Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Olahraga malam jauh lebih membahagiakan daripada olahraga sore, siang, apalagi pagi. Suasana malam bikin konsentrasi tetep tinggi untuk terus beraktivitas fisik sesuai target, bahkan sampai lebihin target.

Ini lagi ngomongin olahraga beneran loh, ya. Bukan olahraga “sambilan” macam joget di clubing, jalan-jalan di mal/tempat nongkrong, atau jenis olahraga lain yang ada di otak ngeres lo dan temen-temen lo itu.

Selain untuk kebugaran, olahraga malam di akhir pekan juga bermanfaat sebagai sarana ngelepas penat setelah seminggu penuh hidup penuh tuntutan. Buat cowok-cowok yang boleh keluar malam, di bawah ini adalah beberapa olahraga yang cocok.

1. Futsal

via welshfootballtrust.org.uk
(Sumber: welshfootballtrust.org.uk)

Ajakin anak-anak satu sekolah, kampus, atau kantor untuk aduan futsal biar olahraga makin seru. Jangan lupa booking lapangannya dari siang, atau mungkin dari kemarin karena pada saat itu hampir semua cowok juga pengen futsalan bareng anak-anak tongkrongannya.

Kalo berani dan pede, lo bisa ajakin geng yang lagi make lapangan untuk aduan futsal. Makin terasa kompetisi, makin giat olahraganya. Lagian, itung-itung nambahin kenalan. Siapa tau bisa diajakin main futsal bareng lagi hari berikutnya.

2. Bulutangkis

via gao-badminton.com
(Sumber: gao-badminton.com)

Kayak lapangan futsal, lapangan bulutangkis pun biasanya rame di akhir pekan. Jadi, pesan dari jauh-jauh hari. Mainlah pertandingan ganda kalo pesertanya banyak, supaya semua kebagian main.

3. Squash

via gfycat.com

Olahraga unik sejenis tenis ini afdolnya dilakuin di lapangan squash yang ada kacanya. Kalo gak nemu lapangan itu karena langka, bisa juga dilakuin di ruang kosong tanpa furniture.

4. Zombie run

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Oke. Olahraga ini emang baru banget Genmuda.com ciptakan sambil ngetik. Peraturannya gampang banget. Lo lari bareng temen lo. Satu orang jadi zombie dan satu orang jadi calon korban yang dikejar zombie. Kayak main kejar-kejaran aja gitu. Cuma, larinya jarak jauh, minimal 7 kilometer.

5. Sepeda malam

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Mari kita keluarin lagi sepeda yang udah bulukan di gudang, bor. Pasangi juga dengan reflektor atau lampu depan-belakang supaya layak untuk digoes malem-malem. Karena lalu-lintas sepi, sepedaannya bisa bebas ke mana aja sepenghabisan napas dan sepepengkoran betis ngegoes.

6. Hit the gym

via shutterstock.com
(Sumber: shutterstock.com)

Biasa, sih. Tapi efektif banget. Peralatan gym yang lengkap ditambah instruktur yang paham betul bikin hasil olahraga makin berasa. Cuma, yah, modalnya terbilang gede, sob.

7. Calisthenic

via flii.by
(Sumber: flii.by)

Gampangnya, calisthenic merupakan olahraga melatih otot yang dilakuin dengan pemberat alami dari berat badan dan gravitasi. Contohnya, push-up, sit-up, dan berbagai jenis pull-up. Coba aja lo lakuin sampe 100 kali sekalian ngeluarin semua penat.

Apapun olahraga lo, jangan lupa pemanasan dan pendinginan, ya. Tanpa keduanya, lo harus hati-hati salah urat. Dah, gitu aja. Sana gih olahraga biar perut gak lebih maju dari idung lo. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.