Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Selain Google, ada juga loh sejumlah search engine alias mesin pencari yang engga kalah oke. Perbedaan database masing-masing mesin pencari bikin webnya nampilin info yang belum tentu bisa kamu temui di Google.

Itu artinya kamu bisa nyari sesuatu lewat web ini jika Google engga bisa nemuin info yang kamu mau. Web-web ini juga bisa membantu kalangan mahasiswa buat nyari sumber rujukan tugas/skripsi yang beragam dan engga cuma itu-itu aja.

Lebih serunya, masing-masing punya kelebihan unik daripada Google. Engga usah pakai lama yuk kita liat bahasannya yang udah Genmuda.com rangkum di bawah ini:

1. DuckDuckGo

lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Kamu yang pengen informasi pribadi dan browser history kamu terjaga perlu nyoba DuckDuckGo. Situs ini sama sekali engga menyimpan kata kunci yang kamu cari, browser history, info dari medsos yang kebuka di tab lain, atau bahkan email kamu. Bertolak belakang banget deh sama Google.

2. DogPile

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Ini adalah salah satu mesin pencarian yang eksis sejak era 1990-an, dari jamannya Google baru muncul dan dunia mesin pencari lagi dikuasai sama Yahoo. Kini, indeks yang dimiliki DogPile makin tersusun baik serta banyak sumber yang bisa ditampilin sewaktu nyari sebuah kata kunci.

3. Yandex

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Pencinta Google yang engga puas sama hasil pencarian mesin pencari itu, kamu nyobain Yandex, –‘Google-nya orang Russia.’ Yandex melakukan sekitar 150 juta pencarian hampir setiap harinya. Sumbernya engga kalah banyak sama Google.

4. The Internet Archive

via The Internet Access
(Sumber: The Internet Access)

Inilah ‘mesin pencari resmi’ yang dimiliki internet. The Internet Archive bisa dibilang sebagai perpusatakaan pusat yang ada di Internet. Situsnya menyimpan jutaan buku, film, software, musik, dan masih banyak lagi. Engga perlu khawatir soal pencurian data atau karya, karena semua yang masuk ke The Internet Archive ini udah diatur legalitasnya.

5. Bing atau Yahoo

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Kalo empat web alternatif di atas masih belum memuaskan kamu, saatnya kembali nyobain Yahoo.com dan Bing. Meski kayaknya terlupakan di kalangan netizen, keduanya tetep bisa diakses dan masih oke buat jadi mesin pencari loh.

Well, semoga lima situs di atas bisa bantu Kawan Muda buat nyari lebih banyak lagi sumber referensi tugas atau skripsi. Selamat mencoba! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.