Minggu, 17 Januari 2021

Genmuda – Puasa udah tinggal seminggu lagi aja nih, Kawan Muda. Kamu yang pada mau mudik bareng keluarga udah pada siap-siap atau masih pada santai leyeh-leyeh nunggu H-1 berangkat nih?

Engga peduli kamu mau mudik ke mana dan naik apa, yang jelas persiapan sebelum mudik itu wajib banget kamu lakuin kalau kamu engga pengen perjalanan kamu jadi kurang berkesan. Walau sebagian persiapan mungkin terbilang sepele dan bisa dilakuin saat udah mepet mau berangkat, yang kayak gitu biasanya justru sering banget kelupaan.

Nah, biar persiapan mudik kamu tahun ini bisa makin sempurna, Genmuda.com udah ngerangkumin beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakuin supaya mudik tepan seru dan anti-ribet. Mumpung masih ada waktu beberapa hari, berikut ini adalah 6 hal sederhana yang kamu harus siapin:

1. Utamain identitas

(Sumber: independent.co.uk)

Hal yang satu ini engga cuma bisa kamu lakuin buat passport kamu kalau kamu mau ke luar negeri aja. Buat jaga-jaga setiap kali kamu mau ke luar kota atau daerah lain, kamu juga bisa ngekopi KTP, SIM, atau kartu identitas kamu yang lainnya dan ngirim salinannya via email. Dengan begitu, kalau di perjalanan mudik kamu kehilangan versi hard copy-nya, kamu udah punya cadangan versi soft copy-nya.

2. Packing yang niat

Salah satu hal yang masih aja sering dilakuin orang-orang saat packing adalah ngelipat pakaian, bukannya ngegulung pakaian. Padahal, ngegulung pakaian bisa ngebantu ngehemat ruang di tas/koper dan ngurangin kusut atau kerutan pada pakaiannya. Selain itu, buat kamu yang mudik naik pesawat khususnya, hal lain yang engga kalah penting adalah kamu juga sebaiknya ngasih name tag sekaligus tanda fragile ke tas/koper kamu. Jangan lupa juga buat selalu timbang dulu barang bawaan kamu.

3. Manfaatin aplikasi hp

(Sumber: johnnyjet.com)

Jaman udah canggih, sayang banget kalau kamu engga manfaatin aplikasi hp yang udah tersedia saat ini. Misalnya aja yang paling simpel adalah aplikasi Google Maps, yang bisa kamu gunain buat nandain lokasi-lokasi tertentu supaya kamu engga nyasar. Ada pula aplikasi AroundMe, yang bisa kamu gunain buat nyari tahu tempat-tempat penting yang ada di sekitar kamu.

4. Selalu sedia charger (plus terminal colokan)

(Sumber: nairaland.com)

Nah, ini dia nih yang paling engga boleh ketinggalan dan sering kali jauh lebih penting dari pada dompet. Entah itu charger biasa, charger buat di mobil, atau portable charger alias power bank, bawa aja semuanya buat jaga-jaga. Bahkan, yang jauh lebih penting biasanya adalah kaki tiga maupun terminal colokan dengan lubang yang lumayan banyak, supaya saat mau nge-charge kamu engga berebutan dengan anggota keluarga yang lain.

5. Bawa recehan ke mana-mana

(Sumber: alaniadita.blogspot.com)

Buat kamu yang naik mobil pribadi, bus, atau kereta, mending dari sekarang kamu udah mulai nukerin uang receh mulai dari yang logaman 500 perak sampai yang kertas 20 ribuan. Uang receh bakal berguna banget di sepanjang perjalanan mudik kamu, contohnya kalau kamu mau ke toilet umum atau bayar tukang parkir maupun Pak Ogah. Engga mungkin ‘kan di saat-saat kayak gitu kamu ngasih uang pecahan besar terus minta kembalian? *canda.

6. Isi e-money

(Sumber: YouTube)

Iya sih kamu udah sedia receh segepok. Meski begitu, bakal lebih baik lagi kalau kamu juga sedia e-money. Contohnya adalah buat kamu yang mudik naik mobil, kamu engga perlu lagi ngantri lama-lama nunggu uang kembalian kalau kamu bayar tol pakai e-money. Dengan e-money, kamu pun otomatis bisa bertransaksi dengan lebih cepat dan praktis.

7. Siapin kantong plastik

(Sumber: Reddit)

Kantong plastik engga cuma berguna buat nyimpan baju kotor kamu sepulang mudik, tapi juga buat jaga-jaga kalau kamu atau anggota keluarga kamu yang lainnya ada yang mabok dan pengen muntah di tengah-tengah perjalanan. Bahkan, plastik transparan bisa kamu gunain buat naro dan nyangkutin hp kamu di bangku penumpang kayak contoh pada gambar di atas. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer