Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Ribet dan dag-dig-dug nyambut hari pernikahan gak cuma dirasain cewek yang mau nyambut hidup baru, tapi juga cowok yang bakal ngemban tanggung jawab lebih besar. Biasanya sih, cewek sibuk ngerawat fisik sementara si cowok ngurus segala persoalan administrasinya.

Nyatanya, upacara pernikahan juga menuntut cowok juga nampilin yang terbaik saat akad dan resepsi. Di antara begitu banyak anggota tubuh, di bawah ini adalah beberapa organ yang harus dirawat banget dari beberapa bulan sebelum nikah. Kalo perlu, rawat dari sekarang siapa tau lo nikah dadakan.

1.  Rambut

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Minimal, rambut lo harus bebas kutu dan ketombe supaya gak malu-maluin. Kalo emang mau nikah dengan rambut manbun, ya panjangin rambut lo dari sekarang! Kalo mau rambut dipendekin trendy, sekarang adalah waktu yang tepat buat nyari barbershop yang pas menangani kepala lo.

2. Jenggot/kumis

via glamour.com
Potongan berewok rapi gini pasti didesain dari jauh-jauh hari. (Sumber: glamour.com).

Mau resepsi dengan berewok lebat, jambang panjang, kumis tipis, jengkot panjang, atau berewok tutul-tutul kayak berewok baru tumbuh 3-5 hari? Coba cek dulu gaya facial hair mana yang paling cocok buat muka lo dari sekarang biar pas hari H gak keliatan aneh di depan publik.

3. Perut

via weddingku.com
Kalo badan cowoknya fit gini kan engga malu-maluin ceweknya, nih. (Sumber: weddingku.com).

Suka atau gak, perut lo gak boleh terlalu offside. Biarpun tempat penyewaan pakaian nikah punya baju ukuran XXL, bajunya bakal keliatan lebih keren kalo nempel di badan yang fit. Kalo lo bisa nyewa baju yang ukuran M atau S, mungkin aja lo bisa nawar supaya harga sewa bajunya lebih kecil.

4. Suara

via photobucket.com.
Selama bisa ngomong, suara harus lantang, bos! (Sumber: photobucket.com).

Suara lo sangat dibutuhin buat mengucap ijab kabul atau janji pernikahan. Jadi, jaga kesehatan supaya gak ada radang dan dahak yang mengganggu momen krusial. Kurangin gorengan, air es, dan biasain minum air hangat supaya suara lo bikin lo pede. Kalo perlu, perbanyak minum air jeruk hangat.

5. Gigi dan mulut

via detik.com
Gigi putih biar engga keliatan kuning di antara baju-baju putih nikahan. (Sumber: detik.com).

Gigi lo pasti harus putih supaya gak kalah dari baju putih yang biasa dipakai saat nikah. Jadi, sikat gigi pakai odol pemutih, kalo perlu perawatan khusus ke dokter gigi dari jauh-jauh hari. Napas juga gak boleh bau supaya gak ganggu kekhusyukan saksi, penghulu, dan calon mertua waktu lagi ijab kabul.

6. Tangan kanan

via seputarpernikahan.com
Kalo tangan kanan lo keselo, susah buat salaman gini. (Sumber: seputarpernikahan.com).

Buat lo yang suka olahraga tangan macam bola tangan, billiard, atau main kelereng (jangan ngeres dulu lo!), usahain tangan kanan lo gak keseleo di hari nikah. Lo kan butuh tangan kanan buat salaman sama hampir semua orang yang dateng ke nikahan. Biar gak gampang cape, coba deh latih genggaman lo dengan stress ball.

7. Kaki

via big-enterprise.com
Selama lo nikah ala orang Indonesia, lo pasti banyak berdiri. (Sumber: big-enterprise.com).

Latihan deh berdiri selama tiga sampai empat jam setiap hari, selama minimal seminggu sebelum resepsi pernikahan. Soalnya, saat resepsi tuh lo bakalan dituntut berdiri praktis selama acaranya berlangsung. Malu kan kalo tiba-tiba lo duduk sementara istri lo tetep berdiri dengan semangat.

Terus, jangan lupa pastiin lo dan calon istri lo ikutin serangkaian tes kesehatan pranikah, termasuk tes kesehatan alat vital lo. Selain jadi salah satu syarat administrasi, tesnya juga bermanfaat supaya lo lebih yakin pernikahan gak bakal terganggu masalah kesehatan. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.