Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – Pasti deh, Kawan Muda pernah ada di posisi saat kamu ngomong sama orang yang lagi asik sms/chatting, terus engga didengerin sama sekali. Atau kamu lebih sering jadi si pelaku daripada korban? Tiati bruh, itu tandanya kamu emang tuli buat sementara waktu!

Dicuekin orang emang ngeselin banget, apalagi kalau kita udah cerita panjang-panjang ke teman yang lagi sibuk mainin HP, pasti tanggepannya cuma, “hah?”, “tadi lo ngomong apa?”, “sori, sori gue engga denger”. Rasanya tuh pengen bilang, helloooowww ini siaran langsung, engga pake diulang-ulang.

Orang-orang yang suka hilang fokus saat lagi mainan HP itu engga jauh beda sama orang yang kupingnya engga pernah dibersihin dari lahir, alias budeg. Tapi beneran loh Kawan Muda, ternyata mainan HP, terutama SMS-an atau chatting bisa bikin kita tuli buat sementara waktu.

Sebuah studi dari University College London nemuin bahwa fokus kita pada pekerjaan visual, kayak ngelihat gambar, ngetik teks, sampe milih-milih emoji bisa bikin kita engga ngedenger tingkat suara normal yang ada disekitar kita. Jadi kalau kamu ngomong sama orang yang lagi serius banget sama HP nya, jangan harap deh bisa ditanggepin. Kejadian ini disebut international deafness dan bisa terjadi sama siapa aja, termasuk kita juga yang sering sok-sokan multi-tasking ngerjain beberapa hal sekaligus.

“Lingkungan modern dirancang dengan asumsi bahwa memberikan informasi melalui beberapa indera sekaligus akan membantu kita untuk memproses informasi lebih lebih efisien,” kata Dr. Maria Chait, seorang profesor ilmu saraf yang mengerjakan studi tersebut kepada The Huffington Post. “Dan hasil studi kami menunjukkan bahwa asumsi ini tidak benar.”

Jadi begini penjelasannya guys. Ketika kita mendengar suara, kuping kita bakalan ngirim informasi ke otak, terus otak kita ngasih tau informasi tersebut ke dalam kesadaran. Nah TAPIII, kalau otak kita lagi sibuk ngelakuin sesuatu yang berhubungan sama visual, proses tadi bisa keganggu gara-gara otak kita lagi sibuk banget. Apapun yang akan dikirimkan kuping ke otak, engga akan ditangkep sama si otak. Ngerti kan?

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience ini dilakuin dengan cara menguji scan otak dari 13 peserta yang ditugasin buat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan visual. Hasilnya,pekerjaan yang  lebih gampang engga banyak menyedot sumber daya otak kita, dan suara-suara yang keras serta kuat kayak sirene atau petir bisa nembus ke-tuli-an sementara waktu yang kita rasain. So, kalau temen kamu engga denger apa yang kamu omongin gara-gara sibuk sama HP nya, solusinya cuma satu, TERIAKIN AJA!!!

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥