Minggu, 28 November 2021

Genmuda – Berbagai figur publik udah buktiin kalo media sosial bisa dijadiin sebagai sumber penghasilan, baik itu YouTube, Instagram, Facebook, atau Twitter. Bukan cuma jualan, ada banyak cara positif buat ngeduitin akun medsos sendiri.

Kalo media-media luar negeri nyebut upaya itu sebagai monetisasi. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini Genmuda.com kasih kamu beberapa cara supaya punya penghasilan cuma dengan main medsos:

1. Jadi influencer

via giphy.com

Netizen Indonesia punya istilah sendiri buat nyebut influencer di tiap medsos, misalnya aja ‘selebgram’ di Instagram atau ‘selebtwit’ di Twitter. Kriteria jadi seleb medsos ada banyak, tapi yang penting tuh dua.

Pertama punya banyak follower udah jadi kriteria paling penting. Kedua, kemampuan bikin follower ngikutin apa kata kita juga dibutuhin loh. Kenapa? Soalnya dua hal itu yang dicari perusahaan-perusahaan kalo mau beriklan lewat influencer.

2. Social Media Strategist

‘Jabatan’ ini juga disebut sebagai social media specialist di Indonesia. Tugas utamanya adalah merhatiin tren di medsos dan mikir cara terbaik buat mengiklankan sesuatu yang diminta orang lain.

Kerjaan ini bisa jadi cocok buat orang yang keseringan stalking timeline medsos atau udah berpengalaman. Itu juga termasuk salah satu keahlian yang lagi dicari agensi periklanan di era kekinian loh, Kawan Muda.

3. Community Manager

via faze.ca

Netizen yang gunain medsos bukan buat update status doang tapi juga buat ngobrol dan komen-komenan punya bakat jadi Community Manager (CM) di sebuah perusahaan. Tugas utamanya adalah berbincang, denger keluhan, dan deketin diri dengan netizen yang jadi konsumen atau calon-konsumen.

CM juga bisa dibilang sebagai ujung tombaknya perusahaan di dunia maya. Selain ngobrol sama follower, CM juga perlu ngadain kumpul tatap muka biar makin seru.

4. Marketing Communication

Netizen yang udah berpengalaman banget ngelakuin kerjaan 1-3 bisa ‘naik pangkat’ dan jadi marketing communication. Tugas utamanya adalah nyari tau tren di medsos, bikin caption postingan yang ngena banget, dan nambahin follower.

Kemampuan buat ngedesain web dan bikin akun medsosnya selalu paling atas di mesin pencarian jadi nilai plus banget. Agensi periklanan biasanya butuh banget orang yang punya kemampuan kayak gini.

5. Jadi Konsultan

via tumblr.com

Bisa dibilang, netizen yang udah bisa jadi konsultan medsos tuh udah sampe di tahap akhir. Soalnya, doi udah bisa ‘nyuruh-nyuruh’ kliennya buat ngelakuin hal sesuai arahan. Doi udah paham banget cara nyari follower hingga mempengaruhi followernya.

Situs LifeHack.org bilang kalo kerjaan-kerjaan di atas bisa menghasilkan hingga 35 ribu dolar AS (sekitar 400 juta) hingga 240 ribu dolar (3 miliar rupiah) tiap tahun. Lumayan banget kan? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.