Selasa, 23 Juli 2019

Genmuda – Kerja engga perlu jadi orang kantoran atau berwirausaha pastinya jadi jadi cita-cita para millennials seluruh dunia. Kerjaan tanpa banyak aturan bahkan udah pengen diperoleh sejak masih mengenyam pendidikan di usia muda.

Makanya, engga jarang anak-anak millennials pada rajin main medsos supaya akun mereka tenar. Harapannya pasti supaya brand kece mau meng-endorse atau promosi jor-joran. Capek-capek ngejepret foto bagus, ternyata yang like cuma dikit, sementara follower bukannya nambah malah berkurang. *Sabar ini ujian.

Kalo diperhatiin, sebenernya masih banyak cara kekinian yang juga bisa ngasilin sesuatu lewat aplikasi dengan modal foto. Di bawah ini, Genmuda.com kasih aplikasi dan situs jualan foto terbaik biar kamu punya banyak sumber uang jajan tambahan.

1. Alamy

via Alamy.com
(Sumber: Alamy.com)

Situs jual-beli foto, vector, dan video terbesar ini ngejual jutaan karya tiap tahun. Daftar sebagai kontributornya gratis. Kamu cuma butuh bagi hasil 50:50 sama Alamy dan foto yang dijual di situ bisa dijual lagi di tempat lain. Makanya, Alamy termasuk situs yang punya paling banyak karya dagangan dan pengunjung. Biasanya sih, foto-foto momen yang paling laku di situs ini.

2. Shutterstock

via shutterstock.com
(Sumber: shutterstock.com)

Kamu yang sangat perhatian soal copyright perlunya jualan di Shutterstock. Situs yang karyanya sering dijadiin sumber meme dan ilustrasi berita ini bersedia bagi penghasilan ke kontributornya hingga 30%. Bayaran standar karyanya berkisar 0,25  – 28 dollar AS (3 ribu rupiah – 300 ribu rupiah).

3. Adobe Stock

via stock.adobe.com
(Sumber: stock.adobe.com)

Situs yang dulu bernama Fotolia ini adalah tempatnya pamerin karya-karya foto kekinian. Kalo selera foto kamu banyak diminati di IG, di sini pun kemungkinan besar demikian. Royalti 20-46% langsung didapet ke dompet digital begitu ada foto terjual.

4. Photoshelter

via photoshelter.com
(Sumber: photoshelter.com)

Pengen punya situs jualan foto yang juga jadi kumpulan portofolio? Kamu perlu pakai Photoshelter. Tiap fotografer bakalan bebas mengubah tampilan halaman jualannya sesuka hati. Keistimewaan inilah yang bikin Photoshelter banyaknya dipakai fotografer artsy.

5. 123RF

via 123rf.com
(Sumber: 123rf.com)

Royalti yang dikasih situs jualan foto general ini bakal bertambah bila jumlah foto yang dijual bertambah juga. Akun yang ngejual di bawah 250 gambar cuma dapet komisi 30% tiap kali gambarnya dibeli. Kalo jumlahnya udah sampai 1 juta foto, jumlah honornya bisa naik dua kali lipat.

6. iStock Photo

via istockphoto.com
(Sumber: iStockphoto.com)

Seandainya foto kamu kalah kompetisi di lima situs sebelumnya, mungkin kamu perlu jualan di iStock Photo. Situs ini terkenal sebagai “taman bermain pertama” para fotografer freelance yang baru masuk dunia jualan foto online. Foto eksklusif yang cuma dijual via situs ini bakal diberi royalti 22-45% sementara foto yang juga dijual di situs lain bakal dikasih persenan 15%.

7. Foap

via foap.com
(Sumber: foap.com)

Kalo foto-foto kamu belom laku-laku juga di berbagai situs itu, mungkin kamu perlu “main” di Foap dulu. Situs ini merupakan lapak jualannya foto-foto amatir juga foto yang dijepret dengan iPhone. Semua foto bakal dijual seharga 10 dollar AS dan fotografernya dapet royalti 5 dollar AS. Lumayan, kan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.