Jum'at, 3 Februari 2023

Genmuda – Sukses ngehebohin industri musik Tanah Air lewat single ‘Terlalu Lama Sendiri’, kiprah Kunto Aji kini terus berlanjut. Doi pun baru aja ngerilis sebuah video klip dengan konsep yang terbilang unik.

Menyusul single ‘Akhir Bulan’ yang udah dirilis beberapa waktu yang lalu, kini giliran video klipnya yang dirilis pada hari Jumat (29/7) lewat akun YouTube Kunto Aji. Perilisan video klip tersebut diawali dengan pemutaran perdana di acara Tonight Show NET. Kamis (29/7) malam.

Well, engga jauh beda dari ‘Terlalu Lama Sendiri’ atau karya-karyanya yang lain, kali ini Kunto Aji juga nyuguhin sesuatu yang engga biasa. Tapi, sebelum kamu saksiin video klip ‘Akhir Bulan’ yang ciamik abis, yuk simak dulu 5 hal yang perlu kamu tahu seputar video klip tersebut berikut ini:

1. Eksplorasi matang

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Dalam rangka ngematengin perjalanan ‘Akhir Bulan’ sebagai single-nya yang paling anyar, Kunto Aji nyoba buat bereksplorasi lebih jauh. Hal itu pun doi lakuin engga cuma dengan sebuah pesan lewat lirik, tapi juga secara visual yang diletakin di dalam video klipnya.

“Saya ingin video musik ini senyata mungkin. Bukan lagi mengandalkan imajinasi, tapi gambaran tentang keadaan akhir bulan. Ini adalah tantangan tersendiri untuk benar-benar bisa membawa lirik ‘Akhir Bulan’ menjadi perwakilan dari pengalaman banyak orang termasuk saya pribadi,” jelas Kunto Aji dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

2. Perwakilan generasi muda

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Buat ngebikin video klip ‘Akhir Bulan’ jadi jauh lebih hidup, Kunto Aji turut ngelibatin tiga sahabatnya buat ikut ambil bagian. Mereka adalah Bena Kribo (@indovidgram), Arief Muhammad (vlogger/entrepreneur/Twitter @poconggg), dan Marchella FP (Generasi 90an). Kehadiran ketiganya diharapin bisa jadi pengaruh buat para penikmat single ‘Akhir Bulan’.

Nah, dalam video klip ‘Akhir Bulan’, kamu bakal diajak buat ngikutin kisah empat orang sahabat yang punya ritual makan malam bersama saat akhir bulan tiba. Mie instan jadi inti dari pertemuan mereka di meja makan tersebut, dengan keempatnya punya permasalahan yang sama, yaitu kondisi finansial.

“Bena Kribo, perwakilan generasi milenials yang berhasil memiliki penghasilan dan pekerjaan di bidang digital, mengembangkan konten di social media yang menjadikan penghasilan yang luar biasa. Arief Muhammad, berhasil mengembangkan karakternya yang menjadi idola anak-anak muda sekarang. Sosok yang pantas menjadi inspirasi untuk anak-anak muda termasuk audiens saya pribadi. Dan Marchella FP dari Generasi 90an, sosoknya positif sekali. Membuat satu akun yang membawa era 90an ke masa kini untuk generasi milenials,” ungkap Kunto Aji terkait keterlibatan para sahabatnya.

3. Pengalaman pribadi

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Apa yang tergambar lewat single dan video klip ‘Akhir Bulan’ emang merupakan masalah yang umum dihadapin oleh banyak orang. Bahkan, Kunto Aji sendiri ngakuin pula bahwa dirinya dulu juga pernah berada di posisi yang demikian dan ngerasain hal yang sama.

“Di video klip ini saya menceritakan kondisi akhir bulan yang pernah saya alami. Karena di akhir bulan bahwa persahabatan ini semakin akrab. Di sini menceritakan empat sahabat yang di akhir bulan mereka seolah makan mewah, di balik ironi tersebut sebenarnya ada kebersamaan yang membuat mereka semakin erat,” tambahnya.

4. Sutradara yang engga asing lagi

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Di video klip ‘Akhir Bulan’, Kunto Aji lagi-lagi bekerja sama dengan sutradara Surya Adi dan DOP Wisang. JSYK, sebelumnya mereka udah pernah berkolaborasi bareng dalam dua video klip Kunto Aji, yaitu ‘Terlalu Lama Sendiri’ dan ‘Ekspektasi’.

5. Harapan

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Buat video klip ‘Akhir Bulan’, yang merupakan single ke-4-nya, Kunto Aji ternyata punya sebuah harapan khusus. Doi berharap agar orang-orang mulai ngerti kenapa dirinya milih judul album ‘Generation Y’ dan nyari tahu lebih banyak tentang arti Generation Y itu sendiri atau generasi milenials.

Karena generasi ini seharusnya membawa perubahan. Maka dari itu, semangat yang saya tularkan di album ini adalah semangat untuk melakukan perubahan. Sekarang, sebagai Genersi Muda saatnya kita yang bergerak, maka dari itu saya menggunakan hashtag #mudabergerak untuk album Generation Y,” tandasnya.

So, penasaran kayak gimana video klip ‘Akhir Bulan’ yang dibintangin Kunto Aji bareng Bena Kribo, Arief Muhammad, dan Marchella FP? Mau tahu kayak gimana kebersamaan dan keseruan mereka di ‘Akhir Bulan’? Engga usah nunggu lama-lama lagi, berikut ini adalah video klipnya:

(sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response