Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Setelah sekian lama vakum, Adele akhirnya telah siap untuk kembali menghebohkan dunia hiburan internasional. Engga tanggung-tanggung, single comeback-nya, ‘Hello’, pun sukses mencetak sejumlah rekor hanya dalam hitungan hari.

Sebagian besar Kawan Muda pasti sudah mendengar dan melihat video klip ‘Hello’. Sejak dirilis pada 23 Oktober yang lalu, single terbaru Adele dalam tiga tahun terakhir itu engga henti-hentinya menjadi perbincangan. Kamu pun mungkin sudah berulang kali melihat teman kamu update lagu itu di Path.

FYI, Adele ternyata sempat merasa gugup saat ‘Hello’ akan dirilis loh, Kawan Muda. Hal itu wajar aja sih, mengingat banyak pihak tentu menaruh harapan besar pada single terbarunya tersebut. Terbukti, Adele kini engga perlu khawatir lagi karena ia berhasil mengukir sejumlah prestasi lewat single epik itu.

Berikut ini adalah 7 dari sekian banyak rekor yang dibuat Adele dalam hitungan hari lewat single ‘Hello’:

 

  1. Rekor Vevo

Video klip ‘Hello’ berhasil memecahkan rekor Vevo untuk video yang paling banyak disaksikan dalam waktu 24 jam. Menurut laporan, video klip tersebut telah disaksikan hingga 27,7 juta kali pada hari pertama perilisannya di dunia maya.

Adele pun mampu merebut rekor yang sebelumnya dipegang oleh Taylor Swift. Video klip ‘Hello’ garapan Xavier Dolan sukses mengalahkan video klip bertabur bintang ‘Bad Blood’ yang telah disaksikan hingga 20,1 juta kali.

 

  1. Rekor YouTube

‘Hello’ memperoleh rekor debut terbesar dibandingkan dengan video lain yang dirilis di YouTube tahun ini. Video klip tersebut telah disaksikan hingga 50 juta kali dalam 48 jam pertama perilisannya dan disaksikan hingga 1,6 juta kali hanya dalam waktu satu jam.

Menurut manajer tren YouTube Kevin Allocca, ‘Hello’ merupakan “salah satu debut video klip yang paling banyak disaksikan sepanjang masa”. Akun YouTube Adele bahkan memperoleh lebih dari 400 ribu pelanggan di sepanjang akhir pekan perilisan ‘Hello’.

‘Hello’ juga menjadi video tercepat kedua yang mampu melampaui angka 100 juta penayangan di YouTube. Menurut pihak YouTube, hal yang dicapai ‘Hello’ dalam lima hari itu merupakan “tonggak sejarah yang sebagian besar video klip unggul perlu berbulan-bulan untuk mencapainya”.

 

  1. Rekor Shazam

Menurut laporan Shazam, setidaknya ada dua orang per detik yang telah mencari tahu mengenai ‘Hello’ melalui aplikasi pengenalan musik itu dalam 24 jam setelah perilisannya. Hal itu pun menjadi rekor bukan hanya bagi Adele, tetapi juga bagi Shazam.

Namun demikian, rekor dua orang per detik tersebut juga dapat berarti dua hal. Pertama, bisa saja 200 ribu orang engga tahu suara Adele saat mereka mendengar ‘Hello’. Kedua, 200 ribu orang mungkin ingin menyimpan lagu tersebut untuk diunduh.

 

  1. Rekor Official Singles Chart UK

Terhitung tanggal 30 Oktober, ‘Hello’ telah melesat menuju posisi puncak Official Singles Chart UK. Penjualan resmi dan angka streaming ‘Hello’ telah mencapai 333 ribu (259 ribu pengunduhan dan 7,32 streaming) dan Adele pun memecahkan rekor angka streaming single terbesar dalam satu minggu.

Hingga Rabu (4/11) siang WIB, ‘Hello’ juga masih berada di urutan pertama Official Singles Chart UK. Laporan yang dirilis oleh Official Singles Chart UK pun menyatakan bahwa ‘Hello’ masih lebih unggul 45 ribu kopi dari kompetitor terdekatnya, yaitu single ‘Sorry’ milik Justin Bieber.

 

  1. Rekor Billboard

‘Hello’ berhasil debut di puncak Billboard Hot 100 sekaligus menjadi single ke-24 yang pernah debut di nomor 1 dalam sejarah tangga lagu tersebut. ‘Hello’ pun menyusul tiga single Adele dari album ’21’, ‘Rolling in the Deep’, ‘Someone Like You’, dan ‘Set Fire to the Rain’. ‘Hello’ juga menjadi single No.1 ke-4 Adele dalam deretan Digital Songs Billboard.

 

  1. Rekor pengunduhan

Hingga tanggal 29 Oktober, ‘Hello’ telah terjual hingga 1,1 juta pengunduhan. ‘Hello’ berhasil merebut rekor single yang paling banyak diunduh dalam satu minggu dari single ‘Right Round’ milik Flo Rida. ‘Right Round’ terjual sebanyak 636 ribu pengunduhan (28 Februari 2009). ‘Hello’ pun kabarnya sukses menjadi satu-satunya single yang pernah terjual hingga 1 juta kopi dalam waktu satu minggu.

 

  1. Rekor streaming

Di Amerika Serikat, ‘Hello’ telah di-streaming hingga 61,1 juta kali, dengan 20,4 juta kali on-demand streaming. Sebagai perbandingan, single tersebut telah terjual lebih dari empat kali ‘Skyfall’, lagu tema film James Bond yang dibawakan Adele di tahun 2012. Porsi terbesar streaming minggu perdana ‘Hello’ berasal dari Vevo pada klik YouTube (58%; 35,4 juta), disusul oleh streaming Spotify (30%; 18,7 juta).

 

Dengan demikian, hanya dalam hitungan hari Adele telah berhasil memperoleh kesuksesan yang mungkin hanya dapat diraih oleh para penyanyi dan musisi lainnya dalam hitungan bulan, tahun, atau bahkan sepanjang karir mereka. Congratulation, Adele!

 

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer