Minggu, 28 Februari 2021

Genmuda – Kawan Muda yang ngakunya anak musik kekinian banget pasti suka ‘kan update lagu-lagu yang lagi ngehits? Tapi, kamu tahu engga? Beberapa lagu hits artis idola kamu sebenarnya udah direkam lebih dulu sama artis lain.

Wajar aja sih kalau misalnya lagu yang dipopulerin sama artis A ternyata awalnya bukan punya doi. Soalnya, ‘kan engga semua penyanyi bisa nyiptain lagu dan sebaliknya engga semua pencipta lagu mau benar-benar terjun jadi penyanyi professional.

So, lagu apa aja sih yang awalnya udah terlanjur direkam sama artis ternama lain tapi ujung-ujungnya malah berakhir di tangan bintang pop internasional yang ngepopulerin lagu tersebut? Berikut ini adalah 5 contohnya:

 

  1. ‘Party in the U.S.A.’

Miley Cyrus ‘kan penyanyi Amerika, tapi kok nyanyiin lagu yang nyeritain soal baru nyampe di AS? Well, itu gara-gara penyanyi yang nulis dan pertama kali nampilin lagu tersebut ternyata bukan orang Amerika, tapi orang Inggris, yaitu Jessie J.

Sayangnya, Jessie J ngerasa kalau ‘Party in the U.S.A.’ kurang nyatu sama nuansa di album debutnya. Oleh karena itu, doi akhirnya ngerelain lagunya tersebut ke penyanyi lain dan penyanyi yang beruntung itu adalah Miley Cyrus.

 

  1. ‘Breakaway’

Kelly Clarkson memang jadi penulis buat sebagian besar lagu-lagu yang doi populerin. Tapi, untuk lagu hits tahun 2004-nya yang satu ini, kredit penulisan lagu ada di penyanyi perempuan lain yang engga kalah keren, yaitu Avril Lavingne.

‘Breakaway’ ditulis oleh Lavigne bersama dengan Bridget Benenate dan Matthew Gerrard buat album debutnya, ‘Let Go’. Tapi, sama kayak kasus Jessie J, lagu tersebut dirasa engga cocok sama lagu-lagu lain di album keluaran tahun 2002 itu dan akhirnya berakhir di tangan Clarkson.

 

  1. ‘Diamonds’

Cukup dengerin lagu Rihanna ini baik-baik sampai berulang kali, sebenarnya udah bisa langsung ketebak siapa penulis aslinya. Kalau kamu masih belum bisa nebak juga, itu mungkin tandanya kamu engga familiar sama si penulisnya itu.

https://www.youtube.com/watch?v=TEozx0uKdrI&feature=youtu.be

FYI, penulis asli lagu ‘Diamonds’ adalah Sia. Doi emang udah nulis lagu buat sejumlah penyanyi top, mulai dari Beyonce sampai Celine Dion. So, engga heran kalau penyanyi sekelas Rihanna juga engga sabar buat dibikinin lagu sama bintang asal Australia itu.

 

  1. ‘Irreplaceable’

Dipopulerin sama Beyonce, ‘Irreplaceable’ mungkin akhirnya memang jadi salah satu lagu favorit para cewek yang habis diputusin cowoknya. Meski begitu, lagu keluaran tahun 2006 tersebut aslinya ditulis oleh seorang penyanyi cowok yang engga kalah kece, yaitu Ne-Yo.

Menariknya, Ne-Yo nulis ‘Irreplaceable’ sambil mikirin bintang country Faith Hill dan Shania Twain. Tapi, pas Beyonce ngedengerin lagu tersebut, doi langsung jatuh hati dan pengen ngebawain lagu tersebut sebagai lagunya sendiri.

 

  1. ‘Tell Me a Lie’

https://www.youtube.com/watch?v=CK_7JbUrsnI&feature=youtu.be

Lagu dari album debut One Direction ini sebenarnya ditulis sama pemenang ajang pencarian bakat lainnya, yaitu Kelly Clarkson. Dengan kata lain, kalau di poin kedua Clarkson ngebawain lagu orang, di poin terakhir ini justru giliran lagunya yang dibawain sama orang lain.

Simon Cowell kayaknya udah ngegunain pengaruhnya supaya ‘Tell Me a Lie’ yang ditulis Clarkson — pemenang American Idol Musim Pertama — bisa dibawain sama One Direction — jebolan X Factor UK. Namanya juga juri pencarian bakat sana-sini, kongkalikong dikit bisa lah. He-he. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer