Minggu, 20 Oktober 2019

Genmuda – Selain terlihat keren, bisa berbahasa asing tuh bermanfaat buat ningkatin kualitas hidup seseorang loh. Soalnya, bahasa erat hubungannya sama senam otak dan komunikasi, dua hal yang dibutuhkan manusia buat survive di era modern.

Selain bisa menunjang karir dan nambah pengalaman di CV kamu, apa aja sih manfaat yang bisa kamu dapetin dari berbahasa asing? Nih, Genmuda.com rangkumin 7 manfaat yang bisa kamu dapat dengan belajar bahasa asing.

1. Melatih otak

Memanjangkan konsentrasi, menajamkan fokus, melatih ingatan, serta memperbaiki kemampuan observasi merupakan empat manfaat yang bisa didapat dengan belajar bahasa. Bukan hanya buat anak muda, manfaat itu juga bisa didapetin anak-anak hingga orang dewasa. Pada September 2014, The Guardian pernah mengungkapkan kalo belajar bahasa asing dapat menambah ukuran otak seseorang.

2. Lebih cepat belajar hal baru

Dengan semakin berkembang dan terlatihnya otak kamu, hal ini memudahkan buat nemuin jalan buat belajar hal baru dengan cara lebih efisien. Singkatnya, otak kamu punya kemampuan buat beradaptasi.

3. Menambah kesempatan kerja

Mengingat kita hidup di jaman global, kemampuan bahasa asing jadi senjata yang sangat baik buat dapetin lapangan pekerjaan. Engga ‘melulu harus nan wajib’ ke luar negeri, banyak perusahaan lokal maupun internasional yang butuh anak-anak muda yang jago berbahasa asing buat bekerja di kantornya.

4. Punya banyak temen

Bisa berbahasa asing juga bikin kamu punya banyak temen. Kamu bisa mencari banyak teman pena dan tuker-tukeran email atau bahkan chatting sama bule. Siapa tau kamu yang engga dilirik-lirik cowo dalem negeri bisa laku sama bule. Engga ada salahnya kan pacaran lintas negara? Lagi mode tau.

5. Bisa liburan ke mana-mana

Dengan bisa berbahasa asing, daftar tujuan wisata kamu pun semakin bertambah. (Ya dong!) Kamu kan engga perlu takut miskom sama orang-orang di sana. Kalo kamu bisa bahasa Inggris aja, kamu bisa mampir ke seluruh negara, kan. Kalo bisa bahasa Prancis, kamu bisa ke puluhan negara lainnya. Kalo bisa bahasa Spanyol, kamu bisa ke Meksiko, Kolombia, Argentina, Peru, Chile, Kuba, bahkan ke Amerika Serikat.

6. Lebih paham budaya asing

Buku dan subtitle yang udah diterjemahkan ke bahasa Indonesia tuh kadang artinya engga sesuai sama aslinya. (apalagi kalo bajakan) Karena kamu bisa berbahasa asing, kamu jadi tau maksud karya film, lagu, atau buku sesuai sama maksud penciptanya, paling engga ngerti maksudnya menurut native speaker lah.

7. Lebih Pede

Dalam suatu titik, kamu pasti bakal belajar berdialog menggunakan bahasa asing yang kamu pelajari. Tantangannya berat loh. Rasanya kayak dipaksa mencari jalan keluar di situasi genting. Otak kamu pun bakal muter dengan cepet buat mencari kata-kata yang pas dan mampu menyampaikan pesan yang kamu maksud dengan tepat. Lama kelamaan, itu bisa bikin kamu tambah pede kok.

Jadi engga perlu ada alasan lagi ya buat belajar bahasa asing selain Inggris? Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.