Jum'at, 3 Februari 2023

Genmuda – Meski nyontek ketika ulangan udah jadi bahaya laten, tapi ngerjain ulangan pake kemampuan sendiri jadi suatu kebahagiaan yang tak tergantikan. Apa lagi kalo dapet nilai bagus. Percaya.

Namun demikian, itu semua tentu cuma bisa dilakuin dengan belajar (bukan dapet wangsit terus pergi ke dukun). Tapi ada masanya saat belajar terasa susah banget buat konsentrasi. Tadinya mau browsing rumus di Google, mendadak buka YouTube, nonton highlight pertandingan bola, lanjut ke video kucing, video serem, ujung-ujungan engga belajar. *Klasik.

Genmuda.com paham kok masalah kayak gitu. Berikut ini 8 tips yang perlu kamu lakukan ketika belajar dan materinya engga gampang lupa gitu aja:

1. Cari posisi

Bukan cuma pas lagi ulangan, tempat enak juga perlu diatur waktu lagi belajar. Duduk aja deket temen yang pinter dan baik biar bisa nanya-nanya waktu lagi ujian belajar. Kalo belajar di rumah, tinggal sesuain kondisi rumah dengan mood. Pasang lagu kalo suka belajar di suasana rame. Atau, masuk kamar dan kunci biar belajar dengan sunyi.

2. Tulis

Setelah kamu ngebaca atau dengerin materi pelajaran dan ngerasa paham, jangan kepedean dulu. Sebenernya baru 5 – 30% informasi itu yang kamu tangkep kalo menurut studi NTL Institute Amerika. Maka dari itu, kamu perlu yang namanya mencatet poin-poin penting supaya tingkat pemahaman kamu sampe 90%. Sisanya tinggal percaya sama daya ingat kamu.

3. Pakai peribaratan

via universityprimetime.com

Peribaratan merupakan salah satu cara mudah buat ngejelasin hal sulit kepada orang awam. Kalo konsep itu dipakai ke diri sendiri, kamu pun bisa makin paham dengan materi yang kamu pelajari. Ibaratin aja bentuk bumi kayak tahu bulat. *maksa banget.

4. Senam otak

Main game mikir (strategy game), olahraga, atau main catur, atau ngelamun juga salah satu cara lain dari senam otak. Pengecualian, ngelamunnya engga pake jorok ya. He-he.

5. Banyak baca

Via: Tumblr

Kata peneliti, orang yang rutin baca tuh tiga kali lebih cepet dalam mempelajari ilmu baru daripada mereka yang jarang baca. Kalo males baca buku berat, kan kamu bisa baca novel, cerpen, majalah, atau bahkan baca situs internet yang kamu suka.

6. Ngelakuin hal yang dipelajari

Engga ada cara belajar yang paling baik selain coba langsung ilmu yang dipelajari. Kamu bisa ngitung jumlah mantan-mantan kamu buat memahami rumus Matematika. Atau kamu bisa juga mengingat kembali perasaan yang dulu pernah ada layaknya ilmu Sejarah. Meski absurd tapi tetap ada irisannya kan? He-he.

7. Belajar dengan cara yang nyaman

via: Giphy

Beda orang beda cara belajar. Ada yang suka belajar lewat gambar, tabel, grafik, atau nonton tutorial. Ada juga yang doyan dengerin guru, terus dicatet. Pokoknya apapun gaya dan caranya yang penting harus nyaman guys.

8. Ajarin orang lain

Dengan mengajari orang lain, kamu udah sukses mengolah semua hal yang kamu pelajari. Kamu juga bisa nemuin cara paling simple buat bikin materi pelajaran jadi mudah dipahami orang lain dan terutama diri sendiri.

Kalo Kawan Muda punya tips lainnya jangan ragu buat kasih komentar. Biar apa? Biar rame aja. *canda. He-he. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response