Rabu, 28 Oktober 2020

Genmuda – Penantian panjang para penggemar M83 di Tanah Air akhirnya terbayar juga nih, Kawan Muda. Setelah sekian lama, Anthony Gonzalez dkk. akhirnya ngegelar konser di Jakarta, Sabtu (21/5).

Konser M83 Sabtu malam digelar di Lapangan D Senayan. Masih bagian dari Printemps Français 2016, konser yang dimulai sekitar pukul 19.15 WIB itu turut ngehadirin Bottlesmoker sebagai penampil pembuka. Hujan pun sempat ngeguyur, namun akhirnya berhenti saat pertunjukan akan dimulai.

Nah, buat kamu yang tadi malam datang ke konser M83, tentu ada sejumlah hal yang engga bakal kamu lupain dari konser spesial tersebut, yang pasti bakal bikin mereka yang engga datang makin penasaran dan nyesel seumur hidup. Berikut ini adalah 7 hal engga terlupakan dari konser M83 di Jakarta:

1. Bottlesmoker yang super asyik

Walau cuma berdua, Bottlesmoker tetap sukses nguasain panggung dan nyuri perhatian para penonton. Seperti biasa, para personil Bottlesmoker tampil dengan berbalut kostum unik, dengan Angkuy pakai kostum astronot, sedangkan Nobie pakai kostum ala suku aborigin. Mereka tampil ngebawain sekitar 10 lagu, yang antara lain terdiri dari ‘Frozen Scratch Cerulean’, ‘Love Saturday’, dan ‘Equilibrium Drifts’. Mereka pokoknya sukses ngebakar suasana jelang penampilan M83 deh, Kawan Muda.

2. M83 tampil enerjik

Bottlesmoker memang udah sukses ngebakar suasana dan bikin para penonton makin penasaran sama penampilan M83. Namun demikian, usai penampilan mereka selama sekitar 45 menit, butuh waktu sekitar 35 menit bagi kru M83 buat nyiapin penampilan band asal Prancis itu. Hal tersebut akhirnya sempat bikin mood para penonton agak turun, apalagi keadaannya abis ujan.

Untungnya, saat M83 akhirnya benar-benar hadir di atas panggung, mereka langsung tampil enerjik dengan ngebawain ‘Reunion’, yang berasal dari album ‘Hurry Up, We’re Dreaming’. Abis itu, Anthony pun engga lupa buat nyempetin nyapa para penggemar, yang memang udah engga sabar banget buat ngelihat penampilan M83.

Selamat malam Jakarta. Ini pertama kalinya kami datang ke sini dan kami sangat antusias. Terima kasih telah datang walau sempat hujan,” kata Anthony, di sambut teriakan histeris dari para penonton.

M83 (Sumber: kiosPLAY)
M83 (Sumber: kiosPLAY)

3. Suguhan lagu-lagu nonstop dari M83

Well, udah mah enerjik banget, eh M83 ternyata juga tampil hampir tanpa jeda loh, Kawan Muda. Dari ‘Reunion’, mereka langsung lanjut ngebawain ‘Do It, Try It’, yang merupakan salah satu single dari album terbaru mereka yang berjudul ‘Junk’. Tanpa nunggu lama, mereka kemudian juga beralih ke ‘Steve McQueen’, ‘We Own The Sky’, ‘Intro’, ‘Walkaway Blues’, ‘Ok Pal’, ‘Bibi The Dog’, dan ‘Road Blaster’.

Sayangnya, di samping ngajak buat tepuk tangan, engga begitu banyak interaksi yang dilakuin oleh Anthony maupun para personil M83 lainnya bareng para penonton. Para penonton yang tadinya udah terhanyut sama energi mereka akhirnya sempat kayak engga ngerasain feel konsernya, apalagi sebagian mungkin masih asing sama lagu-lagu di album ‘Junk’.

Meski begitu, suasana bisa kembali memanas saat M83 ngebawain ‘Wait’. Baru juga intronya dimainin, para penonton udah langsung ramai aja. Mereka bahkan engga ragu buat ikutan nyanyi bareng sang idola di single yang jadi soundtrack ‘The Fault in Our Stars’ itu.

4. Tata lampu dan suara yang petjah

M83 (Sumber: kiosPLAY)
M83 (Sumber: kiosPLAY)

Dari sepanjang penampilan M83 selama sekitar 1,5 jam yang ditutup dengan ‘Outru’ serta ‘Solitude’, ‘Couleurs’, dan ‘Lower Your Eyelids to Die With The Sun’ sebagai encore, satu hal yang paling nyuri perhatian sebenarnya adalah tata lampu dan suaranya yang petjah abis. Engga rugi deh para penonton yang udah bela-belain hadir.

Buat tata lampu khususnya, M83 tampil dengan dihiasi tata lampu yang super indah dan memikat mata. Apalagi saat ‘Intro’ ditampilin, menurut Genmuda.com di situlah tata lampunya kelihatan sempurna banget. Top markotop buat yang udah ngerancang panggung M83 tadi malam!

5. Anthony Gonzalez turun dari panggung

Meski jarang nyapa para penonton, di lagu ‘Midnight City’ yang dibawain jelang akhir konser Anthony sempat bikin para penonton terkejut dengan nyempetin turun dari panggung. Hal tersebut tentu jadi semacam berkah banget buat mereka yang berada di barisan terdepan panggung.

Tapi, para penonton yang engga berada di deretan terdepan sebenarnya masih tetap beruntung. Soalnya, Anthony sempat ngeluarin kamera dan ngerekam kayak gimana kemeriahan yang udah mereka captain. Kamu yang tadi malam datang ngeh engga tuh kalau doi ngerekam kamu, Kawan Muda?

Anthony Gonzalez (Sumber: kiosPLAY)
Anthony Gonzalez (Sumber: kiosPLAY)

6. Becek cyin!

Nah, ini dia nih yang (sorry to say) paling nyebelin dari sepanjang konser M83 tadi malam. Udah datang dengan penampilan super kece, eh ternyata kondisi venue jadi engga begitu ngedukung gara-gara abis ujan. Sebagian penonton ada yang milih buat pakai sandal jepit, sementara sebagian lainnya harus terima nasib becek-becekan dengan sepatu yang udah keburu mereka pakai dari rumah. Udah kayak lagi ikutan Benteng Takeshi aja lah ibaratnya.

7. Penonton puas

Terlepas dari hujan dan kondisi venue yang super becek nan berlumpur, para penonton ternyata tetap ngerasa puas dengan penampilan M83. Contohnya adalah seorang Kawan Muda bernama Ines, yang ngakuin ke Genmuda.com kalau dirinya memang suka sama lagu-lagu M83 dan udah dari lama tahu mereka bakal ke Jakarta. “Bagus, seru banget,” kata Ines, nyimpulin seluruh penampilan M83.

Namun demikian, kalau misalnya M83 bisa datang dan ngegelar konser di Tanah Air lagi, ada satu harapan khusus yang dimiliki Ines. “Kalau M83 ke sini lagi, mungkin kalau bisa indoor jadi ambiance-nya juga bisa lebih berasa. So far sih oke,” tutup Ines. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer