Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Sering ngerasa tidur udah cukup 8 jam tapi mata masih sepet dan badan serasa engga enak, bahkan mandi pagi pun gagal bikin badan seger? Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang ngalemin hal kayak gitu.

Salah satu alasan kenapa badan kamu engga enak saat bangun tidur bisa jadi karena kamu kebanyakan tidur. Paha, lengan, pinggang, dan leher biasanya jadi bagian yang sering pegel. Namun biasanya gejala kayak gitu disebut masuk angin. Padahal SALAH!

Kalo kamu mau tau alasan ilmiahnya, langsung aja baca artikel kali ini sampai bawah. Simak baik-baik gaes!

1. Makan malemnya kemaleman (banget)

via: Imgur

Alasan pertama perut kamu mual dan pegel-pegel bisa jadi karena kamu telat makan malem. Atau bisa jadi karena kamu makan malemnya kemaleman (banget). Misalnya sejam mau tidur kamu baru makan, jelas lah perut kamu jadi mual. Soalnya bukannya istirahat, perut malah harus mencerna makanan kamu. Para peneliti nganjurin supaya makan tiga jam sebelum tidur. Kalo kepepet, jangan lupa banyak minum air putih sebelum tidur.

2. Kebanyakan makan manis

Kenangan manis bagus buat kamu, sebaliknya makanan manis bisa membahayakan kamu. (Okesip) Walau enak, makan-makanan manis jadi satu alasan tidur kamu engga berkualitas. Secara ilmiah, hal tersebut terjadi karena pencernaan perlu kerja ekstra keras mengolah makanan yang mengandung glukosa. Solusi lain biar engga laper pas malam hari sebaiknya kamu konsumsi roti gandum dengan selai kacang.

3. Kebanyakan protein

bitsandpieces.us

Salah banget kalo kamu masih banyak mengonsumsi protein menjelang tidur, soalnya protein butuh waktu paling lama buat dicerna daripada nutrisi lain. Tentu aja tambahan waktu kerja usus bikin kamu lebih lelah dari biasanya. Misalnya emang butuh asupan protein, usahain porsinya sedikit aja. Atau kamu bisa ganti protein hewani dengan nabati seperti kacang-kacangan.

4. Kebanyakan makan buat asem

Bisa jadi, kamu kebanyakan makan buah yang asem-asem sepanjang hari sehingga bikin asam lambung meningkat drastis waktu tidur. Asam lambung yang tinggi bikin perut mual ketika kamu bangun. Efek yang sama juga bisa timbul kalo kebanyakan ngopi, minum jus, atau minum alkohol. Apa hikmahnya? Semua yang kebanyakan itu engga pernah baik bagi badan kamu.

5. Kebanyakan liat smartphone

via imgur.com

Sebuah studi di Harvard juga bilang kalo cahaya biru yang banyak dihasilkan gadget kamu itu yang bikin mata lelah. Efeknya susah diilangin bahkan dengan tidur. Pas bangun justru mata jadi pegel engga karuan. Kalo mau tidur, Genmuda.com sih saranin kamu segera matiin ponsel biar engga ganggu tidur. Kalo pengen baca, baca aja buku jangan buka smartphone lagi.

6. Salah posisi tidur

Alasan terakhir adalah posisi tidur yang salah. Dengan adanya anggota tubuh yang ketindihan saat tidur akan menimbulkan rasa pegel dan kesemutan begitu bangun. Kalo mau tidur dengan posisi miring, usahain engga ada tangan atau kaki yang ketindihan (apalagi ketindihannya sama orang lain) ya.

Kalo Kawan Muda udah baca tulisan di atas, jadi udah tau kan kamu mesti ngapain sebelum tidur malem ini! “Stay healthy guys!” (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.