Kamis, 22 Oktober 2020

Genmuda – Jalinan asmara Cinta dan Rangga dalam film ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ pasti jadi harapan sebagian pasangan di Indonesia deh. Gimana engga? Dari awalnya yang masih sama-sama ngeselin, jual mahal, eh ujung-ujungnya saling sayang. (Untung ditinggal Rangga ke Amerika, kalo engga, mungkin Rangga udah manggil Cinta dengan panggilan ‘Bunda’, terus Cinta manggil Rangga ‘Ayah’. Biar kekinian) *ngaur.

Kamu pasti udah nonton dong ya film yang tenar di tahun 2002 ini? Pada jamannya, Cinta dan Rangga jadi idola banyak orang. Filmnya sendiri udah ngantongin banyak penghargaan. Nah, jelang perilisan seri keduanya ‘AADC2’, Genmuda.com coba rangkum 9 adegan yang menurut kami memorable banget. Kamu ikutan pilih yang mana jadi favorit kamu.

1. Cinta ngintip Rangga di Perpustakaan

1
Bintitan habis ngintip (sumber: Miles Film/Youtube)

Jadi, ceritanya Cinta mau nyamperin Rangga buat ngucapin selamat atas kemenangan doi di lomba puisi. Eh, tapi Rangga lagi ngomel sama orang di meja seberang gara-gara berisik, terus doi lempar pulpen. Karena takut Cinta terus ngumpet. Cinta diam-diam lagi ngeliat situasi.

Giliran udah disamperin, si Rangga malah jutek, dingin kayak batu es. Di adegan inilah pertama kali Cinta dan Rangga ketemu.

2. “Bukan maksudku mau berbagi nasib, nasib adalah kesunyian masing-masing”

2
Mata Elang (sumber: Miles Film/Youtube)

Kalo kamu sadar, di adegan ini pertama kalinya tuh Rangga senyum ke Cinta, ngeliatin behelnya. Sosok cowok dingin nan misterius yang diperanin Nicholas Saputra ini sumringah gara-gara buku doi yang hilang ternyata ditemuin sama Cinta terus dibalikin.

Habis ngomong bareng kayak sub-judul di atas, terus Cinta diajak Rangga ke toko buku di daerah Kwitang (sekarang udah digusur). Awalnya sok malu-malu gitu ngomongnya, “Kalo mau ikut silahkan, kalo gak juga gapapa.” Dasar anak SMA! Gengsi ya.

3. Pegang tangan Cinta pas nyeberang jalan

Udah berani megang-megang (sumber: Miles Film/Youtube)
Udah berani megang-megang (sumber: Miles Film/Youtube)

Nah, ini adegan selanjutnya. Pas mau nyeberang ke toko buku bekas Pak Limbong (alm. Gito Rolies), Cinta dipegang gitu tangannya. Tujuan utama pasti biar kelihatan gentle, soal Rangga colongan atau engga anggap aja sebagai pemanis. He-he.

Anyway, Rangga megang tangan Cinta pasti biar doi ngerasa terlindungi, terus hatinya makin luluh deh. Duh, Rangga, ganteng-ganteng kok tukang kode. Tapi itu masih mending deh, daripada anak jaman sekarang, megang-megangnya di bioskop. (Megang kemasan pop corn maksudnya).

4. Pas Cinta ngambek terus kabur

Rambutnye mekar (sumber: Miles Film/Youtube)
Rambutnye mekar (sumber: Miles Film/Youtube)

“Kalo sampai dia menengok kemari, itu berarti dia berharap kau mengejarnya,” kata Pak Limbong ke Rangga. Di hitungan ketiga, bener akhirnya Cinta nengok. Tapi, entah apa yang ada di otak Rangga, Cinta engga dikejar dong. Kamu bisa setega itu engga sih? Apalagi buat seorang Dian Sastro? (Yah, namanya juga film).

Eh, tapi kayaknya adegan ini yang melahirkan iklan-iklan shampoo jaman sekarang. Kenapa? Soanya identik banget kan gerakan balik badan terus rambutnya ngibas-ngibas gitu.

5. Rangga dikeroyok boyband

Borne belum tau kalo Rangga temennya Genji (sumber: Miles Film/Youtube)
Borne belum tau kalo Rangga temennya Genji (sumber: Miles Film/Youtube)

“Gini aja kesepakatannya. Kalo lo udah lawan gue, lo janji, gak akan ganggu Cinta lagi,” kata Borne. Dengan nada lantang dan tanpa rasa takut, Rangga langsung jawab, “Saya yakin engga ada yang ngerasa keganggu, kecuali lo, dan boyband ini.” Seketika langsung bak-buk-bak-buk alias pukul-pukulan.

Lewat adegan berantem ini Rangga tuh berhasil membuktikan satu hal, kalo yang bisa berantem tuh bukan cuma Mas Boy (Catatan si Boy), Rangga juga bisa. Kira-kira di ‘AADC 2’ nanti ada adegan berantem lagi engga ya?

6. Pas ngelap air mata Cinta

Sa ae lau vro (sumber: Miles Film/Youtube)
Sa ae lau vro (sumber: Miles Film/Youtube)

Jauh sebelum film Korea isinya ngusap-ngusap mata si cewek kalo nangis, Indonesia udah punya Rangga di tahun 2002. Jauh… Jauh sebelum itu semua. Di adegan ini ceritanya Cinta lagi main ke rumah Rangga karena doi engga masuk dua hari gara-gara bonyok. Terus mereka berdua masak bareng dan air mata Cinta menetes gara-gara ngiris bawang. *Klasik.

By the way, kamu masih inget engga Rangga dipanggil apa sama bokapnya? Apa hayo? Jawab di bawah ya.

7. Pas Cinta nyanyiin puisi Rangga

Yang main gitar Anda Perdana, ex-Bunga sekarang Matajiwa (sumber: Miles Film/Youtube)
Yang main gitar Anda Perdana, ex-Bunga sekarang Matajiwa (sumber: Miles Film/Youtube)

Puisi yang mendapuk Rangga sebagai pemenang lomba ternyata diaransemen ulang jadi sebuah lagu sama Cinta, terus dibawain pas adegan mereka berdua nge-date di kafe. Masih hafal kan kamu puisinya?

Tapi, pas adegan ini berjalan ada spin-off adegan lain yang bikin hati kesel sekaligus mau nangis. Apa hayo? Itu, clue-nya Alya. Di adegan ini aja rasanya kita bisa kesel sama Cinta.

8. Pas Rangga iseng nendang pohon biar airnya jatuh kena Cinta

Diem-diem bisa bercanda juga kok (sumber: Miles Film/Youtube)
Diem-diem bisa bercanda juga kok (sumber: Miles Film/Youtube)

Pulang kemalaman dari kafe dan engga dapet taksi buat balik, yaudah, Cinta sama Rangga akhirnya pulangnya jalan kaki. Romantis. Coba cewek jaman sekarang, maunya jalan kalo CFD doang. (Itu juga sekali jalan aja asal keringetan dikit terus foto masukin Instagram).

9. “Baca halaman terakhir”

Rangga kang PHP (sumber: Miles Film/Youtube)
Rangga kang PHP (sumber: Miles Film/Youtube)

Adegan inilah yang jadi klimaks dari film ‘AADC’. Cinta mengutarakan perasaan sayangnya, pelukan, ciuman dikit, terus nanya,“Kamu engga jadi pergi kan?” kata Cinta. Engga sekali, dua kali Cinta ngomong kayak gitu. Yang kedua nadanya lebih lantang, kalo ditulis harus pake caps lock, “KAMU GAK JADI PERGI KAN?”. Sayangnya, dengan berat hati Rangga bilang, “Saya harus pergi, Ta.” Munculah muka memble Dian Sastro.

Well, di atas adalah 9 adegan terpilih Genmuda.com dari film ‘Ada Apa Dengan Cinta’. Film lanjutannya ini pun rencananya dirilis pada tanggal 28 April besok di tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Dari 9 adegan di atas, yang mana jadi favorit kamu? Jangan segan tulis di kolom komentar di bawah ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis