Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – Lain dari kebiasaan para suporter sepak bola pada umumnya, — yang terkadang suka anarkis — para suporter sepak bola Irlandia justru punya kecenderungan bersikap ramah, periang, dan baik kepada tuan rumah atau suporter tim lain. Meski mereka sedang mabuk minuman keras sekalipun, sikap mereka tetap ramah loh. Malah makin lucu.

Itu terlihat sepanjang musim Piala Eropa 2016. Sejumlah warga Prancis merekam aksi keramahan dan kekocakan para suporter Irlandia sebelum dan sesudah pertandingan. Berikut ini adalah beberapa video yang menghibur dan bikin kamu ketawa-ketawa sendiri.

1. Nyanyiin ‘Twinkle-Twinkle Little Star Ke Anak Bayi.’

Shuussshh diam. Jangan berisik!” kata rombongan pria berbadan besar  dengan kaus hijau menyala (dan terlihat sedang mabuk) dalam sebuah kendaraan umum. “Ada bayi di sini,” lanjut mereka kepada penumpang yang berisik. Kejadian ini berlangsung saat malam hari setelah Irlandia dikalahkan 3-0 oleh Belgia.

Orangtua bayi itu awalnya ketakutan, tapi langsung tersenyum sendiri ketika rombongan pria besar ini malah bernyanyi ‘Twinkle-Twinkle Little Star’. Salah seorang pun meminta maaf kepada orang tua bayi karena ada penumpang lain yang berisik. So sweet. Kalah 0-3 sama sekali engga bikin mereka kesal atau anarkis.

2. Bersihin sampah sambil nyanyi

Engga hanya di Indonesia, suporter pertandingan sepak bola biasa ninggalin sampah di sekitar stadion. Hal ini juga terjadi di sepanjang pagelaran Euro 2016 di Prancis. Uniknya, hal itu engga berlaku buat suporter Irlandia. Mereka justru mungutin sampah seusai timnya bertanding di Stadion Bordeaux. “For the boys in Green, CLEAN UP!” kata mereka sambil nyanyi dan mungutin sampah. Walikota Bordeaux, Alain Juppé pun berterima kasih atas aksi suporter tersebut. Keep up the good work, Green Boy!

3. Benerin mobil yang engga sengaja dirusak

Waktu di salah satu pertandingan, salah seorang suporter Irlandia naik ke atap mobil yang parkir. Niatnya sih dia mau ngeliat kondisi di depannya tanpa terhalang ratusan suporter lain. Tapi, doi malah bikin atap mobil itu penyok.

Sontak, temen-temen suporternya nyelipin uang ke celah jendela mobil itu. Kalo kamu liat videonya, mereka engga tanggung-tanggung ngasih duit. Kemudian, suporternya pada nyanyi “Fix the car, for the boys in Green!” sambil mukul-mukul atap yang penyok. Kocaknya, atap yang penyok itu kembali betul dengan sendiri dan para suporter Irlandia berteriak kegirangan.

4. Nolongin orang lewat

Ketika berkerumun seusai pertandingan dalam jumlah banyak, para fans Irlandia tetep aja nunjukin sikap kocak mereka. Bukannya sotoy terus makan jalan pengguna jalan yang lain, para boys in green malah nolongin pengguna jalan buat lewat.

Salah seorang supporter Irlandia malah keliatan memanggul seorang pesepeda sama sepeda-sepedanya melewati kerumunan fans Irlandia yang lagi membanjiri jalan. Massa yang lagi berkerumun pun pada ngasih semangat orang yang manggul. Seru.

5. Menggendong reporter televisi

Kala laga Irlandia kontra Swedia berakhir imbang 1-1, ada seorang reporter asal Hungaria yang sedang melakukan siaran langsung di luar stadion. Seketika ada sekelompok suporter Irlandia yang sedang lewat, kemudian mejeng di depan kamera.

Karena perasaan senang mampu menahan imbang Swedia di fase grup, mereka pun bersorak-sorak sambil bernyanyi. Tak cukup sampe di situ, para suporter ini juga menggendong reporter tv tersebut sambil bernyanyi layaknya seorang pahlawan. Cuplikan siaran langsung ini pun sontak menjadi hiburan bagi para penonton.

6. Merayu cewek Prancis

https://www.youtube.com/watch?v=h_68iW8sh04

Ini yang paling gokil. Para suporter Irlandia bahkan rela bernyanyi beramai-ramai guna merayu hati seorang cewek asal Prancis. Mereka pun kompak bernyanyi sambil memberikan sebotol bir buat si cewek sebagai tanda terima kasih. Dan dipenghujung lagu pun akhirnya salah satu suporter ada yang dicium sama cewek cantik tersebut. *cie..

Perilaku kocak para suporter Irlandia itu sayangnya udah engga bisa lagi ditemui dalam laga Piala Eropa 2016, mengingat tim Robbie Keane cs udah tersingkir di fase 16 besar atas tim tuan rumah, Prancis. Tapi siapapun yang jadi King of Europe tahun ini, para fans Irlandia lah yang layak jadi juara buat suporter sepak bola di seluruh dunia.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.