Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – Hari-hari menjelang perkuliahan selalu jadi momen yang bikin jantung Kawan Muda berdebar-debar, was-was, gelisah, gundah-gulana, dan jenis-jenis galau lainnya (Kecuali kalo kamu engga niat kuliah). Wajar. Beneran deh.

Selain karena itu momen yang ditunggu, itu juga jadi momok karena ujian masuk kuliah tuh susahnya bukan main, apa lagi kalau kampus yang dipilih adalah kampus negeri yang mentereng. Selain momen mendebarkan itu, hari-hari menjelang SBMPTN juga jadi momen anak-anak yang mau kuliah ngotot minta ngekos ke orang tuanya.

Bukan sulap, bukan sihir. Genmuda.com bisa tau loh apa yang ada di pikiran kamu sehingga kekeuh pengen ngekos. Engga percaya? Cek aja nih di bawah ini.

1. Kampus Terlalu Jauh dari Rumah

macet jakarta - ngekost
(Sumber: letterview.com)

Kayaknya, Genmuda.com engga perlu cerita panjang lebar kalau anak-anak kelas XII/3 SMA dari Sabang sampai Merauke berlomba-lomba masuk universitas favorit yang letaknya beribu kilometer dari tempat tinggal orangtua. Coba Kawan Muda bayangkan kalau ada anak Pulau Rote di selatan Nusantara perlu bolak-balik ke Institut Teknologi Bandung. Absurd, kan. (Iyalah). Itulah sebabnya, jarak rumah ke kampus jadi petimbangan mahasiswa baru ngotot buat ngekos.

2. Bebasss

freedom

Tapi, ada juga mahasiswa baru yang tinggal engga terlalu jauh dari kampus, tapi tetap ngotot ingin ngekos. Alasannya mereka simple aja. Pengen bebas. Mungkin, karena kehidupan mereka bersama orangtua terlalu terkontrol dan dilarang-larang. Kasihan.

Sebagian mahasiswa baru ada yang berhasil memperoleh kebebasannya, ngekos, dan jadi mahasiswa teladan karena mampu mengatur waktu sendiri. Namun, ada juga yang terlena dengan kebebasan dan lupa kuliah. So, Kawan Muda tetap bertanggung jawab ya meski sudah diberi kebebasan.

3. Pengen Eksis di Kampus

ngekost (2)
(Sumber: Portstadium.com.au)

Aktif di organisasi kampus emang menjadi salah satu cita-cita sebagian besar mahasiswa. Bahkan, ada kampus yang menganjurkan mahasiswanya aktif berorganisasi. Sayangnya, kegiatan organisasi kampus baru dimulai ketika perkuliahan selesai.

Dengan kata lain, mahasiswa jadi pulang lebih malam dan kurang istirahat. Untuk alasan itulah mahasiswa baru bersikeras minta ngekos. Selain aktif kan lumayan bisa ikutan ngeksis di kampus. He-he.

4. Cari Suasana Baru

ngekost 2
(Sumber: Quote Addicts)

Percaya engga percaya, ada juga Kawan Muda yang dari TK hingga SMA sekolah di dekat rumahnya aja. Teman-temannya mungkin banyak dari berbagai kota (berkat media sosial tentunya), tetapi lingkungannya membuat doi jenuh.

Bayangin aja selama lebih dari 17 tahun bertemu dengan lingkungan yang itu-itu doang. Genmuda.com salut kalau ada anak muda yang bisa seperti itu. Makanya, Kawan Muda yang kondisinya seperti itu cenderung ngotot buat ngekos.

5. Pengin Mandiri

ngekost 3
(Sumber: penulispro.com)

Nyatanya, engga sedikit dari Kawan Muda yang udah memikirkan buat hidup mandiri sejak dia lulus SMA. Kalau langsung terjun ke dunia kerja dan tinggal sendiri dengan gaji seadanya mungkin sangat ditentang orang tua.

Namanya juga orang tua, pastinya mau anaknya masuk kuliah dan lulus terlebih dahulu sebelum bekerja dong. Untuk bisa mandiri dan mengikuti permintaan orangtua buat kuliah, kamu pasti berpikiran buat ngekos, bukan?

6. Bertemu Teman Senasib

ngekost
(Sumber: haidibarasa.wordpress.com)

Ada yang bilang momen terindah sepanjang hidup adalah masa SMA. Tapi, engga sedikit juga yang bilang masa-masa kuliah adalah momen terindah seumur hidup. Bakal makin indah pasti ketika kita bertemu teman-teman senasib.

Itu jadi salah satu alasan mahasiswa baru sangat ngotot buat ngekos. Mereka yang biasa pulang pergi pasti sering ketinggalan momen ketika teman-teman yang ngekos berkelakar di malam hari. Ketinggalan momen emang engga pernah seru, guys. I know how you feel.

7. Pengin Santai

ngekost 4
(Sumber: get-a-wingman.com)

Membayangkan harus bangun pagi-pagi, berdesakkan di kendaraan umum, lupa sarapan, terburu-buru, dan ‘menikmati’ kemacetan sepanjang jalan juga jadi alasan banyak Kawan Muda yang ngotot untuk ngekos.

Dengan harapan bisa bangun dan pulang dari kampus dengan santai itu lah banyak mahasiswa baru sangat pengin tinggal di kosan dekat kampus. Nyatanya, tetap ada aja mahasiswa yang ngekos nempel di belakang kampus, tapi datang terlambat setiap hari. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.