Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda –  Orang pintar itu ada ciri-cirinya Kawan Muda. Salah satu ukurannya ya lewat perilaku dan kecerdasannya dalam menyelesaikan masalah. Tapi kalau Kawan Muda ngerasa kurang pintar, kamu bisa pakai berbagai cara agar seolah olah terlihat pintar yakni Genmuda.com sebut Pencitraan 2.0.

Meski banyak orang yang gak setuju, tapi tetang aja. Udah 2016 loh, kita harus mulai berubah buat lebih baik. Iya gak? Terus, gimana biar pencitraan kamu berhasil apalagi buat di depan gebetan kamu? Nih Genmuda.com kasih caranya:

  1. Jangan foto sambil megang gelas bir
(Sumber: Huffington Post)

Orang yang berfoto dengan memegang gelas atau botol bir dianggap kurang pintar dibanding mereka yang tidak memegang minuman keras. Ini adalah kesalahan yang disebut imbibing idiot bias atau memberi kesan dungu. Begitu lah menurut peneliti Scott Rick dan Maurice Scheweitzer dari Universitas Michigan dan Universitas Pennsylvania.

  1. Pakai kaca mata tebal
(Sumber: TV.com)

Kayaknya pencitraan satu ini udah umum banget ya. Namun ternyata ini PALING AMPUH. Penelitian menunjukan bahwa kalo orang yang memakai kaca mata baca, ia akan tampak lebih pintar. Dengan kaca tebal dengan bingkai tebal memberi kesan lebih pintar daripada kaca dan bingkai tipis.

  1. Pakai insial nama tengah
(Sumber: Business Insider)

Menurut pakar psikologi Wijnand Van Tilburg dan Eric G. Igou, inisial nama tengah punya efek tersendiri yang kuat pada orang lain. Inisial nama tengha juga menambah kesan status yang tinggi menurut peneliti dalam European Journal of Social Psychology. Contohnya aja kayak Presiden Amerika John F. Kennedy. Nah mulai sekarang kamu ganti aja tuh username di medsos dengan pake insial nama tengah, siapa tahu si doi makin penasaran sama kamu.

  1. Jangan sok code-switching
(Sumber: Huffington Post)

Apa sih code-switching? Definisi sederhanya yaitu pencampuran dua bahasa dalam satu kalimat. Jadi kalau kamu lagi ngobrol sama temen jangan sok pake campur-campur gitu bahasanya karena itu justru terlihat norak dan gak elegan. Selain itu menurut studi yang diadakan Universitas Princeton tahun 2012 menunjukan, dengan menggunakan kata-kata “canggih” yang digunakan sembrono atau secara salah justru memberi kesan kalian kurang pintar. Tuh catet tuh buat cowok-cowok!

  1. Gunakan grafik
(Sumber: Lesposen)

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell tahun 2014 menunjukan bahwa orang lebih percaya sebuah klaim bila disertai grafik. Kenapa? Karena hal tersebut tampak lebih ilmiah. Disarankan juga saat melakukan presentasi sebaiknya menunjukan penjelasan lewat grafik agar memberi kesan kepada yang melihatnya. Bener atau engga grafiknya mah liat nanti ya, yang penting keliatan pinter aja dulu. He-he

  1. Berbicara dengan ekspresif
(Sumber: Business Insider)

Jika ada dua orang yang berbicara menggunakan kata-kata yang sama, tapi yang satu berbicara lebih cepat sedikit dan lebih keras maka orang itu dianggap lebih bertenaga dan berpengetahuan luas. Selain itu dengan sedikit jeda dan variasi dalam volume suaranya membuat orang terlihat lebih pintar. Begitulah menurut Leonard Mlodinov, penulis buku ‘Subminal: How Your Unconscious MindRules Your Behavior’.

  1.  Tatap mata
(Sumber: Pinterest)

Studi yang dilakukan oleh Profesor Nora Murphy dari Universitas Loyola Marymount menunjukan jika menatap mata lawan bicara pengaruhnya besar pada anggapan tentang kepintaran Kawan Muda. Ia berkata bahwa “Memandang mata ketika berbicara adalah perilaku penting”. Selain menunjukan intelektual kamu, hal ini sekaligus nujukin rasa hormat pada lawan bicara. Jadi kalo tiap ngomong sama gebetan jangan lupa eye contact. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.