Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Sebagian dari Kawan Muda mungkin udah engga asing lagi dan bahkan udah sampai mau muntah gara-gara berbagai ilusi optik yang muncul belakangan ini. Tapi, tahan dulu kemuakan kamu, kali ini ada lagi sebuah ilusi optik yang dijamin bakal bikin kamu makin engga percaya sama mata kamu.

Walau kamu lagi-lagi bakal dibuat pusing tujuh keliling alias heran bukan main, seengganya ilusi optik yang satu ini masih punya penjelasannya tersendiri yang terbilang masuk akal banget. Ilusi optik itu pun engga hadir dalam bentuk gambar kayak yang sebelum-sebelumnya, melainkan dalam bentuk benda.

Memangnya apa sih ilusi optiknya? Well, ilusi optik tersebut ada pada sebuah mainan anak-anak. Seorang ayah sekalugus pelatih BBC Academy bernama Marc Settle baru-baru ini udah nemuin adanya keanehan pada jalur kereta api kayu milik anaknya yang masih balita.

Dalam video singkat yang dipostingnya ke Twitter, Marc nunjukin dua potongan jalur kereta api yang diletakin secara berjejer, dengan salah satunya lebih panjang dari yang lainnya. Tapi, pas potongan jalur kereta api yang lebih panjang ditaro di atas potongan jalur kereta api yang lebih pendek, keduanya justru jadi kayak kelihatan punya ukuran yang sama persis.

Jalur kereta api anak balitaku membuatku takut saat ini. Apa yang sebenarnya terjadi?!” tulis Marc dalam postingannya, yang udah di-retweet hampir 2.000 kali dan di-love hampir 2.300 kali oleh para netizen yang engga kalah penasaran dari doi.

Hingga akhirnya, Marc berhasil nemuin penjelasannya (doi yang bingung, doi yang nanya, eh doi juga yang akhirnya ngejawab sendiri). Perbedaan panjang-pendek jalur kereta api itu merupakan bagian dari ilusi Jastrow, yang ditemuin oleh psikolog Amerika Joseph Jastrow di akhir abad ke-19.

Singkatnya, ilusi optik tersebut merupakan masalah perspektif. Walau kedua jalur kereta api terlihat identik, kalau salah satunya kamu tempatin di bawah yang lain, jalur kereta api tersebut bakal kelihatan kayak berukuran lebih besar atau lebih panjang.

Hal itu pun terjadi soalnya sisi yang pendek dari jalur kereta api yang ada di atas dibandingin sama sisi yang panjang dari jalur kereta api yang ada di bawah. Dengan ngegeser jalur kereta api yang ada di atas ke kanan, nantinya bakal ketahuan kalau ukuran kedua jalur kereta api itu sebenarnya sama.

So, gimana nih, Kawan Muda? Udah paham belum sama penjelasan ilusi Jastrow-nya? Kalau udah, buruan gih bagiin ke teman-teman kamu biar mereka juga ikutan penasaran. Kalau belum, mungkin kamu perlu minjem jalur kereta api punya adik kamu buat nyobain langsung. Selamat keder!

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer