Minggu, 20 Oktober 2019

Genmuda – Abis ngelewatin Ujian Nasional, Kawan Muda yang duduk di bangku kelas XII alias kelas 3 SMA sekarang mungkin udah mulai lebih fokus ke SBMPTN. Dengan kata lain, waktu yang kalian punya buat nikmatin masa-masa SMA udah tinggal dikit lagi.

Percaya engga percaya, banyak di antara kamu pasti udah engga sabar banget buat bisa buru-buru keluar dari SMA atau bahkan ninggalin kota tempat tinggal kamu saat ini dan jadi anak rantau. Di samping itu, yang bikin kamu jadi makin engga sabar adalah fakta bahwa selepas SMA bakal ada lebih banyak kebebasan yang menanti.

Well, meski begitu, sebenarnya ada banyak banget hal-hal yang engga kamu sadari bakal kamu kangenin banget dari masa-masa SMA. Engga peduli segimana bencinya kamu sama masa-masa SMA maupun orang-orang di dalamnya, pasti bakal ada kalanya kamu pengen balik lagi ngerasain masa-masa itu. Kalau kamu masih belum percaya, berikut ini adalah 7 buktinya:

  1. Jajanan

(Sumber: telegraph.co.uk)

Iya sih di kampus atau di kantor kamu masih bakal nemuin kantin. Sayangnya, engga bisa diungkri kalau jajanan di kantin SMA itu porsinya lebih ngeyangin dan harganya juga lebih bersahabat sama kantong (ya secara masih ditanggung penuh juga sama ortu). Perut kenyang hati senang pun lebih kerasa berkat berbagai jajanan yang ada di kantin SMA ketimbang di kanting kampus atau kantin kantor.

  1. Ketemu orang yang sama

Di SMA mah rasanya udah bosen dan bahkan sampai muak banget ketemunya sama dia-dia lagi. Rasanya tuh kayak dunia ini cuma kalian doang yang ngehuni. Tapi jangan salah, seengganya di SMA kamu masih bisa ngapalin nama-nama semua teman sekelas kamu sampai ke nama lengkapnya segala. Pas kuliah, dengan jumlah orangnya yang engga menentu, bisa tahu nama panggilan teman-teman sekelas kamu aja itu mungkin udah syukur.

  1. Tidur di UKS

Ini dia nih yang pasti biasa kamu lakuin kalau malas ikutan upacara. Udah deh ngaku aja, engga usah bohong apalagi malu-malu segala. Engga apa-apa deh sekarang kamu puas-puasin gegulingan di UKS mumpung masih bisa (ini Genmuda.com engga bermaksud ngajarin yang buruk loh ya). Nanti kalau udah kuliah, palingan kamu cuma bisa tiduran di kantin atau di kursi taman kampus.

  1. Sohiban sama guru

(Sumber: meltycampus.fr)

Di SMA, guru yang engga apal sama murid-muridnya mungkin bakal kedengeran aneh. Sebaliknya, hal itu bakalan jadi engga aneh kalau kamu udah kuliah. Singkatnya, dengan jumlah mahasiswa yang jauh lebih bejibun, wajar aja kalau sebagian besar dosen engga bakal kenal atau ingat sama kamu secara personal. So, baik-baik deh sama guru kamu selagi kamu masih bisa ketemu mereka setiap hari.

  1. Study tour

Cie yang selama tiga tahun di SMA kerjaannya ke Monas terus. Udah ngerasain wisata malamnya belum? Pas kamu kuliah nanti, kamu engga bakal loh rutin study tour lagi kayak di SMA. Kecuali kamu ngambil KKN atau matkul lain yang memang ngeharusin kamu buat studi mendalam tentang sesuatu, palingan masa perkuliahan kamu cuma berkisar di sekitar kampus aja.

  1. Pakai seragam

Pas pertama-tama ngerasain lepas seragam, pasti di benak kamu bakal terbersit perasaan senang yang bukan main, ibaratnya kayak baru aja keluar dari suatu belenggu (tsah!). Hingga akhirnya pas suatu hari kamu kebingungan mau ke kampus atau ke kantor pakai baju apa, baru deh kamu pengen balik ke masa SMA dan ngenain seragamnya lagi. Cepat atau lambat ini pasti bakal terjadi kok, Kawan Muda.

  1. Ngumpul bareng teman setiap saat

(Sumber: boardingschoolreview.com)

Pas awal-awal kuliah, wajar aja kalau kamu lagi girang-girangnya sama hal-hal baru yang ada di sekitar kamu. Meski begitu, lama-kelamaan kamu pasti bakal ngerasa kayak kehilangan teman-teman SMA kamu, yang tadinya selalu ada di samping kamu setiap saat. Pertemanan kamu pokoknya engga bakal sama lagi deh abis SMA. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer