Senin, 30 November 2020

Genmuda – Kawan Muda tau engga kalo keamanan dan kerahasiaan data pengguna internet makin terancam tiap tahunnya. Supaya data rahasia netizen yang tersimpan di sejumlah situs, medsos, dan email tetap aman, dibutuhkan sebuah solusi yang efektif ngalahin kecanggihan hacker.

Tahun ini aja, udah terjadi pembobolan data dari Twitter, LinkedIn, dan DropBox. Lembaga riset PEW bilang, kondisinya bakal makin runyam di tahun 2025 bila kondisi seperti sekarang dibiarkan.

“Para ahli bahkan memprediksi aksi hacker di tahun 2025 bisa sampai mengancam nyawa atau pencurian uang negara, bukan hanya pembobolan data pribadi,” tulis laporan PEW Research Center (PRC), seperti dikutip TheGuardian.com, tahun 2014.

Akhirnya netizen perlu beradaptasi sama cara kerja hacker. Emang terkesan parno sih, tapi percaya deh kalo 7 cara di bawah ini dianggap efektif dan udah digunain sama pakar teknologi. Kepo ada apa aja? Cekidot caranya di bawah ini:

1. Tutup kamera webcam

via stateofthenation2012.com
James Comey, Direktur FBI. (Sumber: stateofthenation2012.com)

Hal ‘parno’ ini dianjurin Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI) James Comey, Rabu (14/9). Itu dikatakannya waktu menghadiri konferensi keamanan di lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS).

“Di hampir semua kantor pemerintah di Amerika, ada sebuah katup yang menutup kamera webcam di semua layar komputer,” kata Comey. “Anda pun sebaiknya meniru cara itu supaya kerahasiaan Anda tetap aman.”

2. Ubah password secara berkala

via bleepstatic.com
(Sumber: Bleeping Computer)

Belajar dari kasus yang menimpa DropBox, netizen dianjurin ganti password semua akunnya di internet secara berkala. Soalnya, hacker DropBox berhasil ngebobol data dan password email pengguna yang tersimpan sejak 2012.

Pengguna yang udah mengubah password dipastikan aman karena hacker engga bisa masuk akun mereka. Lebih amannya lagi, ikutin cara di bawah supaya password engga gampang dibobol.

3. Bikin password yang susah

via imgur.com

Apa ciri password yang susah dibobol? Password yang susah diinget. Karenanya, gunakan angka, huruf kecil, huruf kapital, dan simbol dalam satu rangkaian password. Kedengerannya malesin, tapi sebenarnya cara ini mudah dicoba.

Daripada nulis password ‘mametkeren,’ ada baiknya diubah jadi ‘M@M3tk3r3n.’ Dengan kata lain, buat password dengan bahasa sealay mungkin tapi masih tetap diingat polanya sama kamu.

4. Simpan password secara offline

via photobucket.com
(Sumber: photobucket.com)

Dewasa ini, ada sejumlah program ‘Password Manager’ yang bisa membuat password unik sekaligus susah dibobol. Program itu juga bisa menyimpan password yang udah dibuat supaya engga perlu repot-repot kamu ingat atau contek.

Namun, yang namanya program pasti rentan kena hack. Karena itu, para ahli teknologi yang diwawancarai TheGuardian, tahun 2015 bilang kalo cara terbaik menyimpan password adalah dengan menuliskannya di secarik kertas, lalu disembunyikan di tempat rahasia.

5. Kunjungi situs aman

via sucuri.net
Contoh peringatan dari Google Chrome. (Sumber: sucuri.net)

Netizen sangat engga dianjurkan masuk ke situs yang dicap berbahaya. Browser modern macam Google Chrome, FireFox, dan Safari bisa mengenali situs seperti itu. Netizen pun bakal dapat peringatan kalo lagi ngebuka situs berbahaya.

Meski situs berbahayanya udah dikenal dan engga pernah membahayakan komputer, netizen sangat dianjurin buat engga masuk situs itu. Soalnya keamanan situs tersebut belum tentu kuat. Salah-salah akun atau IP adress kamu bisa dibajak oleh orang lain.

6. Pakai fitur two-factor authentication

via paul.reviews
Two-factor authentication di Google. (Sumber: paul.reviews)

Fitur two-factor authentication tersedia di Google dan Twitter. Fitur apa lagi nih? Jadi fitur ini bikin penggunanya cuma bisa masuk setelah dua kali proses. Pertama, lewat password seperti biasa. Kedua, dengan mengonfirmasinya lewat ponsel.

Itu sebabnya Google sama Twitter ngebet banget mintain nomor ponsel semua pengguanya dan nawarin fitur two-factor authentication. Saran dari penulis, biar aman fitur ini kamu aktifin aja, apalagi kalo kamu pengguna Android.

7. Pakai antivirus

via genmuda.com
Macam-macam antivirus yang ada di pasaran. (Sumber: Istimewa)

Kalo diibaratin, antivirus jadi penolong pertama dalam urusan keamanan dan privasi di dunia maya. Antivirus pada umumnya bisa mengenali, ‘memenjarakan,’ bahkan menghapus virus tanpa merusak file di komputer/gadget.

Tapi wajin kamu ingat kalo belum ada jaminan pasti kalo antivirus bisa 100% menjaga komputer dari serangan hacker. Singkatnya kamu mesti waspada terus dan lakuin langkah 1-6 biar engga kena sial. Stay safe ya, gaes. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.