Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Pelajaran matematika punya fungsi buat kehidupan jauh setelah lulus sekolah apapun jurusan kuliah dan kerjaan nanti. Meski beberapa rumus ujung-ujungnya cuma jadi pengetahuan aja, logikanya terpakai terus.

Coba tanya kebenarannya ke guru matematika sekolah, pasti beliau mengamininya. Dan, pasti kamu ketawa dalam hati saat sambil meragukan omongan itu dengan pikiran, “Masa iya sih rumus integral terpakai di dunia nyata??”

Emang, sih, rumus integral cuma terpakai di dunia nyata saat memperkirakan populasi atau nyari perilaku ekonomi. Tapi, bener kata guru. Logika-logika dasar matematika berguna banget buat urusan di bawah ini.

1. Perbandingan harga satuan

via giphy

Ilustrasinya gini. Kamu ngekos di kampus dengan uang bulanan terbatas. Kamu pengen beli sabun cuci piring. Di toko, tersedia dua merk dengan harga beda.

Sabun A beratnya 350 gram harganya Rp 5.000. Sabun B beratnya 520 gram harganya Rp 6.900. Terus, kamu ngira sabun A lebih ekonomis lantaran harganya murah.

Eits. Belum tentu. Hitung dulu harga satu gram sabunnya dengan rumus harga (dibagi) berat. Setelah dihitung, baru deh ketauan kalo harga satu gram sabun B cuma 13,27 rupiah sementara sabun A 16 rupiah.

2. Mencari nilai guna barang

via tenor.com

Masih dengan rumus pembagian, nih. Sekarang, kamu pengen beli sepatu baru. Harga sepatu KW super Rp 1.200.000. Jauh lebih menggiurkan daripada sepatu asli yang harganya Rp 3.000.000.

Setelah kamu cari tau, sepatu KW itu ternyata tahan 300 hari sebelum solnya rusak. Sementara itu, sepatu asli tahan 600 hari sebelum jahitannya copot. Terus, kamu mending beli sepatu yang mana, ya?

Hitung aja pembagiannya dengan rumus harga(dibagi)umur barang. Setelah itu, diperoleh harga harian tiap sepatu. Harga sepatu KW super Rp 4.000 rupiah sehari sementara sepatu asli Rp 5.000 sehari. Mending beli yang KW, lebih murah.

3. Rumus perbandingan

via giphy.com

Rumus perbandingan paling berguna saat masak. Situasinya begini. Suatu saat, kamu pengen bikin burger sesuai buku resep. Tertulis di bukunya kalo 1,5 kilogram daging cukup buat 13 burger. Sementara, kamu cuma pengen bikin 8 burger.

Jadi, kamu harus beli berapa kilogram daging biar duitnya masih ada sisa? Gampang aja. Pakai rumus perbandingan jumlah burger yang pengen dibuat (dibagi) jumlah burger resep (dikali) berat daging di resep.

Jadi, 8/13 (dikali) 1,5 kilogram. Hasilnya kamu cuma butuh adalah 0,92 kilogram daging untuk bikin 8 burger.

4. Rumus keliling bangun datar

via tenor.com

Pada suatu ketika, kamu menikah dan pengen bikin pagar di sekeliling rumah. Sertifikat tanah kamu lupa ditaro di mana jadi kamu gak tau keliling tanahnya.

Gimana cara nyarinya ya? Gampang. Kamu cuma butuh meteran, kalkulator, dan rumus keliling bangun datar.

5. Rumus rata-rata

via istimewa

Di antara semuanya, rumus mencari rata-rata paling penting. Rumus itu perlu dipake buat cari tahu rata-rata pengeluaran bulanan kamu selama kurun waktu tertentu. Caranya, dengan menjumlah semua pengeluaran pada kurun waktu tertentu (dibagi) jumlah waktunya.

Contoh. Dalam 12 bulan terakhir, total pengeluaran kamu adalah 40 juta rupiah. Maka, rata-rata pengeluarannya adalah 40 juta (dibagi) 12. Hasilnya, 3,33 juta rupiah per bulan.

Itu penting banget buat nyusun rencana keuangan tahun-tahun berikutnya. Supaya apa? Supaya kamu bisa hidup di kosan dengan pengeluaran yang pas. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.