Selasa, 23 Juli 2019

Genmuda – Biasanya, euforia buka bersama (bukber) udah terasa dari awal-awal Ramadhan. Chat group mulai rame sama ucapan sambut ramadhan. Ajakan bukber udah dilontarin sama temen SD, SMP, SMA, bahkan temen kampus.

Di restoran atau di rumah temen, bukber sama temen lama emang jadi salah satu momen yang ditunggu di bulan puasa. Soalnya, di situ kamu bisa melepas rindu sambil nyantap menu berbuka puasa yang udah ditunggu dari siang. Tapi, ada 7 kelakuan yang bisa bikin suasana fun buka bareng jadi malesin. Kawan Muda jangan lakuin 7 hal di bawah ini ya.

1. Omdo (Omongan Doang)

Kadang, ada juga tuh temen yang paling berkoar-koar di grup chat waktu merencanakan bukber. Kalo ada chat masuk, doi langsung sigap balesin. Kalo handphone ditinggal bentar, notifikasi chat doi udaha masuk beratus-ratus. Tapi, pas H-3 acara, tiba-tiba doi ngilang dan engga dateng padahal udah janjiin ini itu. KZL!

2. Banyak rencana

Bukber seharusnya jadi momen yang menyenangkan, men! Jadi, buat apa banyak rencana yang bikin ribet. Kalo emang engga bisa undang guru, ya jangan undang. Kalo dananya engga cukup buat beli makanan resto, ya adain menu seadanya aja. Emang kamu mau bikin bukber atau reuni akbar? Inti acara ini tuh kebersamaan, gaes. Dibuat simpel aja.

3. Bawa pacar terus nyuekin temen

Pacaran di saat bukber tuh engga sopan dan bikin dilema. Karena kamu bakal terlihat engga sopan kalo pacaran terus nyuekin temen. Kamu kan janjiannya kumpul bareng mereka. Sementara kalo kamu nyuekin pacar buat ngobrol sama temen, doi bakal ambek dan bete. Susah kan posisinya. Makanya, jangan bawa pacar ke acara bukber. Lagian, engga enak sama yang jomblo.

4. Promosi MLM

Ada juga yang ngalemin hal kayak gini. Embel-embel ngajak bukber sekaligus diprospek MLM (kan malesin). Apalagi dengerin ceramah motivasinya yang klise banget. Sialnya lagi, susah banget buat nyari tau temen mana yang ikutan MLM. Jalan tengahnya sih, siapin aja alesan cabut seketika.

5. Ngungkit masa lalu

Ada tradisi rese yang bisa kejadian pas bukber, yaitu ngungkit hubungan cinta di masa lalu. Saran dari penulis, buat kamu yang punya mantan satu pergaulan, mendingan jangan pernah ungkit-ungkit masa lalu pas bukber deh. Selain esensinya ilang, tujuan bukber kan buat seru-seruan bukan ‘baper-baperan’. *puk-puk

6. Nagih utang

Karena temen-temen yang biasa ngilang entah ke mana akhirnya bisa ketemu lagi waktu bukber, ada aja yang manfaatin momen tersebut buat nagih utang. Oke lah, utang emang harus dilunasin, tapi buat nagihnya perlu liat sikon ya. Kasian dong yang ngutang, masa temen-temen lainnya perlu tau.

7. Minjem duit tiba-tiba

Kalo lagi engga ada dana buat ikutan bukber, jujur aja sama yang lain, gaes. Martabat kamu engga bakal turun kok biarpun engga ikutan. Malah, makin engga enak kan kalo tiba-tiba kamu minjem uang temen di acara bukber. Masih ada kesempatan lain loh, gaes. Kalo kamu emang pengen banget ikutan, kasih usul aja buat potluck, alias bawa makanan masing-masing buat dimakan bareng-bareng. Lebih seru, kan?

Jadi tujuh hal di atas itu jangan sampai Kawan Muda lakuin di acara bukber, ya. Engga mau kan jadi perusak suasana dan engga diundang di acara bukber taun depan? Intinya sih kamu perlu tau tempat aja biar tetep jadi favorit temen-temen kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.