Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Buat bisa hidup sehat, mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan juga wajib hukumnya. Masalahnya, kebanyakan makanan sehat ini justru engga enak buat dimakan.

Apa yang terlintas di benak Kawan Muda, pertama kali ngedenger “makanan sehat”? Pasti kebayangnya langsung sayur-sayuran, buah-buahan, pokoknya yang bikin engga selera deh. Engga ada tuh sejarahnya makanan yang kita suka kayak lidi-lidian abang SD atau junk food masuk dalam kategori makanan sehat.

Buat ngebiasain diri engga mengkonsumsi makanan engga sehat ini berat banget tantangannya. Soalnya ya gimana, rasanya enak sih! Tapi gaes, tau engga sih, kalo kamu mungkin selama ini salah sangka sama beberapa makanan enak ini. Kamu kira mereka engga sehat, padahal ternyata engga se-bahaya itu kok! *puk-puk makanan-makanan di bawah ini*

  1. Mentega

Selamat buat yang suka mentega, karena ternyata mentega engga se-menakutkan yang kita kira selama ini. Kata siapa mentega bikin gendut? Para ahli bilang, mentega dalam jumlah kecil sebenernya baik-baik aja kok kalau dimakan, karena mengandung banyak vitamin yang larut dalam lemak dan lemak jenuh yang sehat. Bahkan kalo mencampur mentega di dalam kopi, kamu bakalan dapet efek energi yang long-lasting sepanjang hari.

 

  1. Garam

Garam emang bukan makanan yang bisa dimakan langsung gitu aja sih (ada gitu di sini yang hobi ngemilin garam?), tapi semua makanan pasti butuh garam. Kata Inul aja, sayur tanpa garam tuh kurang enak, kurang sedap, sayang~. Masalahnya, garam biasanya disalahin dan dituduh jadi penyebab beberapa penyakit, kayak tekanan darah tinggi dan hipertensi.

Bukan berarti engga bener, tapi kesehatan kita tuh tergantung sama jenis garam yang kita konsumsi, bukan cuma garam itu sendiri. Kalo kamu banyak makan garam hasil proses yang punya kandungan natrium berat, emang engga baik buat kesehatan. Tapi garam mentah atau garam laut punya mineral yang baik banget buat mendukung pencernaan sehat dan fungsi tiroid kita loh.

  1. Kentang

Ayo siapa yang hobi banget makan kentang goreng, kentang panggang, sampe keripik kentang? Sorry guys, makanan-makanan enak itu tetep engga sehat buat kita. Tapi kentangnya sendiri bener-bener layak kamu makan kok. Kentang banyak banget mengandung Vitamin C, B6, dan serat, apalagi kalo kamu makan dengan kulit-kulitnya.

  1. Popcorn

Siapa yang engga suka popcorn? Ternyata, popcorn yang kita bikin sendiri di rumah (tanpa campuran bahan-bahan lain kayak pengawet, pemanis, dan sebagainya) sehat nih buat dimakan. Beberapa tahun yang lalu, para peneliti dari University of Scranton menemukan bahwa popcorn memiliki lebih banyak antioksidan dibandingin buah dan sayuran. Wow!

  1. Cokelat

Di samping banyak yang bilang cokelat bikin gendut lah, bikin jerawatan lah, dan lain-lain, cokelat emang udah kebukti punya segudang manfaat. Apalagi dark chocolate, Kawan Muda. Cokelat ini bisa bikin tingkat stroke menurun, mengurangi resiko penyakit jantung koroner, serta tekanan darah tinggi. Makanya kalo kita lagi marah dan emosi, biasanya disuruh makan cokelat biar tenang dan moodnya baik lagi.

  1. Pizza

mrw I realize I’ve only eaten pizza today

Ini lagi nih, makanan kesukaan kita semua yang dianggep engga sehat. Padahal yang bikin pizza jadi engga sehat tuh tergantung topping yang kita pilih, dan isi dompet kita sih hihi. Kalo kamu mau, coba deh pilih topping pizza yang ada sayurannya. Jadi deh, makanan sehat!

  1. Keju

Keju adalah salah satu makanan enak yang udah terbukti sehat. Gimana engga, keju merupakan sumber protein yang baik, dikemas dengan kalsium, dan penuh dengan probiotik (bakteri baik). Plus, beberapa studi terbaru menemukan bahwa campuran makan yang merupakan produk susu biasa dan rendah lemak (termasuk keju) bisa menurunkan tekanan darah kita. Satu-satunya yang bikin keju engga sehat: soalnya adiktif banget dan bikin kita ketagihan. Nyum!

 

Sumber: Gurl | (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥