukan cuma satu, malah ada tujuh cerita yang kurang lebih (bisa jadi) kebetulan sama kayak kantin kejujuran di Bekasi.

1. The Last Jedi

©LucasFilm
©LucasFilm and Walt Disney/2017

Kantin kejujuran SMAN 1 Bekasi adalah The Last Jedi, seperti halnya Master Yoda ketika melatih Luke Skywalker ngelawan The Empire di “Star Wars Episode V” (1980) atau saat Master Luke persiapin Rey ngelawan First Order di “Star Wars Episode VIII” (2017).

Ketiganya sama-sama secercah harapan terakhir yang diharap nurunin nilai-nilai positif kepada teman, murid, dan semua makhluk di galaksi, sebelum kegelapan benar-benar menyelimuti.

2. Harry Potter

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ketika teman dan anggota Ordo Phoenix tumbang karena fitnah, kebohongan, dan kesadisan para Pelahap Maut, Harry ngelanjutin tugas melawan The Dark Lord sebagai “Sang Terpilih.” Semua orang berharap banyak pada dia.

Mirip-mirip, deh, dengan satu-satunya kantin kejujuran di Bekasi itu. Ketika kantin kejujuran di sekolah lain mati, kantin di SMAN 1 Bekasi malah untung 500 ribuan rupiah per hari dan dibebani tanggung jawab besar supaya jadi contoh bagi sekolah lain.

3. Nero atau L dari “Death Note”

via weclipart.com
(Sumber: weclipart.com)

Kalo kita asumsikan aja Pak Didi Suhardi benar. Kantin kejujuran bangkrut karena segelintir oknum. Berarti, situasinya mirip di manga “Death Note.” Tatanan dunia rusak berat akibat segelintir pemegang buku pencabut nyawa.

Pertanyaannya sekarang, apakah kantin kejujuran SMAN 1 Bekasi itu adalah Nero, seorang karakter yang berhasil membenahi situasi? Ataukah hanya menjadi L, seorang karakter yang benar-benar diharapin memperbaiki situasi tapi tetep gagal?

4. The lone wanderer di “Fallout 4”

via youtube.com
(Sumber: YouTube.com)

Kantin kejujuran di SMAN 1 Bekasi juga mirip banget kayak lone wanderer (sang pengelana), alias tokoh protagonis tak bernama di game “Fallout 4” (2015). Dia adalah satu-satunya manusia tahun 2077 yang tersisa di tahun 2287. Dia jadi harapan untuk pulihin dunia pasca perang nuklir.

Kantin kejujuran itu kan juga merupakan entitas tahun 2007 yang tersisa sepuluh tahun kemudian. Harapan orang-orang juga pada ditumpuin ke kantin itu. Bisa gak ya kantin itu survive?

5. Logan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sepanjang hidup, Logan selalu jadi satu-satunya mutan yang tersisa. Ketika Perang Sipil, dia satu-satunya tentara yang hidup. Ketika Perang Dunia I dan II, pun begitu, sementara teman-temannya tewas. Itulah kutukan orang dengan kekebalan tubuh terkuat.

Kantin SMAN 1 Bekasi juga pasti ngerasain kesepian kayak yang Logan alami di film “Logan” (2017), ketika dia lagi-lagi harus ngerasain jadi segelintir X-Men yang tersisa sementara teman-temannya tewas.

6. “War for the Planet of the Apes”

via hindustantimes.com
(Sumber: hindustantimes.com)

Inget anak perempuan yang dilindungi bangsa monyet di “War of the Planet of the Apes,” kan? Dia dan kantin kejujuran SMAN 1 Bekasi sama-sama harus dilindungi karena merupakan penyembuh bagi penyakit yang melanda.

Di film, penyakitnya tuh dari mutasi genetik. Di dunia nyata, penyakitnya tuh ketidakjujuran.

7. Korupsi di Indonesia

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Korupsi dilakuin segelintir pejabat, tapi efeknya dirasain semua orang di negara yang sama. Sama kayak kata Pak Dedi, “Kantin kejujuran bangkrut karena ulah segelintir oknum. Yang jujur banyak.” Gitu aja, sih. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.