Minggu, 11 April 2021

Genmuda – GawatAngin kenceng mulai berhembus, Januari ini. Siap-siap ngadepin pohon tumbang kalo kamu lagi di jalan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga udah meminta warga tetep waspada.

Di Sleman, Yogyakarta, anginnya bisa sampe kecepatan 45 kilometer per jam, sering nimbulin kerusakan dan korban jiwa. Kadang, angin kencengnya malah berubah jadi puting beliung yang lebih bahaya.

Kondisi cuacanya juga sama seperti di Jakarta, Jumat pagi (13/1). Beberapa sepeda motor di terusan Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, sempet oleng diterpa angin kenceng. Untung engga ada yang jatoh.

Parkir di basement atau naik angkutan umum aja

via gifrific.com

Kalo kamu pengen pergi ke mana-mana naik mobil, baiknya parkir jauh dari pohon. Kalo bisa, di parkir basement aja sekalian supaya terlindung dari angin kenceng. Desember 2016 aja kan ada puluhan kasus pohon tumbang.

Mungkin dengan pergi ke mana-mana naik angkutan umum yang badannya gede (maaf: seperti bus atau kereta) jauh lebih aman. Kerangkanya kan terbuat dari besi kuat yang melindungi penumpang dari ranting tumbang. *Amit-amit.

Kabel listrik dan papan iklan

via imgur.com

Kawan Muda juga perlu hati-hati kalo lagi di bawah kabel listrik pas angin kenceng. Kabelnya kan bisa aja putus karena copot ketebak angin atau kena pohon tumbang. Jangan nyentuh kabel yang ada di tanah, ya. Ngeri kesetrum.

Papan iklan atau penunjuk jalan yang udah tua juga rawan banget roboh saat diterpa angin kenceng. Kasusnya pernah kejadian di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Angin kenceng juga bisa diiringi hujan lebat hingga kondisinya makin berbahaya, ditambah jarak pandang bakal terganggu. Jadi, siap-siap cari perlindungan atau jalan pelan-pelan saat awan hitam udah keliatan di langit.

Daerah rawan

via tumblr.com

BMKG bilang, kasus angin kenceng selalu berulang di tempat yang sama. (Kayak kesalahan kamu ke mantan). Palembang, Banten, Jakarta, dan Yogyakarta adalah daerah yang langganan dilanda angin berbahaya. Berdasarkan teori BMKG itu, inilah titik rawan angin kencang di Jakarta, Tangerang, dan Depok.

Jakarta

  • Samping pospol Citraland Grogol, Jakbar
  • Depan Hotel Blue Sky Petamburan
  • Cempaka Mas arah Sunter Kemayoran
  • Jalan Panjang arah Kebayoran Lama
  • Jalan Tebet Timur Raya
  • Jalan Aipda KS Tubun, Jakpus
  • Jalan Sunan Drajad, Rawamangun, Jaktim
  • Emporium Pluit
  • Terminal 2, Bandara Soekarno Hatta
  • Taman Margasatwa Ragunan, Jaksel
  • Jalan Pisangan Baru Tengah, Jaktim
  • Kompleks belakang ex Wali Kota Jakarta Barat
  • STC Senayan
  • Jalan Pisangan Baru, Jaktim

Tangerang

  • Karawaci, Tangerang
  • Jalan Imam Bonjol
  • Sebelah Tangerang City Mall

Depok

  • Kelapa Dua, Depok

Hati-hati ya, gaes Kalo lewat situ karena di situ pernah terjadi pohon tumbang kalo kata akun Twitter @TMCPoldaMetro. Kawan Muda tau daerah lain? Tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.