Minggu, 20 Oktober 2019

Genmuda –  Membaca buku sepertinya bukan hobi bagi sebagian besar para remaja tanah air. Kaum millenia jaman sekarang lebih sering menatap layar smartphone dan buka media sosial dibanding membaca buku. Walau ada beberapa yang baca lewat e-book tapi jumlahnya mungkin bisa diitung jari.

Meski udah mulai ditinggalkan kamu sebenarnya harus kembali membiasakan membaca buku. Kenapa? Selain terlihat lebih nerd, –kan lagi jamannya tuh jadi anak nerd– ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu dapetin kalau hobi membaca. Mau tahu apa aja? Yuk kita tengok!

1. Mengurangi stres

Membaca dalam waktu 6 menit aja udah bisa menurunkan tingkat stres kamu. Studi yang dilakukan oleh Dr David Lewis dari Univeristy of Essex menemukan bahwa membaca buku fiksi mampu mengurangi stres sebesar 68%, sedangkan mendengarkan musik menurunkan stres sebesar 61%. Jadi lebih baik membaca ‘kan daripada mendengarkan musik.

2. Meningkatkan daya pikir analitik

Menurut studi yang dilakukan Cunningham menemukan bahwa berpikir analitik dapat ditingkatkan jika kita lebih sering membaca buku. Pembaca dapat meningkatkan pengetahuan umum mereka dan mampu melihat pola permasalahan lebih cepat. Jika seseorang dapat melihat pola lebih cepat maka kemampuan analitik akan meningkat.

3. Meningkatkan kosakata

Hal satu ini pasti mutlak didapatkan dengan membaca. Memperkaya kosakata lewat membaca juga terbukti menunjukan tingkat intelektual kamu, selama kata yang kamu gunain tepat dengan maknanya ya. Selain itu salah satu cara berbahasa asing yang baik dengan cara membaca, loh.

4. Meningkatkan daya ingat

Kalo kamu ngerasa gampang lupa, rajin-rajin deh baca. Karena dengan membaca dapat melatih saraf-saraf di otak menjadi lebih terangsang untuk bekerja, dengan begitu membuat kamu jadi engga gampang lupa atau pikun saat tua nanti.

5. Meningkatkan kemampuan menulis

Dengan membaca membuat kemampuan menulis kita jadi meningkat. Penulis yang hebat pastilah adalah mereka yang doyan membaca. Kalo kamu lagi skripsian, rajin-rajin aja baca jurnal yang mendukung penelitian kamu, percaya deh kamu akan lebih banyak inspirasi kata-kata buat menulis. Makanya jadikan membaca sebagai hobimu. Selamat menempuh tugas akhir. (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.