Minggu, 25 September 2022

Genmuda – Tahun baru bagi penggiat film biasanya dimulai dengan ajang ajang penghargaan prestisius. Sebelum penghargaan paling terkenal yaitu Oscar atau Academy Awards dihelat, akan didahului oleh salah satu ajang penghargaan terkenal lainnya yaitu Golden Globe.

Tahun ini, Golden Globe akan menginjak edisi yang ke-73. Gala Awards akan berlangsung pada tanggal 10 Januari 2016 nanti dan disiarkan langsung oleh NBC. Ricky Gervais, komedian asal Inggris akan menjadi host untuk yang keempat kalinya di acara ini.

Salah satu kategori paling dinanti untuk diumumkan pemenang di Golden Globe Awards adalah Best Motion Picture in Drama pastinya. Para seniman dan insan dunia film dunia bakalan berlomba-lomba buat meraih piala penghargaan. Yuk kita lihat para film nominasi yang akan bersaing di ajang Golden Globe Awards 2016!

  1. Carol
(Sumber: WordPress)

‘Carol’ bercerita tentang cinta antara dua wanita, Theresa Belivet (Rooney Mara) dan Carol Aird (Cate Blanchett). Carol sendiri adalah seorang wanita yang lebih tua dari Theresa dan sudah menikah. Latar cerita ini mengambil kejadian di New York tahun 50-an.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Patricia Highsmith. Yang menarik nih, dari film ini adalah kisah cinta terlarang mereka yang dianggap tabu pada jamannya. Well, kalau sekarang sih udah bukan kontroversi ya saling suka sesama jenis.

  1. Mad Max: Fury Road
(Sumber: nickyarborough)

Buat kalian para penikmat film di Indonesia, mungkin film ini udah gak asing lagi. ‘Mad Max: Fury Road’ sempat beredar di bioskop-bioskop di Indonesia dan jadi salah satu box office di tanah air. Film yang dirilis tanggal 15 Mei 2015 ini bercerita tentang seorang tokoh Max (Tom Hardy), yang berjuang untuk hidup di padang pasir melawan para bandit-bandit berkuasa di daerahnya.

George Miller, sang sutradara, juga berperan sebagai penulis naskah dan produser nih. Sebelumnya George juga pernah menyutradarai dan menulis film Mad Max tahun 1979 yang waktu itu dibintangi oleh Mel Gibson.

  1. The Revenant
(Sumber: Collider)

‘The Revenant’ merupakan film thriller yang diadaptasi dari novel karya Michael Punke berjudul sama. Film ini disutradarai dan ditulis oleh peraih sutradara terbaik Oscar tahun lalu yaitu, Alejandro Innaritu.

Bercerita tentang seorang pemburu bernama Hugh Glass (Leo DiCaprio) yang diserang oleh beruang Grizzly. Ketika Glass berkutat dengan nyawanya, teman-temannya bukannya nolongin tapi malah membiarkan doi terluka parah dan dibiarkan ditinggal di hutan. Dengan berbagai perjuangan, Glass akhirnya bangkit dan membalas dendam terhadap temannya yang telah mengkhianatinya.

Film ini juga membawa nama Leo DiCaprio masuk nominasi sebagai aktor terbaik. Sebelumnya Leo udah pernah membawa pulang Piala Golden Globe, semoga aja kali ini dia masuk nominasi Oscar dan pecah telur di penghargaan tersebut. We’ll see.

  1. Spotlight
(Sumber: Crosscut)

‘Spotlight’ mengambil cerita tahun 2001 di mana seorang editor dari The Boston Globe yaitu Marty Baron (Liev Schreiber) menugaskan sebuah tim wartawan buat menyelidiki tuduhan terhadap John Geoghan, yang merupakan seorang pendeta yang dituduh menganiaya lebih dari 80 anak laki-laki.

Para wartawan membuat misi untuk memberikan bukti bahwa Gereja Katolik Roma menutup-nutupi kasus pelecehan seksual dalam gerejanya. Film ini berdasarkan kisah nyata yang penyelidikannya mendapat penghargaan ‘Pulitzer Prize Investigation’.

  1. Room
(Sumber: Telegraph)

‘Room’ adalah sebuah film yang menceritakan drama tentang seorang anak berusia 5 tahun bernama Jack (Jacob Tremblay)  dan ibunya yang bernama Ma (Brie Larson). Setelah mereka melarikan diri dari lingkungan tertutup, Ma menjaga dan merawat Jack dan membuatnya bahagia meski mereka hanya hidup di ruangan yang luasnya 10×10 kaki. Film ini disutradarai oleh Leny Abrahamson dan ditulis oleh Emma Donoghue. Lagi-lagi film yang masuk dalam nominasi Golden Globe diadaptasi dari novel.


 

Nah, itulah lima film yang masuk nominasi Best Motion Picture in Drama di ajang Golden Globe Awards 2016. Uniknya, kebanyakan dari film-film tersebut merupakan hasil adaptasi novel guys. Mungkin kalau film makers mau buat film dan masuk nominasi, kayaknya harus coba adaptasi dari novel dulu kali ya. Well, film mana nih yang jadi jagoan kamu? He-he. (rrn/sds)

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.

Leave a Response