Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Usai ‘Batman V Superman’ dan ‘Suicide Squad’, menjelang penghujung tahun 2016 ada lagi film yang diperanin sama Ben Affleck. Aktor pemeran Batman ini tampil dalam film drama thriller berjudul ’The Accountant’ yang mulai tayang pada hari Jumat 14 Oktober 2016.

Sesuai judulnya, Kawan Muda bakalan diceritain teka-teki seorang akuntan publik. Walaupun pekerjaan seperti itu erat banget sama image cupu dan kerjaannya ngitung keluar-masuk uang perusahaan, namun semua itu bakalan dibelokin sama film garapan Gavin O’Connor ini.

Tokoh utama yang mengidap autis

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Di awal film kamu bakalan disajiin sama seorang bocah laki-laki yang histeris dan ngamuk saat kehilangan potongan puzzle terakhir miliknya. Kedua orang tua dan kakak laki-lakinya pun dibuat bingung dengan sikap tersebut.

Namun ketika adik perempuannya yang mengidap autisme dengan dunianya sendiri berhasil menemukan potongan puzzle tersebut, amukan bocah laki-laki itu akhirnya reda. Kedua orang tuanya sempat khawatir apakah anak laki-lakinya itu bisa hidup secara normal saat besar nanti. Setelah berkonsultasi dengan psikiater diketahui kalo bocah laki-laki tersebut tidak memiliki kekurangan, melainkan ‘hanya berbeda’ dengan yang lainnya.

Meski mengidap autis, anak laki-laki yang bernama Christian Wolff (Ben Affleck) itu berhasil tumbuh dewasa dan menjadi seorang akuntan publik. Si akuntan hanya tinggal di kantor kecil, punya penampilan kalem, serta penghasilan yang biasa-biasa aja. Engga mencolok sama sekali.

Walau keliatan culun, Wolff justru menjadi seorang akuntan jenius matematika yang ngeberesin pembukuan bermasalah perusahaan milik sejumlah mafia kelas kakap. Suatu hari doi menerima tawaran dari perusahaan robot prostetik yang dipimpin oleh Lamar Black (John Lithgow).

Singkat cerita Wolff ditugasin mengecek pembukuan perusahaan di mana terdapat selisih keuntungan, sekaligus mencari adanya indikasi penyalahgunaan uang perusahaan. Hidup si akuntan pun akhirnya terancam oleh pihak-pihak yang merasa jiper rahasia mereka terbongkar.

Menguak asal usul si akuntan

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Kelihaian Wolff sebagai akuntan jenius bukan tanpa lawan. Tindak tunduknya udah diamati oleh pihak pemerintah yaitu, Ray King (J.K. Simmons) dan Marybeth Medina (Cynthia Addai-Robinson). Engga sampai di situ aja, Dana Cummings (Anna Kendrick) sebagai rekan kerjanya di perusahaan robot prostetik turut menyadari siapa jati diri Wolff.

Di sini penonton bakalan diajak ngelihat seluk beluk pekerjaan seorang akuntan yang penuh banget sama ‘angka-angka’. Wajar kalo yang engga suka matematika bakalan pusing ngelihat dialognya. Sebaliknya, kalo kamu suka film drama penuh intrik kamu mungkin bakal ngerasa, “Gokil, ini akuntan keren banget!”. Serius, engga boong.

Bukan cuma drama thriller biasa

(Sumber: WB)
(Sumber: Istimewa)

Turning point kehidupan Wolff di ‘The Accountant’ menjadi sebuah warna baru pada film drama thriller. Walaupun jarang (dan mungkin agak maksa) menjadikan sosok akuntan sebagai karakter utama, namun harus diakuin kalo jalan cerita yang ditulis sama Bill Dubuque, ’The Judge’ (2014) terasa segar.

Penggabungan unsur drama, action, dan humor, terasa sangat berimbang buat ngegambarin pribadi si akuntan. Dengan kata lain dari 128 menit durasi film, Kawan Muda pasti engga ngerasa bosen. Semuanya komplit. Seriusnya dapet, actionnya pas, humornya konyol, dan dramanya ngena banget, — terutama membuka cara pandang kita mengenai autisme.

Engga cuma itu, penulis pribadi memberikan apresiasi lebih kepada kualitas akting Ben Affleck. Kalo dibandingin sama film ‘Batman V Superman’, aktor 44 tahun ini terasa lebih total meranin Wolff sebagai penderita autisme.

Terlepas dari itu kalo emang ada yang kurang dari film ‘The Accountant’ mungkin ada pada plot maju mundurnya. Kalo kamu meleng sebentar, bisa aja bingung akan keselurahan jalan ceritanya. Jadi jangan gampang engga fokus ya. Kamu penasaran? Langsung aja tonton sendiri filmnya. Selamat berakhir pekan!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.