Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Siapa yang nyangka kalo kebiasaan jelek yang sering dilakukan anak muda ternyata punya manfaat bagi tubuh pelakunya. Sayangnya, kebiasaan jelek itu mengganggu orang lain sehingga biasanya dilarang banget buat dilakuin.

Tanpa banyak menunda lagi, di bawah ini Genmuda.com udah ngerangkum 6 kebiasaan jelek yang ternyata punya manfaat buat kesehatan tubuh pelakunya. Semuanya didasari sama studi dari berbagai sumber loh. Cekidot!

1. Dengerin musik dengan volume keras

via tumblr.com

Kalo kata peneliti musik Universitas Manchester Neil Todd, “Bagian telinga yang bernama sacculus hanya akan merespon suara kencang. Bagian itu lah yang mengirim sinyal ke otak buat melepas hormon bahagia.”

Di tahun 2007, psikolog Stuart Cadwallar membuktikan kalo musik dengan volume keras membantu murid berbakatnya melepas stres. Gimana pun juga, situs ZME Science, tahun 2012 ngingetin supaya musiknya engga terlalu keras karena bisa ngerusak gendang telinga.

2. Fidgeting

Pernah engga ngelakuin hal kecil berulang-ulang (misalnya aja goyang-goyangin kaki atau mainin pulpen) karena bosen, gelisah, atau lagi mikir? Nah, itu diistilahin sebagai fidgeting. Tanpa kamu sadari, hal kayak gitu bisa mengganggu atau dianggap engga menghargai lawan bicara.

Namun kebiasaan seperti itu ternyata bisa ngebakar kalori berlebih di tubuh kamu. Kalo kata situs Forbes.com, tahun 2015, orang yang jarang fidgeting tuh 43% lebih rentan kena penyakit yang berhubungan sama kolesterol.

3. Matiin alarm terus tidur lagi

via teen.com

Kelakuan macam ini emang berisiko bikin terlambat. Tapi, situs Business Insider, tahun 2014 bilang, “Tambahan tidur 10 menit setelah menekan tombol snooze bikin badan terbangun secara bertahap.”

Jadinya, badan engga kaget, mood engga jadi cranky alias senggol bacok, dan otak udah bisa bekerja seperti yang diharapkan waktu berada di kantor, sekolah, atau kampus. So, tidur ekstra 10 menit engga ada masalahnya kan?

4. Ngemil

Buat yang lagi jaga berat dan perhatian sama kesehatan, ngemil jadi suatu hal yang perlu banget dihindari. Sementara itu, buat yang lagi patah hati, ngemil bisa jadi satu cara mengembalikan mood seperti semula.

Kalo kata situs PsychologyOfEating.com, ada yang namanya Supportive Cravings atau hasrat ngemil yang baik buat tubuh. Terkadang, engga ada salahnya ngikutin insting karena tubuh udah tau apa yang sebenernya diinginkannya.

5. Marah-marah

via tumblr.com

Bukan cuma ngedumel loh, tapi marah-marah. Catet. Ada yang bilang kalo amarah makin diturutin, makin besar pula kerugian yang ditimbulkannya. Tapi, ada kalanya orang perlu juga ngelepasin emosinya supaya engga stres memendam perasaan.

Video yang dibuat situs BrightSide.me, Juni 2016 bilang menyebutkan kalo stres dan risiko penyakit jantung bisa dikurangi dengan menyalurkan amarah tanpa harus memendamnya. Tapi, marahnya jangan ngerusak barang orang ya.

6. Minum kopi

Kebanyakan minum kopi disinyalir bisa bikin orang susah tidur, moody, bahkan ada studi yang bilang kalo kopi punya senyawa yang bikin payudara mengecil. Kalo ukuran dan takaran kopinya pas, baru deh minuman itu bisa ngasih suntikan semangat yang dibutuhin buat rampungin tugas.

Itulah 6 kebiasaan jelek yang ternyata punya manfaat sama tubuh kamu. Ngelakuin salah satunya sah-sah aja, tapi inget ya gaes jangan sampai kamu ngerusak kesehatan diri sendiri apa lagi sampai ngerugiin orang lain.

So, Kawan Muda punya ide lain? Silakan tulis kebiasaan jelek kamu yang ternyata ada manfaatnya pada kolom komentar di bawah! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.