Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Namanya anak muda pasti selalu ada aja ego yang engga bisa dilawan atau dikesampingkan. Sebenarnya problem ini biasa banget terjadi di usia-usia belasan sampai tiga puluhan.

Dari sejumlah penelitian medis sampe penelitian tongkrongan warung kopi, sikap tersebut bisa lahir lataran faktor hormon dan rasa penasaran dalam diri kita. Sederhananya masa remaja bisa jadi masa belajar dan coba-coba.

Nah, seiring berjalannya waktu, rasa penasaran dan coba-coba ini pun mendorong diri kamu semakin keras kepada diri sendiri. Alasannya sih sederhana gaes, yakni supaya bisa meraih apa yang kamu cita-citakan dan jadi ajang pembuktian kepada keluarga, teman, atau pun orang lain.

Sikap keras kepada diri sendiri ini sejatinya suka disalahartikan oleh sebagian orang. Bagi mereka, keras kepada diri sendiri sering dianggap egois, keras kepala, dan susah diajak kompromi.

Padahal, perlu Kawan Muda ketahui kalau keras kepada diri sendiri sebenarnya baik buat pribadi kamu. Bukti nyata yang bisa kamu temui terdapat pada orang-orang sukses macam Steve Jobs, Bill Gates, sampe Pak Ahok sering dianggap keras kepada diri sendiri tapi bisa membuktikan karakter mereka.

Kali ini Genmuda.com bakalan kasih tahu kamu 10 hal yang pasti sering banget dialamin sama orang yang keras pada dirinya sendiri. Kira-kira kamu masuk di dalamnya engga ya?

 

1. Engga pernah puas sama yang didapatkan

Rasa bersyukur pastinya harus paling utama kita panjatkan usai mengerjakan sesuatu. Namun, setelah bersyukur buat mereka yang keras kepada dirinya sendiri pasti selalu kurang puas. Misalnya, kamu ujian udah dapet nilai A tapi masih ngerasa kurang, dan percaya kamu bisa dapet nilai A+. Percaya gaes, perasaan seperti itu pasti ada di dalam diri orang yang keras sama dirinya sendiri.

2. Kamu engga mau kehidupan yang monoton dan biasa aja

Saat orang-orang puas dengan apa yang didapatkan sekarang, kamu pengen punya kehidupan yang luar biasa dan sukses. Tentunya kerja keras pada diri sendiri cocok dilayangkan pada diri kamu. Engga peduli sekeras apapun, yang jelas hal ini dapat jadi motivasi terbesar kamu.

3. Membenci kegagalan

Wajar rasanya kalau dalam hidup ada yang namanya kegagalan. Namun buat mereka yang keras pada diri sendiri, kegagalan jadi sesuatu yang dibenci. Jadi engga heran jika orang-orang ini sangat berambisius dalam hidupnya.

4. Melawan Kritik

Kritik sebenarnya bisa jadi positif dan negatif, tapi perlu digarisbawahi jika orang-orang yang keras pada diri mereka sendiri justru lebih memikirkan kritik yang membangun (positif). Hal ini pun dianggap wajar supaya mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Kamu terlalu Over Thinking

Ada yang bilang jalanin aja hidup sesantai mungkin. Tapi ada juga orang terlalu over thinking dan gampang banget parnoan. Hal kayak gini sih, bisa jadi negatif buat sebagian orang, positifnya mungkin bisa bikin kamu lebih waspada menghadapi segala kemungkinan di masa depan.

6. Kamu engga keras kepada orang lain, tapi keras kepada diri kamu sendiri

Kamu mungkin tahu kalau segala sesuatu ada risikonya. Sayangnya kamu justru lebih memilih menanggung risiko orang lain untuk diri kamu sendiri. Alasannya pun klise, kamu engga mau orang lain mengacaukan planning kamu.

7. Engga suka disanjung

Meski pujian jadi sesuatu yang enak didenger, buat mereka yang keras sama dirinya sendiri pastinya bisa jadi sebaliknya. Perasaan engga pernah puas inilah yang menjadikan mereka susah banget menerima pujian.

Well, plus minusnya mungkin balik lagi ke penilaian Kawan Muda ya. Dan seperti yang dibilang di atas, sebelum keras sama diri kamu sendiri, pastiin dulu kalau kamu harus bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan sekarang.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.