Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Ternyata, ada banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita lakuin sehari-hari, berdampak buruk buat diri kita sendiri. Dan lebih parahnya lagi, kita engga nyadar kalau yang kita lakuin tuh salah.

Tau engga sih guys, ternyata ada penelitian ilmiah yang ngebuktiin kalau kebiasaan kecil sehari-hari ini bisa bikin orang yang pinter, jadi kelihatan bodoh. Nah kalau kamu bertanya-tanya selama ini, kenapa kamu engga pernah disegani orang lain, atau selalu dianggep “enteng” sama gebetan, mungkin ini salah satu penyebabnya loh.

Dilansir dari Huffington Post, inilah beberapa kebiasaan buruk yang bikin kita kelihatan engga pinter, dan harus segera kita hilangin di tahun 2016. Yuk lihat infografisnya:

  1. Membawa botol minuman beralkohol

Mungkin hal yang satu ini jarang kita lihat di Indonesia, tapi lazim banget di negara-negara barat. Ternyata, orang yang “alcoholic” dianggap dan dinilai sebagai orang yang engga pintar. Iya sih, soalnya minuman beralkohol identik sama minuman yang memabukkan. Jadi, engga kelihatan cerdas sama sekali.

  1. Ngomong pake bahasa yang “tinggi”

Kalau yang ini, gampang banget nyari contohnya guys. Kamu pasti tau dong nama Vicky Prasetyo? Nah doi adalah contoh konkrit kenapa orang yang ngomong pake bahasa “tinggi” engga selalu kelihatan pinter. Jadi, di twenty nine my age, engga usah deh segala ngomongin kontroversi hati, konspirasi kemakmuran, sampai labil ekonomi segala. Intinya tuh apa?

  1. Salah ngegunain kata-kata

Misalnya, kamu mau sok-sokan pake bahasa Indonesia yang baik dan benar, tapi engga tau makna yang sebenarnya. Itu juga sebaiknya dihindari guys, jangan sampe kayak gini ya…

(Sumber: Popmagz)

 

Btw, Della, Tut Wuri Handayani itu artinya “dibelakang memberi dorongan dan arahan”. 🙂

  1. Jalan terlalu cepat atau lambat

Tau engga sih ternyata jalan terlalu cepat atau lambat ketika kita berada dalam sebuah grup atau rombongan juga punya dampak yang buruk loh. Ini menandakan kita adalah orang yang engga kompeten. Hmm… masa sih?

  1. Menghindari kontak mata

Nah kalau kamu suka menghindari kontak mata saat ngomong sama orang, dengan cara menatap ke bawah, atau menggerak-gerakan mata ke sekeliling, ini tandanya kamu engga percaya diri. Mungkin gara-gara kamu grogi, tapi sebaiknya biasakan menatap mata orang yang kamu ajak bicara guys.

  1. Sering marah-marah pas kerja

Yang satu ini jelas lah dibilang orang yang engga pinter. Kalau kamu ngerjain sesuatu, terus ngalamin hambatan dan jadinya marah-marah, mana ada yang jadi respect sama kamu? Bisa-bisa juga ikutan dimusuhin sama rekan kerja sekantor.

  1. Pasang tampang cemberut

Kecuali kamu emang udah punya tampang jutek dan songong by default, jangan suka pasang tampang cemberut mulu deh. Mending happy-happy aja, semuanya tuh dibawa relax dan santai. Kamu juga bakalan ngerasa lebih seneng, banyak teman, dan engga murung terus.

  1. Ngomong datar

Selain kedengaran engga bersahabat, engga tertarik, dan engga pinter, ngomong dengan nada yang datar aja tuh juga bikin orang-orang yang lagi kamu ajak ngobrol jadi males. Dan akhirnya, mereka engga memperhatikan apa yang kamu omongin.

  1. Takut nanya

Ini nih, yang mungkin sering kamu lakuin. Biasanya, sindrom takut nanya ini terjadi kalau kita lagi ada di lingkungan yang baru. Jadi anak baru di kantor/sekolah/kampus, kesasar di tempat yang baru, pergi ke toko baru, dan semua yang baru-baru. Karena engga familiar dengan situasinya, kita cenderung takut buat nanya apa yang kita engga ngerti. Padahal justru kalau kita cuma bengong dan celingak celinguk aja, malah bikin kelihatan bodoh loh. Malu bertanya sesat di jalan! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥