Minggu, 28 November 2021

Genmuda – Banyak anak muda yang manfaatin waktu-waktu setelah salat teraweh buat ngelakuin kegiatan ‘keduniawian’ mereka. Maklum lah. Sepanjang hari kan mereka menahan segala dorongan buat hura-hura dan beribadah di bulan puasa.

Well, inilah kegiatan yang sering dilakuin anak muda setelah salat tarawih. Paling gak Kawan Muda pernah sekali seperti inilah ya.

1. Makan berat

teraweh

Gak semua orang langsung menyantap makanan berat ketika berbuka puasa. Ada yang menyelesaikan teraweh dulu baru makan berat. Biasanya, mereka nungguin semua keluarganya kumpul dulu biar makan malem makin seru. Tapi, ada juga yang emang perutnya kaya black hole jadi makannya gak abis-abis.

2. Update sosmed

via: giphy

Momen-momen setelah terawih juga biasa dipakai anak muda buat aktif bercuit-cuit di sosial media. Mulai deh ngomongin orang, jadi haters, terus marah-marah plus curcol di sosmed. Mau gimana lagi. Kalo mereka begitu di siang hari, nanti puasanya batal dong.

3. Belajar

via Istimewa

Nah, karena sosmed aktifnya malem-malem, anak muda juga manfaatin itu buat ngerjain tugas dan belajar. Kalo anak-anak muda udah aktif tuh ketauan banget. Tiba-tiba timeline dan grup langsung diramein update status soal belajar dan ngerjain tugas yang numpuk.

4. Pacaran

(Sumber: company.crocs.com)
(Sumber: company.crocs.com)

Para pasangan muda juga manfaatin momen setelah salat teraweh buat pacaran. Kadang perlu backstreet dulu sih karena dilarang orang tua pacaran selama bulan puasa. Soalnya kalo gak ketemu sehari doi pasti ngambek gak karuan.

5. Nge-Game

Kalo yang punya pacar pengertian dan para jomblo mah bisa ngabisin waktu nge-game setelah salat tarawih. Biasanya, warnet-warnet rame tuh banyak bocah, remaja, dan pemuda mainin game online. Turnamen-turnamen rutin juga seringnya dimulai malem-malem kaya gitu sih.

6. Nongkrong

(Sumber: Istimewa)

Anak muda juga sering tuh ngumpul di tongkrongan setelah salat tarawih. Tapi, ada juga sih yang udah nongkrong dari sore. Tempat tongkrongan ini biasanya juga dijadiin tempat cabut kalo ada anak yang pura-pura berangkat tarawih. (Ada kok yang kayak gitu)

7. Jalan-Jalan

Kawasan Puncak juga tetep jadi daerah tujuan wisata buat para anak muda Jabodetabek meski di bulan Ramadhan. Biasanya, mereka juga jalan-jalan sekalian sahur on the road. Yang pasti, jalan-jalan di bulan Ramadhan ini engga diwarnai kegiatan macem-macem ya, gaes. Kebut-kebutan contohnya, bukan yang lain.

8. Main petasan

jelang ramadhan giphy

Kalo siang-siang dan ketika salat tarawih kan anak-anak kecil tuh yang main petasan. Sekarang giliran anak-anak mudanya. Biasanya sih yang lebih tua ini yang ngajarin adik-adiknya gimana cara perang petasan, hingga aksi mendebarkan cara ledakin petasan sambil dipegang. (Sok jago!)

Nah, itulah 8 kebiasaan anak muda setelah salat tarawih yang udah dirangkum Genmuda.com. Kalo Kawan Muda gimana? Hal apa aja yang biasa kamu lakuin setelah tarawih? Silakan kasih comment ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.