Rabu, 11 Desember 2019

Genmuda – Bulan Mei udah sisa empat hari lagi aja loh, Kawan Muda. Kantong kamu kira-kira masih ada sisaan engga nih? Atau jangan-jangan udah kering kerontang dan berdebu kayak rumah yang udah lama ditinggal penghuninya?

Kalau udah akhir bulan kayak gini, yang namanya uang bulanan pasti udah ditunggu-tunggu banget sama banyak orang, engga terkecuali kamu. Uang bulanan itu pun engga cuma berarti uang jajan buat kamu para mahasiswa yang kuliah di perantauan, tapi juga uang gaji buat kamu yang udah pada kerja.

Bukan cuma itu, engga peduli kamu mahasiswa atau karyawan, pada dasarnya kamu pasti berharap bisa mendadak dapat kenaikan uang bulanan buat nutupin berbagai pengeluaran kamu di bulan sebelumnya. Padahal, yang perlu dicek ulang itu sebenarnya justru angka dari berbagai pengeluaran kamu tersebut. Berikut ini adalah 7 hal yang (sadar) engga sadar suka bikin kamu kere sebelum nerima uang bulanan:

1. Makan engga kira-kira

Makan memang merupakan salah satu kebutuhan mendasar buat setiap makhluk hidup. Meski begitu, ada kalanya gara-gara makanan kamu malah bisa lupa daratan. Oke deh kamu memang bawa bekal makan siang. Tapi, kalau pagi atau malamnya kamu masih mampir icip-icip lagi, jadinya ya malah rada engga ngaruh. Apalagi kalau kamu ke supermarket pas lagi lapar, yang ada kamu bakal ngebeli lebih banyak makanan yang belum tentu kamu butuhin sehingga jadinya mubazir (ini kata riset loh).

2. Nongkrong-nongkrong cantik

Poin yang kedua ini masih berhubungan dan engga jauh beda dari poin sebelumnya. Coba deh kamu amatin restoran atau café-café, biasanya pasti bakal lebih rame di tanggal-tanggal orang baru gajian. Dengan kata lain, salah satu hal yang bikin kamu kere sebelum nerima uang bulanan adalah keinginan buat terus-terusan nongkrong. Oleh karena itu, bilang ke teman kamu maupun ke diri kamu, kalau mau boros mending sendirian aja, engga usah ngajak dan nyusahin orang juga.

3. Nontonin tiap film yang baru dirilis

Iya deh kamu mah anaknya memang kekinian banget, moviegoer banget. Terlepas dari itu, bukan berarti kamu harus benar-benar nontonin setiap film yang baru tayang di bioskop. Nontonnya aja minimal 25 ribu, belum lagi ditambah ongkos sama popcorn dan minum yang dikali dua kalau kamu bareng sama pacar kamu. Singkatnya, daripada nontonin film-film yang engga jelas, mending kamu nabung buat modal nikah sama doi (tsah!).

4. Nge-gym

Nge-gym memang bisa jadi salah satu cara yang baik buat ngejaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sayangnya, jaman sekarang kayaknya sebagian orang ada yang cenderung nge-gym buat gaya-gayaan doang alias bukan buat benar-benar olahraga. Kalau kamu termasuk ke tipe orang yang kayak gitu, ada baiknya sih kamu tanya lagi ke diri kamu apakah kamu memang pengen serius nge-gym atau cuma buat buang-buang duit aja.

5. Rokok

Nah loh, yang satu ini pasti sulit buat dihindari sama kamu para perokok. Engga peduli kamu ngerokoknya jarang-jarang atau sehari bisa sampai berbungkus-bungkus, yang jelas rokok engga cuma bikin kamu ngalamin kanker dalam arti yang sebenarnya (baca: sakit kanker), tapi juga kanker dalam arti kiasan (baca: kantong kering alias kere).

6. Online shopping

Mana suaranya nih para agan dan sista? Kalau ngelihat barang-barang di online shop yang lucu-lucu dan murah meriah, bawaannya pasti langsung pengen beli ya ‘kan? Padahal, yang murah mungkin cuma barang-barang tertentu aja, sedangkan yang lainnya engga. Yang lebih parahnya lagi adalah kalau udah ada diskon gede-gedean dan promo-promo (yang kelihatannya) menarik, dijamin kamu bakal makin tergoda buat ngeluarin duit.

7. Paket data

Well, yang terakhir ini sih sebenarnya udah engga bisa dihindarin lagi di era yang serba digital dan serba update kayak sekarang. Gara-gara engga mau dibilang ketinggalan jaman atau kudet alias kurang update, banyak di antara kamu mungkin malah jadi selalu ngebela-belain buat beli paket data biar bisa terus berbagi di media sosial. Sialnya lagi, meski udah dibantu sama jaringan WiFi, tetap aja pengeluaran buat paket data suka mendadak jadi besar sendiri. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer