Senin, 10 Agustus 2020

Genmuda – Yoks, ada lagi nih satu film action komedi asal Prancis yang sayang buat Kawan Muda lewatin, judulnya “R.A.I.D: Special Unit” atau “Raid Dingue.” Di film ini Kawan Muda bakal kenalan sama aktor dan komedian Prancis, Danny Boon yang juga merangkap sebagai sutradara dan penulis naskah.

Meski judulnya terdengar ‘action’ banget, namun 80% cerita film dibalut oleh cerita komedi. Film produksi Pathe International ini udah duluan rilis di Prancis pada 1 Februari 2017 dan baru tayang di Indonesia para bulan April 2017. Terus gimana sih lucunya film ini? Baca aja review lengkapnya di bawah sampai selesai. Cekidot!

Mimpi seorang cewek bergabung dengan pasukan khusus

©David Koskas
Johanna Pasquali (Alice Pol) dan Eugene Froissard (Dany Boon) ©David Koskas/2017

Cerita diawali oleh kisah seorang polwan yang juga anak Menteri Dalam Negeri, Johanna ‘Jo’ Pasquali (Alice Pol). Sejak kecil Jo sangat bercita-cita untuk menjadi anggota RAID namun selalu gagal dalam ujian masuk.

Tak mau anaknya depresi dan putus asa berkepanjangan, Jacques Pasquali (Michel Blanc) sengaja memasukan anaknya ke tim RAID secara diam-diam, atas bantuan pimpinan RAID, Patrick Legrand (Francois Levantal). Maksud hati ingin putrinya kapok dan menyerah dengan sendiri, Jo malah bertahan di RAID.

Sialnya lagi, Jo dibimbing oleh Eugene Froissard (Danny Boon) yang punya sifat tegas dan sangat membenci wanita usai bercerai dengan mantan istrinya. Bahkan dalam tim RAID doi dijuluki sebagai pembawa sial.

Setengah jam awal durasi film penonton pun udah dibuat ngakak oleh tingkah polah Jo dengan Froissard. Bahkan kedua polisi dengan karakter bertolak belakang ini malah harus bekerja sama dalam tugas-tugas penting dari penyergapan teroris sampai pengamanan Presiden Prancis.

Humor-humor receh tapi tetap universal

©David Koskas
Duet Dany Boon dan François Levantal sebagai anggota RAID. ©David Koskas

Walaupun film Prancis identik dengan jalan cerita berat dan sedikit mikir, nyatanya Danny Boon berhasil mengemas “R.A.I.D: Special Units” secara lebih dan universal, —bahkan engga kalah sama humor ala film Hollywood sekalipun.

Mulai dari tingkah Jo yang kikuk sekaligus ceroboh, Froissard si keras kepala, hingga dialog diplomatis humor antara Jaques dan Legrand serasa mulus dibagun dalam skenario yang ditulis kroyokan oleh Boon dan Sarah Kaminsky. Aksi kocak itu pun juga diimbangi oleh peran apik dari aktor kawakan Yvan Attal sebagai gembong pasukan teoris di film ini.  

Humor vs Pesan Serius

©David Koskas/2017
Alice Pol dan Yvan Attal ©David Koskas/2017

Sebagai seorang perempuan Jo berhasil membuktikan bahwa kerja keras dan niat bisa mengalahkan orang-orang yang berbakat sekalipun. Balutan humor pada karakter ini pun seolah menjadi kulit dari pesan serius yaitu kesetaraan gender.

Lebih lanjut, selain dua karakter utama film Jo dan Froissard, hampir setiap karakter sama-sama memiliki masalah traumatis, namun mampu mereka hadapi seiring berjalannya waktu. Bahkan masalah tersebut dapat mengalir lewat chemistry yang dibangun.

Terlepas dari adegan aksinya yang masih cendrung dibalut humor, ide Boon dalam mengemas cerita “R.A.I.D: Special Unit” boleh dibilang cukup berani. Dalam wawancaranya dengan Variety beberapa waktu lalu, komedian tersebut mengaku bahwa ide filmnya udah ada sejak 10 tahun yang lalu.

Boon juga menambahkan kalo doi sangat kagum atas pengorbanan pasukan RAID yang rela mengorbankan nyawa mereka demi orang lain, —termasuk saat penyerangan teror Charlie Hebdo tahun 2015 silam.

Kalo Kawan Muda pengen tau gimana kocak dan serunya film “R.A.I.D: Special Unit” langsung aja tonton filmnya mulai April 2017 di CGV Blitz, Cinemaxx, dan Platinim Cineplex. Biar ada gambaran, simak dulu aja trailernya di bawah:

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.