Senin, 3 Oktober 2022

Genmuda – Kemunculan berita hoaks yang selama ini nyinggung SARA dan ngerusak indahnya keberagaman Indonesia ternyata diproduksi sesuai pesanan. Kelompok yang mempoduksi segala jenis adu-domba itu bernama “Saracen.” Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI mengungkap sindikat itu pada 23 Agustus lalu.

Sebelum membuka kedok, polisi nangkep tiga orang. Ketua Bidang Media Informasi Saracen yang berinisial MFT (43) dicyduque di Koja, Jakarta Utara, 21 Juli lalu. Terus, Kordinator Wilayah Jabar yang berinisial SRN (32 tahun) diringkus di Cianjur, Jabar, 5 Agustus. Ketuanya berinisial JAS (32 tahun) diringkus di Pekanbaru, Riau, 7 Agustus.

Berita Kompas.id, 24 Agustus, bilang kalo Saracen mengomandoi sekitar 800.000 akun medsos untuk bikin “drama Civil War.” Misalnya, sebanyak 2.000 akun fokus mojokin Islam, lalu 2.000 lagi mojokin Nasrani. Sisa akunnya dipakai sebar kebencian pada pemerintah, tokoh politik, dan komentarin topik yang lagi viral.

via thejakartapost.com
(Sumber: thejakartapost.com)

Kerjaan macam itu mereka lakuin sejak November 2015 dan anggotanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Itulah sebabnya medsos kita bisa ramai kayak lagi berantem beneran. Ternyata didalangi satu sindikat ngehe yang kemudian bikin netijen yang biasanya polos juga baik hati ikutan panas.

Kata penelusuran TheJakartaPost.com, 26 Agustus, polisi lagi menyelidiki 100 gigabyte data yang disita dari Saracen. Sebagian data itu diyakini berisi ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Lebih mirisnya, segala adu domba itu dibuat berdasarkan pesanan. YA! ADA YANG BENIAT PECAH-BELAH INDONESIA, GAES! Para pemesannya belum diselidiki, tapi Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin bilang ke kompas.com, 28 Agustus kalo pemesannya bisa ditelisik.

Aksi nyari uang dengan mecah-mecahin bangsa ini jelas bikin makna kata “Saracen” hancur berantakan. Kata yang populer dipakai orang-orang Barat ini kan punya sejarah panjang yang bisa kamu liat dengan singkat di bawah ini.

1. Asal-muasal bahasa: “Suku” dan “Timur”

via cv.vic.gov.au
(Sumber: cv.vic.gov.au)

Kata Saracen dipercaya berasal dari kata [šrq] yang berarti timur dan kata ‘srkt’ yang berarti suku atau perkumpulan dalam bahasa Semit. Dua kata Bahasa Arab kuno itu mirip sama kata ‘srq’ yang artinya mencuri/merampok/merampas dan sariqīn yang artinya pencuri/perampok/perampas.

2. Masa Yunani dan Romawi: Daerah di Sinai

via wikimedia.org
Kompleks Gereja di Gurun Sinai. (Sumber: wikimedia.org)

Sekitar abad 2 masehi, orang-orang Yunani mengartikan kata Saracen (Σαρακηνή/Sarakēnḗ) sebagai daerah di utara Gurun Sinai atau yang sekarang merupakan Mesir Utara. Orang-orang yang tinggal di daerah itu disebut sebagai Saracenoi (Σαρακηνοί/Sarakēnoí).

3. Kata Kamus Merriam-Webster: Bangsa nomaden di utara Sinai

via telegraph.co.uk
Para suku nomaden di Gurun Sinai. (Sumber: telegraph.co.uk)

Orang-orang Eropa kemudian menggampangkan bahasanya. Makna kata Saracen bergeser bukan lagi berarti daerah Mesir Utara, tapi jadi orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut. Karena orang-orang Mesir Utara mirip sama mereka yang tinggal di Arab, maka orang-orang Arab pun dipanggil juga dengan sebutan Saracen.

4. Saracen di Abad ke 12: Muslim

via aliexpress.com
(Sumber: aliexpress.com)

Arti kata Saracen berubah lagi pada masa Perang Salib abad ke 11-15. Orang-orang Eropa yang dateng untuk perang ke Timur Tengah mengartiin kata Saracen sebagai orang-orang Muslim, terutama para tentara-tentara kesultanan di sana.

5. Masa Turki Utsmani: Bepergian untuk misi militer

via realmofhistory.com
(Sumber: realmofhistory.com)

Pada abad ke 17 dan 18, arti kata Saracen nambah lagi. Seorang penulis Turki Utsmani, Ibnu Kanan ngartiin Saracen/Sarkan sebagai “bepergian untuk misi militer.”

6. Masa modern: Nama kota fiktif dalam novel

via npr.org
(Sumber: npr.org)

Kata Saracen/Saraca lalu dipakai seorang penulis novel asal Denmark, Thorkild Hansen sebagai nama kota khayalan di buku Arabia Felix.

7. Saracen di masa modern: Merk sepeda Inggris kualitas tinggi

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sekarang ini, Saracen dipakai sebagai nama merk sepeda kualitas tinggi asal Inggris yang menyediakan berbagai model sepeda mulai dari sepeda gunung hingga sepeda gaya. Namun, spesialisasinya adalah model mountain bike, cross country, dan sepeda all-terrain yang berfungsi sebagai road bike dan cross country.

Yah, semoga aja kata Saracen kemudian gak berubah makna jadi “tukang nyebar hoaks” di Indonesia. Meski kelompok nakal itu udah ketangkep, Kawan Muda belum boleh lengah karena mungkin aja masih ada kelompok serupa yang beroperasi. Yuk kita bikin medsos kembali menarik. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response