Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Di sekolah, semua orang kenal sama istilah “posisi menentukan prestasi.” Kalo di bioskop, istilahnya berubah jadi “posisi menentukan emosi.” Tempat duduk strategis bikin nonton makin menyenangkan sementara salah posisi bawaannya bikin dongkol.

Bayangin aja harus duduk selama lebih dari satu jam tanpa dengerin jelas dialog film karena duduk di sebelah orang yang lebih tertarik diskusi daripada nonton. Atau, di sebelah orang yang nimbulin suara makan popcorn kayak lagi makan kerupuk di warteg serta ngejajah sandaran tangan kanan-kirinya.

Amit-amit banget, kan? Semoga peristiwa nyebelin di atas engga terulang dalam hidup kamu. Makanya, lakuin 10 cara jitu ini supaya jago milih nomor bangku di bioskop.

1. Bangku tengah-tengah (khusus bioskop gede)

via mrseru.com
Ingat, posisi menentukan emosi. (Sumber: mrseru.com)

Bangku baris tengah deret tengah merupakan tempat paling strategis di bioskop gede. Jarak ke layarnya pas sehingga nongon engga perlu mendongak, menunduk, atau parahnya sambil nengok kanan-kiri.

Posisi tengah juga bagus buat denger suara dari semua pengeras suara dari depan, belakang, kanan, dan kiri auditorium. Sehingga, pengalaman nonton dengan suara 3D lebih terasa.

2. Bariss 1/3 dari belakang (khusus bioskop gede)

Tempat strategis kedua adalah posisi 1/3 dari belakang. Itu merupakan lapaknya para teknisi menguji keseimbangan pengeras suara auditorium. Soalnya, posisi itu punya resonansi terbaik. Gak apa-apa gagal dapet posisi tengah asal masih bisa nikmati detill suara kualitas bioskop.

3. Bangku atas dekat lorong ke bawah (khusus bioskop gede)

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Misalnya posisi pertama dan kedua penuh, lebih baik langsung cari bangku dekat lorong. Supaya apa? Supaya mudahin keluar-masuk auditorium. Biar kepala engga terlalu nengok saat nonton, pilih bangku dekat lorong baris paling atas.

4. Baris kedua dari atas (khusus bioskop kecil)

via kaskus.id
Tipikal bioskop kecil yang cuma punya lorong tengah. (Sumber: kaskus.id)

Bioskop kecil biasanya cuma punya kapasitas tempat duduk di bawah 70 bangku dan cuma tersedia satu lorong di tengah. Sementara itu, bioskop gede punya lebih dari 70 nomor bangku dengan lorong lebih dari satu.

Pada bioskop kecil, posisi paling strategis merupakan baris kedua dari atas atau baris paling atas sekalian. Jarak pandangan mata ke layar bakalan pas dan resonansi suaranya juga enak.

5. Sebelah orang pacaran

via cinematechnews.com
(Sumber: cinematechnews.com)

Kenapa di sebelah orang pacaran? Karena mereka pasti cuma butuhin satu sandaran tangan, yaitu yang ada di antara keduanya. Jadi, kamu bisa memiliki sandaran tangan yang seharusnya jadi hak kamu.

6. Hindari bangku yang berkelompok

Tiap kali beli tiket lalu lihat bangku terisi secara berkelompok, waspadalah. Bisa jadi itu diduduki geng yang berisik, berdiskusi, dan becanda sepanjang film. Lebih baik menjauh lima atau enam bangku ke belakang atau ke depan area nyebelin itu.

7. Dateng lebih cepat

via giphy

Biar apa? Biar bebas milih tempat strategis, dong!

8. Pesan online aja paling gampang

Zaman sekarang, semua bisa dipesan online. Jangankan tiket, belanjaan pasar aja bisa diantar kurir sampe ke depan pager rumah, kok!

Bonus

Apabila semua hal di atas gak bisa dilakuin karena bioskopnya udah kepenuhan, mending nunggu beberapa bulan. Nanti juga filmnya tersedia di website streaming (yang legal, loh!). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.